Buta Bumbu & Bahan Masakan

Cerita Daun Bayam & Daun Ginseng

Ceritanya gue lagi seneng2nya belajar masak sejak kejadian dapet daging qurban waktu dulu itu lhoo.. Nah, karena dari awalnya memang gue gak bisa masak sama skali, waktu pertama kali masak gue bener2 ga tau apa2 soal bahan dan bumbu masakan. Inget banget waktu kejadian gue pertama kalinya mau bikinin home made food untuk Liffo my kiddo. Gue sampe tlp Mama buat nanyain soal sayur mayur dan waktu itu yg lagi pengen gue beli: bayam. Plus bekal nge-search penampakan bayam dari gugel (iya, meskipun udah sering makan olahannya, penampakan utuh bayam pun gue gak tauu..awas kalo ada yg ngetawain! ), gue udah PD2 aja tuh belanja bahan2 masakan. Tau gak.. bukanya bayam, eh yg gue beli malah daun ginseng! Soalnya di supermarket gue udah nge-blank soal ciri2 bayem yg gue search dan bener2 gak ngeh sama label sayur yg ditempel diplastiknya :)) Nyadarnya pas udah dirumah dan udah kecampur ke bahan2 lain di kuali. Untung pas mau buang plastiknya, labelnya sempet kebaca lg & begitu tau itu sayur yg salah langsung deh masakannya gue buang dan gue ulang bikinnya yang tanpa sayur aja :(

Itu baru soal sayur mayur..

Cerita Jahe, Kunyit, Lengkuas

Lain lagi ceritanya waktu gue mau masak lauk sendiri buat gue dan suami. Waktu itu bener2 lg pengen bikin masakan yg kaya bumbu, gue udah gugeling soal resep masakan yg gue dan Suami suka. Trus udah sengaja nih mau bikin masakan yg bumbunya udah familiar. Ehh, teuteup dong gue mati gaya aja begitu di supermarket dihadapkan dgn rempah2 yg gue gak ngerti apa aja. Alhasil gue belilah itu 1 paket rempah yg isinya macem2 komplit. Dan begonya gue gak kepikiran kalo beli yg 1 plastikan komplit gitu malah jd gak punya clue sama skali isinya apa aja. Soalnya kan di label plastiknya cm ada tulisan “aneka rempah”. Matilah awak..!! 

Gue bahkan gak bisa bedain mana yg jahe, mana yg kunyit, mana yg lengkuas. Ya ampuuunn *tampol2 pipi sendiri*. Search di gugel juga bentuknya mirip2 gitu. Nanya Suami jg dia gak tau. Trus ya karena udah pengalaman begitu, skalinya ada kesempatan buat belanja ke supermarket lagi, gue coba deh beli satuan. Apesnya gue belanja di supermarket yg waktu itu label sayur dan rempahnya kacau. Ada yg labelnya ada tp barangnya salah taro, ada yg labelnya ga ada sama skali, ada (sedikit) yg ada labelnya dan barangnya bener. Nanya sama pegawe supermarketnya?? Gilak, gengsi aja!! Apa kata dunia kalo gue yg notabene Ibu2 begini kucuk-kucuk-kucuk dateng trus nanya dgn lugunya, “mas, mbak, maaf.. ini jahe yg mana, kunyit yg mana, lengkuas yg mana yaa??”. Aib..!! :p

Akhirnya terciptalah sebuah skenario kecil2an gue sama Suami. Jadi pura2nya gue sama Suami tuh gak saling kenal. Gue berusaha ngejauh dari Suami pake pura2 ngejar anak gue yg lari2an ngedorong2 trolley belanjaan gue kesana kemari. Trus Suami gue pas lagi megang bumbu gitu langsung nanya ke Ibu2 yg juga lg milih bumbu dideket situ. Pikiran gue kalo laki2 yg lagi jalan sendirian trus nanya soal bumbu masak kan biasa aja yah?? And then.. it works! Suami dapet jawaban dari si Ibu. Gue yg waktu itu mantau dari jarak 2 meteran masih sambil pura2 maen sama anak, udah kegirangan. Tiba2 pas masih deket sama Ibu itu, Suami noleh ke arah gue, “Sayang, bener kan yg ini jahe!”. GUBRAK!! Ibu itu ngeliatin gue dari ujung kepala sampe ujung kaki, dan mungkin dia bicara sama bathinnya,

“cih! bininya gak tau jahe? Istri macam apa..??”.

Malu banget sejagat raya..!! Gue langsung nggendong anak dan manggil Suami trus bergegas pergi dari situ ;))

Cerita Daun Salam & Daun Jeruk

Trus ya.. karena gak bisa rutin masak lauk buat diri sendiri (kalo lg banyak “PR” gue milih masak buat anak aja), gue jadinya ngerasa butuh beli bahan2&bumbu sesekali aja. Jadi bumbu & bahan yg gue beli jaman dahulu kala itu rata2 gak bisa dipake lagi karena udah gak seger dan layu. Sayang sih.. Akhirnya gue tanya sama Mama gimana caranya supaya bumbu2 & bahan2 itu bisa gue pake sekarang2 ini? Pas gue “laporin” ke Mama kalo beberapa bahan yg gak awet itu adalah daun salam dan daun jeruk, ini dia reaksi Mama;

“APPPAAA??? (JRENG JRENG JRENG.. *zoom in* *zoom out*), ngapain beli daun salam sama daun jeruk?? Di pekarangan rumah Nieke kan ada tuh pohonnya..!”.

Kaget gue, “HAH??? *zoom in* *zoom out juga* :p , yg mana pohonnyaa??”.

Yaelahh, ternyata ya setelah hampir 2 tahun gue ngontrak disini tuh gue baru sadar kalo dideket parkir mobil gue ada pohon yg cukup tinggi yg ternyata itu pohonnya daun salam, dan ada pohon pendek didekatnya yg ternyata itu adalah daun jeruknya! Mungkin kalo dipekarangan gue ditanemin orang pohon daun ganja gue juga gak bakalan ngeh kali ya..??! Paaarrrrahhh..! (devil)

Yah, begitulah. Tapi dong sekarang kalo gue ditanyain, udah tau lah bahan & bumbu masak dasar khas Indonesia *songong* ;)) Btw, next.. gue udah lama banget pengen bikin ini.. Klapertart! Nyari disini kok kayanya susah banget ya.. ternyata bahan dan bumbunya gampang :p Doa’in berhasil dan gak ada lg tragedi salah bahan dan bumbu yaa! Hihihiii ;))

18 Responses to Buta Bumbu & Bahan Masakan

  1. sekarang aku bisa membedakan semuanyaaa … *senang* :D

    kalo jahe, lengkuas, kunyit kan tinggal dipatahin dikit dilihat warnanya langsung keliatan :D

  2. jadi, udah bsa bedain merica dan ketumbar belom? :D

  3. *tepok jidat*

  4. kayaknya dirimu lebih parah Ke.
    aku klo soal jahe, kunyit itu bisa lah bedain. kalo lengkuas yang agak ga ngeh. jarang pake bumbu2 gitu juga sih kalo masak.

    lah, klo bayem ketuker daun ginseng, LOL :piss:

    itu lucu banget ceritanya yg sama Huda *pegang perut ketawa*

  5. ide tentang nanya bumbuny sih ok..tapi endingnyaa…hahhhaha..asli lucuu banget kee…tapi karena itu jadi tau akhirnya semua kan yaa..aku sih sejak di jepang karena harus (red:terpaksa) masak sendiri jadi tau ngebedain bumbu2 itu..tapi back to indonesia jd gak pernah nyentuh2 itu lagi..huhuhuhu…efek masih tinggal ama ortu..

  6. Kalo yang rempah2 itu aku tau lo ya……
    baunya :D

  7. aku suka ketuker antara pepaya dan kates

  8. waaaaah untung yg dibeli bukan daun pintu ya

  9. Saluuut deh kalo ada perempuan muda jaman sekarang mau belajar masak sendiri ;) Sukses klappertart-nya yaa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>