1st ASEAN Bloggers Conference & Oleh2nya

Hari #1 Acara Kedatangan & Ultah Tuan Rumah

Sekitar pukul 8 pagi WITA saya bersama mas Yudi dari Loenpia.net Blogger Semarang dan 2 orang teman2 dari Blogger Magelang Pendekar Tidar – Arief & Eko – sudah tiba di Bandara Ngurah Rai Bali. Di sana kami disambut oleh mbak Indah Juli & mas Bahtiar selaku panitia. Sekitar 1 jam-an kami menghabiskan waktu disana sambil menunggu rombongan temen2 Blogger dari Jogjakarta. Begitu mereka tiba, “kloter” pertamapun diberangkatkan ke tempat menginap di Pop Harris Hotel Denpasar. Acara bebas sampai malam. Saya lebih memilih istirahat saja di hotel karena malam sebelumnya kurang tidur & masih jet lag. Siang hari Saya & mas Yudi keluar sebentar makan siang dan kembali ke hotel.

di acara ultah BBC, bersama sebagian (kecil) peserta ABCBali

Siang hari itu beberapa Blogger dari daerah lain mulai berdatangan. Saya menyambangi mereka yg kebetulan telah Saya kenal online/offline. Serunya panitia tidak menempatkan Blogger2 yg 1 daerah & sama gender di1 kamar supaya bersosialiasi. Dan benar saja, Saya pun memanfaatkan itu untuk berkenalan dengan banyak sekali Blogger2 yg belum Saya “kenal” sebelumnya. Sore hari banyak Blogger yg sudah tiba berkumpul di lobby hotel karena renacananya kami akan menghadiri ultah Bali Blogger Community (BBC) yg ke4 di Danes Art Veranda. Namun karena 1 & lain hal, kami baru berangkat setelah magrib bertepatan dgn kedatangkan rombongan “kloter” terakhir ke Hotel. Di venue acara, BBC sudah menyiapkan semacam garden party serta penganan2& dinner yg bisa kami nikmati. Selain itu kami jg bertukar makanan khas beserta souvenir daerah masing2, dan tentu saja….berfoto bersama :p Oya, akhirnya Saya ketemu dgn Anima & Kojaque lhoo.. temen2 blogger Bali yg sudah Saya “kenal” online sejak 4th lalu, senang rasanya :) Menjelang tengah malam kami balik ke Hotel menghemat energi untuk acara inti esok hari.

Hari #2 Acara (Serius) Inti

ditengah2 konferensi

 

Acara diadakan di Museum Pasifika, Nusa Dua, Bali. Dibuka dgn penyambutan pidato dari mas Iman Brotoseno selaku President of ASEAN Blogger Community chapter Indonesia. Lalu dilanjutkan dengan pidato singkat dari Bapak  Menkominfo kita Tiffatul Sembiring. Kemudian dilanjutkan presentasi dari  H.E. Ambassador Bpk. Hazairin Pohan selaku Advisor to ASEAN Blogger Community chapter Indonesia.

Kemudian masuk ke sesi presentasi dari masing2 blogger asing; Philipine, Vietnam, Cambodia, Thailand, Laos, Malaysia & Brunei. Sedangkan beberapa delegasi Blogger ASEAN lainnya berhalangan hadir. Sesi presentasi ini yg paling seru buat Saya. Di situ mereka menjabarkan mengenai penggunaan social media & blog di negara mereka secara statistik. Yg begini ini tentu Indonesialah juwaranya :p Rata2 di negara mereka penggunaan Facebook adalah yg paling populer bahkan jg ikut menggeseser eksistensi blog. Kemudian sedikit saja Twitter user & bahkan penggunaan G+ bisa dibilang hampir tidak ada (pdhl waktu itu ada org dari Google juga lhoo ;)) ). Kemudian mereka jg membahas mengenai kebebasan berekspresi di internet. Ini menarik, dari situlah Saya merasa beruntung karena kita masih lebih bebas dibanding beberapa negara ASEAN lainnya. Seperti di Vietnam, Brunei & Kamboja misalnya. Pemerintah mereka cukup ketat mengawasi kegiatan berinternet. Mereka tidak diperbolehkan mengkritisi kepemerintahan di negara mereka melalui internet. Komunitas Blogger di sana sangat mudah dibubarkan jika kegitannya mulai mengarah kepada perlawanan terhadap pemerintah. Bahkan, katanya di Vietnam, Komunitas Bloggernya sudah menjadi salah 1 komunitas formal karena telah dipolitisasi pemerintah. Ironis, ya? Lalu ada presentasi yg seru & lucu dari mas Donny BU dari internetsehat mengenai statistik pengguna social media dan blog. Saya terhibur sekali lho pada sesi ini, apalagi dengan model bahasa presentasi mas Donny yg campur2 Inggris-Indonesia membuat peserta jadi gak ngantuk. Hehehe :D

acara diskusi (ini grup C, kelompok Saya)

Selepas presentasi itu, para peserta dibagi ke dalam 3 kelompok diskusi diketuai oleh 3 orang Blogger dari Indonesia. Pada kesempatan diskusi peserta diharapkan dapat aktif ikut merumuskan apa saja point2 yg sekiranya penting dimasukkan dalam deklarasi Blogger ASEAN. Hasil diskusi dari masing2 group nantinya dipresentasikan kemudian dikumpulkan menjadi satu draft deklarasi. Selepas diskusi, saatnya makan siang. Saya lihat masih ada 1 group yg telat bergabung karena sepertinya jalan diskusi mereka cukup alot. Tp tidak lama mereka ikut bergabung makan siang. Setelah itu peserta kembali berkumpul utk menyimak presentasi beberapa nara sumber lainnya. Ada Mike Orgill (Google Public Policy Southeast Asia) yg mempresentasikan mengenai kesadaran dalam penggunaan social media untuk meningkatkan kesadaran masyarakat ASEAN. Disitu Mike menyatakan bahwa jika kita ingin ASEAN semakin terdengar, maka kita sendirilah yg harus aktif menyuarakannya di internet, ya setidaknya begitulah Google bekerja, bukan? ;)) Kemudian ada Shinta Dhanuwardoyo (Founder of BUBU Digital Agency) yg mempresentasikan mengenai berwirausaha dengan internet. Kemudian ada Bpk. Nukman Luthfie yg mempresentasikan mengenai bergesernya aktifitas blogging ke social media networking serta bagaimana mengoptimalkan kegiatan ngeblog dengan social media yg ada.

Dilanjutkan lagi dengan presentasi oleh Bpk. Ono W. Purbo (Indonesian IT Expert) yg juga seorang wiki-er, & mas Anggara yg mempresentasikan mengenai “Freedom of Expression”, yg banyak membahas mengenai kasus2 apa saja yang pernah ter-blow up berkaitan dengan kebebasan berekspresi melalui internet.

Setelah itu para ketua masing2 group tampil mempresentasikan hasil diskusi masing2 kelompok. Kemudian dibuatlah kumpulan point2 penting menjadi draft deklarasi yg katanya nantinya pun ikut diperlihatkan kepada delegasi2  blogger asing yg tidak hadir. Sayang sekali sore hari para peserta sudah tampak lelah karena acara berlangsung sejak pagi. Bahkan beberapa sudah tidak terlihat ada di rungan sehingga tidak mengikuti moment2 pembuatan draft deklarasi itu. Saya sendiri terpaksa beranjak lebih awal untuk kemudian mengganti busana untuk acara malam harinya (Gala Dinner) mengingat terbatasnya fasilitas kamar mandi untuk peserta.

batikers photo bersama @ Gala Dinner

Selesai mengganti baju dengan batik, para peserta berkumpul untuk makan malam bersama dengan Kemenlu. Pada saat itulah diadakan jg penerimaan penghargaan untuk 3 orang blogger yang memenangkan ASEAN Blog Writing Competition. Selain itu disuguhkan juga Bali Dance Performance dan dilanjutkan dengan photo bersama. Berikut ini adalah hasil deklarasi yg Saya kutip dari blog mbak Ajeng selaku panitia:

ASEAN Bloggers Declaration

1. We, the ASEAN bloggers, gathered in Bali, on 16th November 2011, aligned with the 19th ASEAN Summit, acknowledge the role and contributions of social media for the establishment of ASEAN Community 2015.

2. We, the ASEAN bloggers, aspire to seek the freedom of expressions among us as enshrined in Universal Declaration of Human Rights.

3. We, the ASEAN bloggers, in the spirit of partnership and solidarity among the family of people from ASEAN countries, independent of political influence, are determined to use social media in the development of ASEAN’s political, economic, and social-cultural potentials with the aim to promote understanding among ASEAN people.

4. We, the ASEAN bloggers, are determined to develop cooperation in all fields under ASEAN’s One Vision, One Identity, and One Community.

5. We, the ASEAN bloggers, are committed to ethical and positive demeanor, respectful of the rights of authors attached to articles, photos, and videos, and other creative products.

6. We, the ASEAN bloggers commit to:

a. Declare the 16th November as the ASEAN Bloggers’ Day.

b. Develop communication platforms, both at the national and the sub-regional levels, taking into account the interest of people participation in the rural areas of ASEAN countries.

c. Organize future activities to encourage closer contact among bloggers.

d. Mandate the Indonesian ASEAN Blogger Community President to coordinate and communicate to all their counterparts from ASEAN countries regarding development and progress achieved in accordance with the Declaration.

7. We, the ASEAN bloggers, encourage all bloggers to join our efforts in making this Declaration a reality.

Bali 16 November 2011

Dan tentu saja ini tidak sampai disini saja. Seiring berjalannya waktu diharapkan point2 ini dapat diimplementasikan dan masih banyak hal yang dapat membenahi isi deklarasi ini.

Selesai acara, semua balik ke Hotel. Mulai malam itu, acara sudah masuk “zona” bebas. Besok pun kami diperkenankan untuk membuat tour sendiri jika sudah ada rencana sendiri atau ingin jalan2 bersama keluarga di sana. Malam itu pun Saya sempat ikut keluar hotel sebentar untuk menikmati malam di Denpasar sambil berwisata kuliner. Namun Saya tidak ikut ketika teman2 memutuskan berjalan2 ke Kuta, karena saat itu badan sudah benar2 letih dan meriang. Saya pun balik ke hotel dan tidur.

Hari #3 Acara Jalan2 & Perpisahan

Ruammmeee..!!

 

Pagi hari kami berkumpul untuk sarapan, masih sempat berphoto bersama karena beberapa Blogger harus pulang lebih awal sehingga tidak sempat mengikuti tour bersama kami. Mengingat keterbatasan waktu, rute tour pun disederhanakan lagi dari jadwal semula. Selesai check out dari hotel, kami berangkat ke tempat wisata Garuda Wisnu Kencana. Di sana kami semua sempat berphoto bersama. Lalu dilanjutkan ke tempat oleh2 Rama Khrisna. Di sana Saya membeli oleh2 untuk keluarga & temen2 Loenpia. Kelar belanja balik ke bus sudah disediakan makan siang. Saya pun makan siang di bus bersama teman2. Bus kembali berjalan menuju bandara. Di perjalanan banyak yg bertukar kartu nama & photo2 (bagi yg belum puas :p). Ternyata memang tempat oleh2 tadi gak jauh dari bandara karena gak lama kami sudah tiba di bandara. Setelah mengalami delay 2,5jam karena kedatangan Obama, akhirnya pesawat kami menuju Semarang berangkat juga.

Bersambung..

Next: Pesan & Kesan #ABCBali :)

photo2: BBC, mas Wisnu Dewobroto : terima kasih banyak ya :)

36 Comment

  1. wiii lengkap reportasenya hehe :) terima kasih telah mengingatkan kenangan manis dengan teman2 disana

  2. kereeeeeeeeeeen ………

  3. wah, berarti kemarin kira kira nyampe pop haris kita berbarengan mbak, aku tiba jam 10 wita/jam 9 wib di ngurah rai. tapi saya naik bus untuk mencapai pop haris :)

    kemudian sesi diskusi aku ngikut gabung di kelompok c yang dipandu oleh momon

    paling asik saat kita minum di komplek gwk, melihat mbak wiwikwae sedang kumat, hahaha

    ditunggu posting kesan kesannya yah

      1. itu lohh, yg mbak wiwik pada membuat orang pada ketawa ketiwi karena sok sok akting marah marah, hehe

  4. asmari says: Reply

    kereeennnnn
    jadi iri hihihi

  5. airyz says: Reply

    foto2nya kurangggggggggg…. ahhhhhhhhh

  6. a! says: Reply

    wah, ternyata yg ikut jalan2 masih rame ya. baru tau. :)

  7. Masih yah sudah ikutan berpartisipasi

  8. latree says: Reply

    kereeen…….

  9. Chic says: Reply

    hai Niekeeeee… senang bertemu kembali ^^

  10. Nike says: Reply

    akhirnya sempet ngobrol ala ibu2 muda sama Nieke berdua. kita sempet tertukar dikenali yang laen karna namanya sama :)

  11. rian says: Reply

    iri dengan bagian terakhirnya.. ga sempat jalan-jalan :(

  12. Goiq says: Reply

    hai nyonya nieke… xixixixixix. akhirnya bisa bersua setelah bertahun tahun menjadi teman ngeblog

  13. hudehel is kojaque, huahahahah….kojaq mana..kojek mana ? maap mbak saya lagi ngojek waktu itu :))

  14. yaah..belum sempet foto bareng :))

  15. waduh saya yg jalan jalan ke GWK gk ikut .. huhuuuuuu T____T

  16. nique says: Reply

    dari tempat daeng saya jadi dapat petunjuk jalan ke sini :)

    selayang pandangnyanya lengkap, jadi tidak sabar mbaca pesan dan kesan *ngambil kursi dan duduk dipojokan*

  17. kurang, kurang banyak hehe foto lebih asik dari pada ulasan yg laen ,,hohoh kabur,,,,,

    nice to meet you kaka :)

  18. Ceritaeka says: Reply

    Aku udh komen disini, masa gak ada?
    Ihiks.

    Booow seneng dtg ke sini, ketemu byk org.
    Btw aku mengikuti diskusi bbrp kelompok, walopun sebentar2 karena pindah2. Menarik diskusinya :)

  19. Haqqi says: Reply

    Waaaah, foto hi-res nya dapat dari mana? Ada fotoku juga ternyata.. hehe.. salam kenal dari Blogger Ngalam

  20. tulisan lanjutannya mana ?
    mana ?
    mana ?
    halah :P

  21. Heyloow Nieke. akhirnya kita bisa saling kenal, walaupun cuma bentar yah. makasih oleh-oleh semarangnya, aku kebagian nih :)

  22. al says: Reply

    akhirnya saya bisa kopdar dengan beliau inih juga :D

  23. keren reportasenya

Leave a Reply