Pesan & Kesan ABC Bali

Haduh, mudah2an ga “basi” ya masih nulis ttg ini sementara temen2 yg lain udah posting macem2 ttg cerita lain di blognya. Habisnya, lg banyak yg menyita perhatian disamping ngeblog.. *halah, bilang aja lg susah nemuin mood posting, Nik! :p * Baiklah, back to the main topic. Kalau kemarin Saya lebih banyak cerita soal reportase acara ASEAN Blogger Conference di Bali (yg seterusnya akan Saya tulis ABC Bali). Kali ini Saya akan cerita tentang pesan kesannya..

Coba diliat deh postingan yg kemarin itu. Acara dihari keduanya panjaaang aja Saya nulisnya. Beda banget kan sama panjang tulisan dihari ketiga, pdhl acara dihari ketiga itu adalah acara jalan2nya. Kenapa? Karena memang itulah yg Saya alami. Kalaupun teman2 lain ada acara diluar agenda, itu semampunya masing2 orang memaksimalkan keberadaannya di sana. Saya sendiri berangkat dalam keadaan kurang enak badan. Jd tidak terlalu tertarik buat cari “hiburan” diluar agenda yg sudah ditetapkan panitia. Meskipun ini untuk pertama kalinya Saya berkunjung ke Bali :)

Bohong banget kalau ada yg bilang acara ini sempurna! Ada yg menyenangkan. Ada juga yg dikeluhkan. Saya anggap ini (sangat) biasa. Bagaimanapun Saya yakin panitia sudah bersusah payah berusaha memberikan sesuatu yg bermanfaat. Memberangkatkan blogger2 dari berbagai daerah bahkan berbagai negara pasti gak  mudah & membutuhkan perancangan yg memakan banyak waktu dan dana yg gak sedikit. Ada yg “cacat”? Saya ga kaget, bahkan acara yg sudah rutin diadakan tiap tahun pun ada aja yg “cacat” disana sini. Apalagi ini adalah event pertama. Wajar, kan? :) mudah2an kita juga gak lupa mensnyukuri semua manfaat dari event ini.. dan semoga semua ketidaksempurnaan, kritik & masukan yg berharga kedepannya dapat menjadikan event berikutnya bisa dilaksanakan lebih baik lagi :)

Nah, Saya sendiri punya beberapa harapan jika event ini diadakan lagi, misalnya email konfirmasi ulang, jadwal acara (yg fixed) & tiket bisa disampaikan lebih awal. Ini untuk memudahkan peserta yg akan mengurus cuti & yg punya “tanggungjawab” lain berdekatan dgn tgl acara. Lagipula membeli tiket lebih awal biasanya bisa dapat harga yg lebih murah, kan? ;) Berikutnya soal dana, semoga acara ini berikutnya disupport dgn dana yg lebih besar sehingga bisa memperpanjang jadwal acara inti, karena memadatkan acara konferensi dalam 1 hari seperti kemarin (dari pagi hingga hampir malam hari, & ditambah pula msh ada acara lain dimalam harinya) membuat peserta sangat lelah & konferensi sendiri jadi berjalan kurang efektif diakhir2 :) Semoga juga acara berikutnya dapat terencana dengan lebih matang, didukung akomodasi yang lebih baik, berjalan lebih lancar dengan adanya sederetan suguhan acara yang semakin menarik, semakin informatif, semakin bermanfaat dan dapat terlaksana lebih efektif dan efisien ;) Amien..

Good Memories, Good Friends..

Ketemu siapa..?? Buanyaaakk..!! Saya sangat gembira karena bisa ketemu lagi dengan beberapa temen2 blogger yang sudah bertahun2 tidak jumpa, beberapa temen2 blogger yang sudah bertahun2 “kenal online” dan akhirnya bisa bertemu & berinteraksi offline, dan bisa bertemu serta kenalan dengan teman2 baru :D

Satu hal yang paling menarik buat Saya adalah – seperti yang udah Saya tulis sebelumnya – panitia tidak menempatkan blogger yang sama gender yg berasal dari komunitas yang sama pada satu kamar. Kenapa? Supaya kami berbaur dan saling berkenalan. Inilah moment yg sangat Saya manfaatkan. Saya sempat sekamar dengan mbak Eka (meski hanya beberapa jam) tapi ini adalah moment dimana akhirnya kami saling kenal, bercanda, berbaur layaknya teman lama :) kemudian akhirnya Saya sekamar dengan Bunda Desi seorg blogger dari Bogor (Bloggor) yang meskipun sudah Ibu2 tapi orangnya asyik, banyak ilmu yang Saya dapat dari Beliau dari hasil obrolan malam kami sebelum tidur ;))

Selain itu ada banyaaak banget kenangan lainnya. Mulai dari berangkat dari Semarang bareng mas Yudi & temen2 dari Pendekar Tidar Magelang, Arif & Eko, yg akhirnya jd temen2 senasib sepenanggungan selama delay diBandara Ngurah Rai, dijemput Ibunya anak2 (baca: mbak Indah Juli :D) & mas Bahtiar di+-airport, “mencegat” Almas didepan pintu kamarnya *pdhl sempet ragu kalo itu Almas :p* kemudian kami “diculik” mba Eka nemenin dia makan siang (telat) di depan hotel ;)). Pas lg bengong sendirian sempet main2 ke kamar mbak Ajeng & kamar Nike waktu lagi bingung sendirian dikamar hotel  dan ngobrol ala Ibu2 *sama mbak Chic jg yg katanya lain kali anak2 kita pengen dibawa aja :)) * selain itu dilobby sempet ketemu beberapa orang baru; Goiq, blogger Palembang udah bertahun2 “kenal” online dan akhirnya bs ketemu offline :D lalu ada mas Jarwadi dari Joga, dan ketemu dengan bang Poetra *padahal katanya dia udah liat Saya tapi enggan negur takut salah orang >,<”*. 

Saat ultah Bali Blogger akhirnya Saya bertemu dengan Novan Kojaque & sempat “malu” karena diteriaki mas Anton -____-“ diultah BBC, dan gak sengaja ketemu dengan Pria aka Anima :) Malam itu jg blogger2 bertukar oleh2 dari daerah masing2 *maaf ya, buat yg ga dapet oleh2 Semarang dari Saya & mas Yudi :(*. Saya masih inget jg saat di hari konferensi Saya duduk bareng dan sebis dengan… hmmm, kalo boleh Saya sebut ini rombongan rempong =)) selain sama Bunda, Saya (sialnya) duduk sebelahan sama mbak Else, blogger asal kampung halaman Saya – Pekanbaru – yg “berisik”nya sama kang Fano gak habis2 & sempat jd “bahan” ceng2an *apa ya bhs.Indonesianya??* bahkan sampe setelah acarapun :)) sempet icip2 kerupuk Tikenya kang Didno dari Indramayu  & maicihnya kang Iman diperjalanan menuju Nusa Dua ;))

Di Museum Pasifika saat konferensi selain duduk deket Bunda&mbak Else, saya jg sempat berkenalan dan duduk bareng mbak Mira dari Bekasi & mbak Tuteh dari Ende. Saat diskusi kelompok Saya juga sempet berkenalan dengan Agung, blogger independent yang sepertinya adalah cikal bakal pemuda harapan bangsa karena aktif banget diacara konferensi *ihihiii* yang ternyata niiiihh perlu 5x salaman dan kenalan untuk inget namanya! Namanya terlalu umum buat Saya ingat & akhirnya bikin Saya sering salah panggil namanya dengan nama2 lain spt. Anggara, Anggie… Anggun???  Ckckck! =)) *maaph yah, Gung! :D*. Terus Saya jg sempet berkenalan dgn mas2 yg dulu sempet Saya lihat ditipi memenangkan sebuah quiz dgn hadiah jalan2 ke Amerika :p, yaitu kang Baban. Ternyata orgnya seru & jago photo, makanya Saya suka minta tolong fotoin sama dia. Ihihiii :D Eh, gak cuma sama kang Baban, Saya jg suka minta photoin sama mas Wisnu yg ternyata adalah dosen di kampus Saya dulu! *dalam hati ngebatin: untuuuung gue udah lulus, kalo diajar Beliau mungkin gue udah dikasih nilai “E” karena gak tahan liat pose langganan gue sm temen2 yg ala CherryBelle ituh * :)) .

Saya jg ga bs melupakan makanan khas Bali yang menurut Saya rasanya enak2 ^^. Selesai acara konferensi Saya mendapat kesempatan langka berfoto bersama nara sumber  yaitu pak Ono & Mike Orgill yg masih ada diacara saat acara sempat “kosong” sebentar, malam saat Gala Dinner pun sempat berfoto bersama seluruh peserta ABC Bali & blogger2 asing, Sempat berbincang sebentar dengan Tai Tran, blogger asal Vietnam yg ramah yg duduk bersama & mau mengajak ngobrol Saya dibus ketika pulang. Oh ya, Saya sempet sedikit ngajarin Tai Tran bahasa Indonesia & kejadian lucu itu direkam sama mas Bambang ;)) Nah, tapi sempet kesel krn saat malam yg melelahkan itu, tanpa dikasih kesempatan untuk mandi sebentar, Saya “diseret” ke bawah hotel sama adik ini *karena dia suka sekali manggil Saya kakak -____-“*. Dan kalo inget si Jay ini Saya selalu inget kejadian malam itu..padahal yaa, dari sekian kamar yg diketoknya kenapa cuma Saya yg “dipaksa” turun?? Mungkin karena Saya terlalu “pasrah” kali ya?? *tepok jidat* *jidatnya Jay* :p

Saya jg gak jarang nemu temen2 yg sedang ngetok2 pintu kamar hotel “tak berpenghuni”. Maklum, kunci kamar cuma 1, kalau temen yg bawa kunci lupa menitipkan kuncinya ke resepsionis saat keluar hotel, bisa2 malah temen2 lainnya jd “kejebak” diluar gak bisa masuk ke kamar. Kalo udah gini terpaksa deh nunggu di lobby. Ihiii ;))Trus oya, ada adegan lucu jg pas waktu habis Gala Dinner kita semua dikumpulin di hotel, daripada BeTe nungguin temen2 yg belum turun, temen2 yg udah ada diruangan malah tepuk tangan rame2 sambil nyanyiin lagu “Happy Birthday” ke siapa aja yg baru masuk ruangan, serasa kena Super Trap deh yg masuk malah jd kaget nyengar nyengir gitu. Kalo lg sial malah bisa2 yg masuk diteriakin “Huuuuu…” rame2. Beberapa “korban” kejadian ini kalo gak salah adalah Ryan dan Rian.. blogger2 dari Padang. Ahihiiii :))

Sampai akhirnya hari terakhir, dibus masih sempet kami bertukar kartu nama, dan Saya dikasih kain jumputan sama Nike & gantungan kunci dari kang Iman & kang Fano.. makasih banyak ya :) dan pertemuan itu pun berakhir dibandara Ngurah Rai. Berpelukan, berpamitan, bahkan sempet2nya masih puas2in photo :p & menikmati “delay berjama’ah” karena jadwal kepulangan kami serempak kacau karena kedatangan…yah, you know lah ;))

Terima kasih buat semuanya, panitia :) . Maaf kalau Saya juga pernah membuat jengkel, repot dan semakin letih. Terima kasih atas pengalaman berharga ini. Buat teman2 semua.. mudah2an kita masih punya umur panjang untuk bertemu kembali yaa..! ;)

Udah ah. *tumbang*

PS: maaph, buat yg tersummon namanya, baru bisa ngelink Twitter sama FB dulu.. PSS: mas Yudi, mas Arie, mas Wisnu, kang Baban, Bunda Desi, makasih ya photo2nya..! :)

37 Comment

  1. airyz says: Reply

    wah, seru :D
    banyak teman banyak goodies :lol:

  2. Goiq says: Reply

    ngga ada kata basi kok untuk setiap kenangan yang menyenangkan :)

  3. Fenty says: Reply

    ini harus aktif apaan sih bisa ikutan beginian ? :p

    1. harus menjadi orang yang beruntung mbak, hehe

  4. Nike says: Reply

    ah ada fotokuh…
    Pria aka Anima itu diseret-seret baru mau dateng, sibuk beud deh tuh orang ya :D

      1. mas prima itu orang tersibuk sebali, gag kayak saya…ngojek terosss :))

  5. ada namaku, ada namaku, ada namakuuuuuuuuuuuuuu #ribut

  6. Semangat banget bacanya tadi, tambah semangat pas ada foto saya… Salam kenal Nieke ya :-)

  7. bener kata mbak nieke, menurutku konfirmasi dan tiket pesawat jangan terlalu mepet seperti kemarin. tapi saya kemarin berprasangka baik kepada panitia kalau acara ini pasti jadi. jadi saya sudah mengajukan cuti sejak beberapa hari sebelumnya.

    resikonya kalau tidak jadi berangkat, paling paling saya ditertawakan teman sepabrik, hehe

  8. hshshs ada nama saya si “jay” yang tukang nyeret saya wkwkwkwk slalu teringat kata itu ..wkwkwkwkkw.:P

    moga gak jadi dendam kesumat yah ka :D. maaf saya cuma membantu om erfano buat konfoy :P . maapin yah…..kaka

  9. Didno says: Reply

    rupanya Nieke terkenang-kenang dengan tike yang saya bawa… tulisannya berimbang good article…

  10. a! says: Reply

    ini hebat benar bisa menaut semua orang yg ketemu pas di #ABCBali. semoga kapan2 bisa kopdar di semarang deh. atau… pekanbaru juga boleh. :)

  11. masih terngingang di benak saya, melihat dirimu wira-wiri di toko-toko souvernir Bandara Ngurah Rai demi menghabiskan waktu delay … padahal penumpang lain asyik nonton bola Indonesia Vs Malaysia :)

    Thank soo much for your unique reportase

    Salam jabat erat,
    Bahtiar

  12. kita ga sempet ngobrol banyak ya Niek, tapi justru waktu yg sedikit itu malah bikin merindu, *Tsaahh…

  13. Eh kamu poto sama Mike Orgil bertiga ya?
    Aku doooonk punya foto yang berdua aja :D
    *sombong* hihi

  14. rian says: Reply

    huahaha aku ga kena supertrap nya loh.. ryan tuh yang kena :p

    hihihi aku juga masih belum menyelesaikan seri postingan #abcbali. kesibukan melanda 2 minggu ini *alasan* :lol:

  15. Wah , aku masuk ruangan itu supertrapnya bukan di “happy birthday” malah di “booooo” .. hahahhaha :)

  16. fotoku gag adaaaa :|

  17. […] di blognya teman-teman blogger yang lain seperti Azaxz, Herman Saksono, Almascatie,  Annosmile, Nieke dan.. well banyak banget sila di search aja keyword-nya ^_^. Tapi jikalau boleh jujur, saya […]

  18. wow acaranya seru banget tuh, coba saja perwakilan dari Madura lebih dari 2 orang, pasti saya bisa ikut. salam kenal ya, saya dari blogger Madura

  19. wipiiii nama saya ada disini, senang bisa berkenalan di bali bersama teman2 yang lain, pengalaman yang tidak akan pernah saya lupakan… hm… tadi saya ngomong apa yah… lupa… #kaborrr

  20. hihhihihi memang pencegatan di depan kamar bikin sayah kaget ui..
    biar ada cacat tapi saya sudah bisa persiapkan diri jadi ga terlalu kaget hahahha

Leave a Reply