Recipe: Puding Sutra

Sebenernya ini bikinnya udah beberapa hari lalu. Masih dalam rangka trial untuk snack goodie bag ultah Alif 2 minggu lagi. Sebenernya mau dibikin seminggu sebelum hari H aja, tapi ternyata ada request dari Mama yang mau dibikinin ini untuk acara farewell temen kerja Beliau. Soalnya bahan-bahannya udah ada di rumah, bikinnya mudah dan gak lama. Tadinya sih pengen sharing resep ini entar-entar aja, tapi karena mau puasa aku pikir share sekarang aja soalnya asyik juga bikin ginian untuk penganan saat berbuka atau pas lebaran nanti :) Aku nyontek resep aslinya dari blog ini. Tapi aku sesuaikan lagi dengan seleraku dan orang rumah.

Ini dia resepnya:

Bahan:

  • 1 sachet agar2 plain / agar-agar bubuk putih
  • 1 kaleng susu kental manis putih <– aku pake indomilk, mungkin lebih OK kalo pake yang full cream
  • 5 kaleng air (kaleng dari SKM) <– aku ganti jadi 4,5 kaleng air aja supaya ga keenceran
  • 1/2 sdt essence vanili <– aku pake 1 sdt, supaya makin enak :D
  • 1 kaleng cocktail <– aku pake buahnya aja, air cocktailnya aku gak pake. Aku pake syrup ABC Squash Delight rasa jeruk yang udah diencerkan untuk menyiram buahnya.
  • sedikit garam <– sesuai selera

Cara membuat:

  1. Masak bubuk agar-agar, susu kental manis, air, vanilla & garam, aduk terus hingga mendidih.
  2. Setelah mendidih, angkat, dinginkan.
  3. Setelah dingin, cetak agar-agar ke dalam cup. (Sebaiknya pake cup kecil-kecil supaya lebih mudah membaginya. Gak direkomendasikan pake wadah yang gede seperti piring pyrex, bisa ancur berantakan pas agar-agar dipotong karena di atasnya ada toping buah dan syrup, selain itu tekstur agar-agar ini juga lembut banget).
  4. Masukkan ke dalam lemari es. Ketika agar-agar agak membeku, keluarkan sebentar lalu letakkan buah potong atau cocktail di atasnya sebagai toping lalu siram dengan syrup (atau bisa juga disiram dengan air cocktail-nya) tutup dengan tutup cup-nya dan masukkan kembali ke dalam lemari es. Keluarkan ketika ingin dihidangkan.

Untuk tekstur pudingnya ini lembuuuttt banget, gak terlalu manis, rasa manisnya dari toping di atasnya yang juga bikin puding ini jadi seger banget. Mama sempet kasih ide untuk toping, syrup-nya bisa diganti dengan pure jagung manis, atau pure mangga, atau aneka pure lainnya yang dibikin dari buah-buahan yang diblender halus dan sedikit kental. Asyik tuh kayanya :)

Gimana? Gampang banget kan..? Selama mencoba! ;)

19 Comment

  1. Mayya says: Reply

    Kebetulan aku pernah juga buat puding sutra ini pas acara arisan dirumah, tandas! Ibu-ibu dan anak-anak suka, apalagi karena rasa sirup squash delight kan seger banget :)
    Mdh2an ultah Alief nanti berjalan lancar ya mbak :)

  2. Ok juga niich, Variasi untuk buka puasa, hm….buahnya apa saja dan segarnya bisa juga untuk lepas Tarawih.

    Salam
    Astin

  3. isech says: Reply

    dengan takaran resep segitu dapatnya berapa cup Nieke?

  4. kania says: Reply

    Klo cocktail dgnti buah segar biasa bisa ga mak? Mksh

  5. mau nyoba…bahanya gampang ya…

  6. eda says: Reply

    topingnya yg sirup itu gak dicampur agar2 kan mak? jadi cair gitu kan? apa dimasak bareng agar2 plain juga?

  7. […] yang pernah aku tuliskan di beberapa postingan sebelumnya kalau aku lagi giat-giatnya melakukan trial bikin beberapa snack sendiri untuk goodiebag ultahnya […]

  8. […] yang pernah aku tuliskan di beberapa postingan sebelumnya kalau aku lagi giat-giatnya melakukan trial bikin beberapa snack sendiri untuk goodiebag ultahnya […]

  9. Ratna sari says: Reply

    Untuk sirup abc nya, di cairkan pake air putih lagi ga mba?

  10. […] Sumber: Nieke’s Project […]

  11. Ellocta says: Reply

    Mba..aku nyoba tapi kenapa ga lembut yah seperti agar biasa dan jadi terpisah 2 lapisan..?
    Ada trik khusus?

Leave a Reply