Resep: Bread Pudding / Puding Roti dengan Saus Vanila

Satu lagi resep yang udah teruji enak dan mudah dibuat yang mau aku share di sini; resep Puding Roti / Bread Pudding. Resep puding rotinya aku dapat dari blognya mbak Mae di sini: http://maedapur.blogspot.com/2010/02/bread-pudding.html (makasih ya mbak Mae resepnya TOP banget! ;) ). Awalnya aku bikin untuk 1 loyang aja dulu. Pengen ngetest rasanya cocok gak sama selera orang rumah. Eh ternyata pada suka banget, Alif juga doyan. Trus aku diminta bikinin lagi besoknya sekalian untuk temen-temen kerja Suami, ada yang nanyain resepnya juga. Hehehe.. berarti udah cocok banget nih :) . Aku seneng bikinnya karena caranya mudah. Tinggal masukin semua bahan, aduk, dan panggang. Jadi gak pake capek dan gak banyak ngotorin dapur. Hihihii ;)) . Ini dia resepnya:

Resep Bread Pudding (utk loyang 20x20cm)

Bahan2 bread pudding:

  1. 3 lembar roti tawar jenis apa aja, potong sampe terbagi jd 4 bagian
  2. 200ml krim kental / whipping cream (bisa merk president, elle & vire, greenfields, dll)
  3. 100ml susu UHT plain
  4. 40gr gula pasir
  5. 1/4sdt vanilla extract / sesuai selera
  6. 1 butir telur ayam (kuning & putihnya dipake)
  7. 1 butir telur ayam (ambil kuningnya saja)
  8. Bubuk kayu manis, kismis, gula palm & tepung gula secukupnya untuk taburan di atas puding

Cara membuat:

  1. Kocok semua telur bersama gula pasir sampai berbuih dengan menggunakan whisk (kocokan telur). Masukkan krim kental, susu dan vanilla extract, kocok sampai semua bahan menyatu dgn merata. Sisihkan.
  2. Olesi loyang dengan mentega. Susun potongan roti.
  3. Perlahan masukkan adonan kocokan telur tadi hingga roti terendam dan perlahan naik sedikit ke atas. Taburi kismis dan bubuk kayu manis di atas permukaan roti. Diamkan selama +/- 15 menit.
  4. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat celcius dan bakar adonan selama +/- 50 menit atau hingga bagian bawah adonan padat bertekstur lembut mirip puding. (catatan: bakar dengan metode au bain merie / steam bake). Setelah matang, angkat, diamkan sebentar sampai puding berada pada suhu ruangan.
  5. Taburi gula palm & tepung gula diatasnya. Puding roti siap untuk dihidangkan.

Di beberapa sumber resep lain aku sempet baca puding roti juga biasa disajikan bersama saus vanila. Tadinya aku pikir kalau puding rotinya masih kurang manis, bakal aku bikin saus vanilanya. Tapi ternyata manisnya udah pas sih untuk aku dan orang rumah. Jadi dimakan seperti ini aja udah enak (pake banget :D ). Tapi besoknya pas bikin lagi untuk dibawa Suami, aku sempat juga membuat saus vanila ini karena sepertinya enak. Nah, untuk resepnya aku liat resep saus vanila ala mba Shinta di TUM di sini: http://theurbanmama.com/articles/puding-roti-saus-vanila.html dengan beberapa penyesuaian. Dan ternyata memang enak :) Berikut aku sadur resepnya dari link tadi:

Bahan-bahan saus vanila:

  1. 80 gr brown sugar / gula pasir biasanya juga enak
  2. 1 sdm tepung terigu
  3. 1 telur
  4. 2 sdm mentega, lelehkan
  5. 150 ml susu UHT plain
  6. 1/2 sdt vanilla extract
  7. bubuk kayumanis seujung sendok
  8. garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan, kecuali vanilla extract, ke dalam panci, lalu taruh di atas kompor.
  2. Aduk rata adonan di atas api sedang. Terus diaduk supaya tidak pecah. Mengaduk menggunakan whisk akan lebih mudah, tapi pastikan pancinya tidak berupa teflon ya, karena akan membuat pancinya rusak.
  3. Setelah agak mengental dan sudah lembut, tuangi vanilla dan aduk sampai agak kental. Cara mengetahuinya? Masukkan sendok aluminum ke dalam saus. Kalau sendok ter-cover dengan saus ketika diangkat, berarti sudah siap.
  4. Angkat dan sajikan.

Gimana? Gampang banget kan bikinnya? :) Selamat mencoba, ya..! Jangan lupa dibikinin lebih untuk tetangga atau temen kerja.. hihihi.. ;))

10 Comment

  1. Wah wah.. pake krim ya.. keknya bahannya mihil :D
    Siip deh, jadi lebih wangi ya, karena ada bumbu lainnya :)

  2. salam kenal ! makasiy resepnya yah mak, kok bisa barengan bikinnya yah sama temenku..resepnya sama juga, dan dia bilang pun enak ^^ nanti daku coba eksekusi juga ahh ^ makasiy yah

  3. Niar says: Reply

    Terima kasih resepnya enak bgt. Sy modifikasi sedikit garnish ditambah almond…yummy

  4. anna says: Reply

    Mantaapp weiih resepnya, makasihh bangeet resepnya ,,

  5. priska yuliana says: Reply

    Makasih mba resepnya…mau tanya juga mbaa…untuk susu UHT yg plain itu yg gmna ya??soalnya baru mau belajar bikin bread puding juga…o iya metode steam bake itu yg gmna ya mba?? :) makasih mba… ^_^

Leave a Reply