Resep: Cumi Saos Tiram

Dulu waktu masih tinggal bertiga aja dengan keluarga kecilku di Semarang, aku suka mencoba aneka masakan untuk aku dan Suami (Alif masih bayi jadi mamnya khusus dibuatkan Bunda :) ). Mulai dari sop, gulai, ikan bakar, kare, hingga sate. Malah gak hobby sama sekali bikin kue karena waktu itu bisa masak lauk sendiri aja udah bagus. Waktu yang lain dipakai untuk mengurus rumah, Suami, anak, dan ngurusin kerjaan *saat itu gak ada asisten*. Setelah 2 tahun tinggal di Semarang akhirnya kami pindah tinggal bersama keluargaku di Riau. Di sini ada Mama dan asisten paruh waktu jadi aku sempet “terlena” untuk gak masak sendiri. Lebih suka bikin kue dan aneka cemilan untuk Alif dan orang rumah. Tapi belakangan Suami protes, ngakunya kangen masakan istri *hehe, jadi merasa bersalah :p *.

Akhirnya kemarin aku masak lauk lagi. Aku memilih menu yang belum pernah dimasak Mamaku supaya menu masakan keluarga kami lebih variatif. Berhubung Mamaku hampir gak pernah masak seafood, akhirnya kemarin aku bikin menu masakan ini; Cumi Saus Tiram. Dulu waktu di Semarang aku suka bikin aneka seafood dengan bumbu saus tiram, ini jadi menu kesukaan Suami. Kata orang rumah juga enak, bahkan Papa dan Mamaku yang biasanya gak gitu doyan seafood dan lauk yang gak gitu pedes (maklum orang Padang :)) ) pun suka :D Cuminya empuk, gampang digigit dan gak alot. Ini dia resepnya:

Bahan-bahan:
500 gr cumi-cumi, bersihkan dan potong sesuai selera
1/2 bh bawang bombay
2 siung bawang putih
2 bh cabe merah & 2 bh cabe hijau (bisa juga diganti paprika)
2 batang selederi
1/2 batang daun bawang
2 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
1/2 sdm saus tomat
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdm garam untuk melumuri cumi, 1/4 sdt untuk saus
1 sdm maizena, larutkan dengan 3 sdm air masak
1/2 bh jeruk nipis
2 sdm minyak goreng
air masak secukupnya
 
Cara membuat:
1. Lumuri cumi dengan garam & jeruk nipis dengan merata. Diamkan +/- 30 menit.
2. Iris bawang bombay, cabe, seledri dan daun bawang. Iris dan haluskan bawang putih.
3. Panaskan minyak. Tumis bawang bombay, bawang putih, cabe dan daun bawang hingga harum. 
4. Besarkan api, masukkan cumi. Aduk rata sebentar hingga cumi mulai menyusut & berubah warna.
5. Kecilkan api sedikit, masukkan saus tiram, kecap, saus tomat, aduk kembali.
6. Masukkan maizena, seledri, merica, garam, aduk sambil masukkan air sedikit demi sedikit hingga mendapat kekentalan yang diinginkan.
7. Matikan api. Angkat. Cumi saus tiram siap untuk dihidangkan.
 
Catatan:
– Supaya cumi tidak terlalu alot atau keras seperti karet saat digigit, cumi jangan dimasak terlalu lama. Masak sebentar sekitar 3-5 menit saja.
– Penggunaan merica bubuk & garam bisa berbeda, disesuaikan juga dengan banyaknya air yang dicampurkan untuk saus / kuah kentalnya.
– Cuminya juga bisa diganti kerang, srimping, atau udang, dengan bumbu yang sama persis. Tinggal sesuaikan aja waktu memasaknya dengan tingkat kematangan bahan :)

Bikinnya mudah dan cepet lho.. setelah bikin masakan ini aku masih sempet bikin camilan aneka mochi (lagi). Ihihii.. ;))

 

Selamat mencoba! :)

 

 

14 Comment

  1. eda says: Reply

    ouw.. baru tau mba, kalo cumi dimasak kelamaan makin alot.. aku kira kebalikannya..
    makasih infonya :D

  2. uda aku bookmark mak,,aku suka bgt ma cumi soalnya,,tp suka lupa kalo masaknya kelamaan jdnya alot he he,,

  3. duh enak banget ni, sudah lama ga bisa makan cumi….hmmm

  4. risma kumalaningrum says: Reply

    Maaf mba mau tanya,ko cumi saos tiramny ga pake jahe ya?makasih

  5. lubis says: Reply

    mantap tuh

  6. lubis says: Reply

    mau tanya..apakah ada resep cumi pake asem cuka.thanks

  7. kalau bikin tiram sendiri gimana tuh

Leave a Reply