Resep: Durian Pancake

Gara-gara abang-abang penjual duren udah mulai keliatan beberapa hari terakhir ini, aku jadi mupeng pengen beli dan bikin sesuatu yang berbahan durian. Kebetulan keluargaku di rumah juga pada suka durian. Kemarin durennya dimakan bareng pulut ketan yang dibikin Mama anget-anget. Rasanya yummy.. dan ngenyangin banget sampe aku ngerasa gak perlu makan nasi lagi :D

Berbuhung masih punya 1 buah durian, aku kepikiran bikin pancake durian yang kata-kata orang sih gampang dan simple banget bikinnya. Meskipun udah yakin sih pasti yang tricky nih bikin kulit / crepesnya :p Jadi inget beberapa minggu lalu waktu aku bikin crepes dan hasilnya banyak robek dan retak di sana sini. Hiks.. :'( Jadi sempet mikir juga sih waktu mau bikin Durian Pancake ini. Tapi karena penasaran (karena kalo beli di luar harga durian pancake ini bisa mahal banget), akhirnya aku coba juga deh. Resep aslinya aku dapet dari sajian sedap. Aku bikin jadi 2 warna, hijau dan kuning jadi adonan kulitnya aku bagi 2. Ini dia resepnya:

 

Bahan Kulit:
150 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok makan tepung sagu
15 gram gula tepung
1/2 sendok teh garam
1 kuning telur
400 ml susu cair
1 sendok makan margarin, lelehkan
10 tetes pewarna kuning tua (aku bikin 2 warna: 5 tetes pewarna hijau *bukan pasta pandan lho* & 3 tetes pewarna kuning). << optional, bisa ditambahkan sesuai selera atau bahkan diskip

Bahan Isi:
100 ml krim kental, kocok mengembang (aku pake 100gr bubuk whippedcream instan dikocok kaku dengan 200ml air es)
700 gram daging durian (aku pake 1buah durian lokal ukuran kecil, ambil dagingnya)
1/4 sendok teh garam
2 sendok makan gula tepung

Cara membuat:
1. Kulit: aduk rata tepung terigu, tepung sagu, gula tepung, garam. Tambahkan kuning telur, susu cair, margarin cair, dan pewarna kuning tua (aku membagi adonan jadi 2 dan beri pewarna pada masing-masing adonan). Aduk rata.
2. Tuang satu sendok sayur adonan di wajan datar kecil diameter 12 cm yang sudah dipanaskan di atas api kecil. Lakukan sampai semua adonan habis.
3. Isi: campur krim kental, durian, garam, dan gula tepung. Kocok rata. (kalo aku: bubuk whippedcream instan aku kocok dengan air es sampai kaku, trus aku campurkan gula tepung+garam. Campuran ini yang aku taro duluan di kulit, baru daging durian di atasnya)
4. Ambil selembar kulit dadar. Beri isi di tengah kulit. Lipat kanan dan kirinya bentuk persegi. Sajikan dingin.

Rasanya mirip banget sama durian pancake yang pernah aku beli di toko oleh2 (yang harga perkotaknya waktu itu 150 ribu :( ). Apalagi durian yang aku punya ini rasa manisnya pas dan dagingnya tebel, jadi makin enak pancakenya. Tapi bikin kulitnya memang tricky sih. Dari 20an lembar kulit yang aku bikin, mungkin hanya setengahnya yang hasilnya bagus setelah dilipat ;)) Tantangan si kulit ini ada 2 tahap: saat mencetak dan mengangkatnya dari loyang, dan saat melipatnya bersama isi. Pada kedua tahap ini kulit pancake bisa rentan robek. Harus hati-hatiii banget.

Kulit durian ini memang nyaris tidak ada rasa, rasa duriannya yang dominan dan ada sedikit rasa gurih manis pada cream nya. Tapi kalo mau kulit durian yang lebih gurih, ganti susu cair dengan santan yang sudah dilarutkan dengan air. Tapi perlu dipertimbangkan juga kolesterolnya ya :D Pewarna makanannya juga bisa di skip kalo gak mau pakai, hasil durian pancakenya nanti akan bewarna kuning pastel.

Tips dari aku soal kulitnya:

1. Untuk mencetak pertama kali sebaiknya loyang diolesi mentega dulu, tipis aja. Meskipun loyangku anti lengket, tetep bok mesti diolesi dulu. Untuk adonan yang kedua dan seterusnya tidak perlu lagi. Pas naro adonan sebaiknya loyang diangkat dari kompor dan diputer-puter untuk meratakan cetakan jadi bulet. Pas udah keliatan mateng (jangan tunggu terlalu kering, karena akan mudah patah), langsung congkel ujungnya hati-hati pake sendok, biarkan kulit turun sendiri hingga bener-bener lepas dari loyang dan segera taro di atas piring. Ketika kulit udah jatuh di piring, hati-hati merapikannya. Karena kalo tergesa-gesa kulit bisa mudah robek.

2. Tunggu kulit agak dingin dulu baru taro adonan isi. Sewaktu mau memasukkan isian, sebaiknya isian diletakkan merata berbentuk segi empat di tengah. Saat mau melipatnya menjadi amplop, sebaiknya ujungnya agak ditarik pelan supaya isian pancake padat dan rapi di tengah. Ingat, melipatnya juga harus hati-hati dan perlahan, karena ketika melipat ini ujung-ujung pancake yang tipis bisa sangat mungkin robek.

Sudah mencoba tips ini tapi kulitnya masih berantakan? Ya itu sih namanya nasib :)) Hihii.. aku juga gitu kok. Tapi biarpun robek tetep aja enak kalo dimakan.. *yaiyalaaahh..* ;)) Selamat mencoba! Jangan frustasi sama kulitnya ya..! :D

44 Comment

  1. nyem nyem….catettt
    salam kenal mak^^

  2. Mau coba ah kapan-kapan :D
    TFS ya mak ;)

  3. Goiq says: Reply

    kayanya emang lebih enak dan murah bikin sendiri.. beli isi 2 aja udah 25 ribu.. mahaaal

  4. salma says: Reply

    Bahan isian yg krim kental itu gmn ya maksutnya mb?

  5. hady says: Reply

    boleh di coba nih….
    eh, apakah ini termasuk produk coba”…..? hehhehehe
    bermanfaat miss….

  6. mak Nieke sebelumnya salam kenal :)

    Nanya dong mak, kalo liat pic-nya sptnya isian whip cream dan duriannya keliatan terpisah, yg atas putih whip cream bawahnya kuning duriannya, pdhl di resepnya whip cream, durian, garam, gula tepung di aduk rata, soalnya kalo aku beli, durian sama whip creamnya memang spt ditumpuk isiannya kyk digambarmu ini mak, ga diaduk jadi satu gitu.

    Info ya mak, tingkiuu :*

  7. QiiNoY says: Reply

    Ada yang buat dicoba nya gg ? ? ? ? :D

    http://q-opini.blogspot.com

  8. patut dicoba untuk suamiku tercinta…makasih mak

  9. dwina says: Reply

    Salam kenal, mak Nieke.
    Makasih infonya, mak…kpn2 ta bikin. :*

  10. noe says: Reply

    Minta tissu minta tissuu.. ngiler iniihh hahaha

  11. duh enakkk ituuuh kayaknya… walau aku nggak suka durian hehehe

  12. Lihat penampakannya, rasanya sayang kalau dimakan. Apalagi warna kulitnya yang segeerrrrrrr.

    Kapan2 saya coba ah. . .

  13. Maaak…lihat hijau dan kuning itu serasa pingin boboan disiti, Apalagi isinya Duriaaan wuuuih bakalan lupa kalau makan tu Pancake…. *etapi aku enggak bisa masak piye ya?

    Salam Kenal

  14. […] bikin cemilan ini udah cukup lama. Bahkan aku lakukan sebelum membuat adonan crepe untuk membuat pancake durian. Bikin kulitnya ini memang cukup susah. Sebagian besar kulit yang aku bikin robek dan patah saat […]

  15. faisal says: Reply

    Buat kulitnya memang butuh trick supaya hasilnya benar2menggoda.

  16. uhan says: Reply

    Salam kenal mbk’e..mau tnya mbk..merk whippedcream instannya apa y mbk jg tepung trigunya..trus kocoknya pake mixer atau kocokan manual itu..makasih info dan ilmunya..;)

  17. Anieta MD says: Reply

    Tengkyuuu banget tips-na yaa

  18. Just Satry says: Reply

    hahaaaa..lucu juga..tp kaya tertarik pgn buat mumpung lg musim duren :D

  19. Bunda Ita says: Reply

    klo bole tau..pewarnany pake merk apa y mba?saya pake pewarna makanan merk cendrawasih tp hasilnya warna kuning n ijonya pucet n kurang menarik…

  20. nadia says: Reply

    mba mau tanya ini tahannya berapa hari ya ? kalo udh keluar dari

      1. fenita says: Reply

        wah enak banget kayaknya, mau bikin tapi takut gagal lagi.. :(

  21. […] ha! Langsung kepikiran sama pancake durian yang lezat. Aku bikin resep kulitnya berbeda dengan di resep pancake durianku sebelumnya, tapi kali ini mirip yang di Thousand Layer Cake yang pernah aku post di sini, soalnya kulit crepe […]

  22. Muhammad Iqbal says: Reply

    Bener kata mbak nike, yg bikin mahal itu kulit nya. Saya sudah coba ngadon 50 kali tetep aja ada yg robek. Mungkin ada saran dari mbak nike, formula apa yg tepat untuk bahan kulit nya? selain formula yg mba tulis diatas. Kadang ane iseng mix terigu ama kanji biar mantep dan tak mudah sobek.

Leave a Reply