Resep: Churros (Snack dari Spanyol)

Snack ala Spanyol ini belakangan ngehits dan banyak dijual di cafe-cafe di ibukota di Indonesia. Berhubung aku tinggal di kota kecil, akhirnya cuma bisa coba bikin sendiri :D Untung aja bahan-bahannya cukup mudah didapat dan simpel sekali pembuatannya. Karena bahan-bahannya udah ada semua di rumah, akhirnya langsung aku bikin begitu nemu resep yang OK menurutku. Aku dapet resep aslinya dari blognya mba Hesti (thanks ya mba resepnya :) ), dengan beberapa modifikasi kecil dari aku. Kalau mba Hesti pake Dulce de Leche (susu kental manis yang dikaramelisasikan) sebagai sausnya, aku lebih memilih menggunakan campuran coklat leleh dan cream. Air pada resep mba Hesti aku ganti dengan susu cair supaya rasanya lebih milky. Selain itu aku juga menggunakan cara yang berbeda saat pencetakan adonan. Ini dia resepnya:

Bahan:
– 250 ml air (aku ganti susu cair)
– 100gr unsalted butter
– 150gr tepung terigu protein sedang
– ¼ sdt garam
– 3 butir telur
– pelengkap: taburan gula tepung dan bubuk kayumanis di atasnya, dan minyak goreng untuk menggoreng adonan.

Cara membuat:
1. Masak air (atau susu cair) bersama mentega dan garam hingga mendidih
2. Masukkan tepung sekaligus hingga adonan menyatu dengan merata. Angkat, dinginkan sebentar
3. Pindahkan ke dalam wadah pengocok untuk dimixer. Masukkan telur sedikit sedikit dan aduk hingga rata.
4. Masukkan adonan ke dalam piping bag dan gunakan spuit berbentuk bintang untuk mencetak.
5. Proses mencetak:
– mba Hesti: Panaskan minyak dalam wajan datar dengan suhu sedang. Saat sudah panas, kecilkan api. Lalu cetak adonan di atas minyak dan gunting sesuai panjang yang diinginkan (aku cetak sekitar 6cm). Ulangi hingga tercetak beberapa batang. Tunggu hingga adonan mulai mengembang dan mulai kecoklatan, angkat, dinginkan.
– aku: taburi tepung dengan tipis pada wadah yang pipih / datar. Cetak adonan di atasnya sepanjang 6cm. Ulangi hingga semua adonan pada piping bag habis. Bekukan sebentar di dalam freezer (sekitar 10 menit). Keluarkan dan diamkan sebentar sekitar 1-2 menit. Angkat ujungnya dengan garpu secara perlahan hingga semua batang terangkat. Jika ujung adonan masih terlalu keras untuk diangkat, tunggu sekitar 1 menit lagi. Setelah adonan bisa diangkat dari wadah pipih, panaskan minyak dengan api sedang. Setelah minyak benar-benar panas, kecilkan api. Masak adonan hingga kuning kecoklatan atau matang secara merata. Angkat, dinginkan. (Aku pakai cara ini supaya churros-ku bentuknya lebih lurus).
6. Taburkan tepung gula dan bubuk kayumanis tipis aja di atasnya dan sajikan dengan cocolan / saus sesuai selera.

Bahan cocolan:
– 100 ml krim kental / whipping cream liquid
– 130 gr DCC (Dark Compound Chocolate), potong/iris kecil-kecil
Cara membuat saus coklat:
1. Lelehkan irisan coklat dengan cara di tim bersama whipping cream.
2. Setelah irisan coklat meleh dan tercampur merata bersama cream, matikan api, angkat, dinginkan sejenak. Hidangkan bersama churros.

Kue ini mirip kue sus yang digoreng dan cocol dengan saus. Rasa churros-nya sendiri ga terlalu manis karena tidak ada campuran gula di adonannya. Rasa manisnya berasal dari taburan tepung gula serta saus coklatnya. Mudah dan simpel banget bikinnya. Asiknya lagi bahan-bahannya udah ada semua di rumahku, jadi aku gak perlu repot-repot belanja-belanji untuk membuat kue ini. :D Kuenya juga enak, crunchy di luar dan lembut di dalamnya. Dicocol dengan saus coklat rasanya makin uenaaakk.. liat deh ini duo Bapak-Anak langsung lahap menyerbu churros yang baru aja selesai aku photo. Hehehe.. :))

Selamat mencoba! ;)

24 Comment

  1. Enak benar ada resep churros snack dari Spanyol yang mudah diikuti sperti ini. Apalagi kalau di hidangkan di tengah-tengah keluarga. Maknyus…….. jadi tambah harmonis keluarga dan betah makan di rumah deh…..

    Salam,

  2. aarrrkkkkk..mauuuuu makkk,enak kayaknya ^^

  3. enakkk….boleh nyontek resepnya makkkk…? …sepertinya enak banget…jd ngiler liat dede’nya makan…hihi…

  4. perlu dibookmark beneran nih blognya :))
    resepnya gampang2 ya (kayaknya) soalnya belom coba sih

  5. ummi says: Reply

    wajib dicoba ni…unsalted butter contohnya apa ya?

  6. Harus di coba nie resepny. Makasih mak :9

  7. mauuuuuu :) kirimin yg uda jadi bisa ga mak :)

  8. tria says: Reply

    Kalo pake margarin biasa bisa ga ya?

  9. jaan narel says: Reply

    Kereeeennnn..lsg bookmark..lsg siap2 bikin buat si kecil..makasih ya mba :))

  10. […] aku bikin kue sus dengan resep mirip adonan churros yang pernah aku buat sebelumnya. Ini dia […]

  11. Yuki says: Reply

    bedanya kalau pakai susu sama air apa tante?

  12. Dhana says: Reply

    Kalo unsalted butter di ganti mentega gmn ya? Hasilnyya ngaruh gak ya mbak?

    Thanks
    Dhana

  13. rafli says: Reply

    saya ga bisa nyetak adonan pake piping bag nya .. pass di cetak malahh berantakan. gimama yahh ? pass di goreng tapi pass .

Leave a Reply