Recipe: Kue Sus Vla Coklat

Akhirnyaaa.. bisa baking lagi setelah satu setengah bulan ini bener-bener gak bisa baking. Hihihii ;)) Jadi ceritanya udah satu setengah bulan ini aku balik ngantor. Dan sejak itu praktis waktuku sejak pagi sampe sore di kantor, malamnya udah sibuk sama urusan anak, suami, rumah, dan keperluan rumah tangga lainnya. Sebenernya bisa aja sih baking lagi pas libur weekend, tapi aku lebih memilih istirahat dan bermain sama Alif aja. Baru deh weekend kemarin ini kepikiran pengen bawain sesuatu ke kantor. Karena setelah satu persatu temen kantor ngeadd FB trus liat aku punya satu album photo makanan-makanan bikinanku, mereka jadi tau kalau aku doyan baking. Hehehe.. :D Jadi pengen buatin kue untuk temen-temen kantor. Trus beberapa waktu yang lalu pernah liat resep kue sus, jadi inget adonannya kan mirip banget sama churros yang pernah aku bikin sebelumnya. Cuma beda diproses masaknya aja.. kalau churros digoreng, sedangkan kue sus ini dipanggang. Untuk vlanya aku lebih milih bikin vla coklat, soalnya lebih enak aja kayanya. Siplah, udah tau mau bikin apa.

Akhirnya aku bikin kue sus dengan resep mirip adonan churros yang pernah aku buat sebelumnya. Ini dia resepnya:

Bahan-bahan kue sus:

– 250 ml air (aku ganti susu cair)
– 100gr butter
– 150gr tepung terigu protein sedang
– ¼ sdt garam
– 3 butir telur

Cara membuat:

1. Masak air (atau susu cair) bersama mentega dan garam hingga mendidih.
2. Masukkan tepung sekaligus hingga adonan menyatu dengan merata. Angkat, dinginkan sebentar.
3. Pindahkan ke dalam wadah pengocok untuk dimixer. Masukkan telur sedikit sedikit dan aduk rata.
4. Masukkan adonan ke dalam piping bag dan gunakan spuit berbentuk bintang untuk mencetak.
5. Siapkan loyang yang telah dialas dengan kertas roti. Semprotkan adonan.
6. Panaskan oven dengan suhu 200 derajat celcius lalu panggang adonan selama kurang lebih 25 menit atau hingga adonan mengembang dan matang.
7. Setelah kue sus agak dingin, potong tengahnya, tapi jangan sampai terputus. Sisihkan.

Untuk vla coklat, aku liat resepnya dari blog Catatan Nina di sini (terima kasih resepnya ya mba :) ). Tapi pasta coklatnya aku skip karena menurutku rasanya udah pas tanpa pasta coklat :). Ini dia resepnya:

Bahan-bahan vla coklat:

1. 250 ml susu cair
2. 100 gr dark cooking chocolate, potong-potong
3. 30 gr gula pasir
4. 1 sdm coklat bubuk
5. 25 gr tepung maizena –> larutkan dalam 25 ml air
6. 1 kuning telur

Cara membuat:

1. Masak susu cair, gula pasir dan coklat bubuk hingga mendidih.
2. Masukkan larutan maizena, masak kembali hingga meletup-letup.
3. Masukkan DCC, aduk hingga coklat larut.
4.Ambil 1 sendok sayur adonan,campurkan dengan kuning telur, aduk rata.
5. masukkan kembali ke dalam adonan,aduk cepat hingga rata dan mendidih sekali lagi.
6. Angkat, dinginkan sebentar. Masukkan ke dalam piping bag dan semprotkan ke dalam kue sus yang tengahnya telah dipotong.

Penyelesaikan: taburkan tepung gula di atasnya untuk pemanis.

Sayangnya, ada insiden nih pas pemanggangan. Jadi, waktu manasin oven, aku minta tolong Suamiku untuk panasin ovennya di suhu 200 derajat celcius. Berhubung oven kami suhunya dengan ukuran fahrenheit, akhirnya itung-itung dulu deh tuh sampe akhirnya dapet ukuran sekitar 390 fahrenheit. Tapi ternyata suamiku ngesetnya ke 290 derajat fahrenheit. Aku yang waktu itu gak meratiin tulisan suhu di oven langsung masukin satu loyang gede adonan yang udah siap dipanggang, trus ngeset waktu 25 menit. Setelah 25 menit, aku lihat adonan mengembang, namun kurang coklat. Tapi aku memang biasa juga sih ngeliat kue sus yang warnanya gak coklat-coklat banget. Yaudahlah, aku dinginkan dulu diluar sebelum aku semptorin vla coklatnya. Trus aku masukin satu loyang kecil sisa adonan yang sayang kalau dibuang. Pas nutup oven, baru ngeh kalo suhunya ini 290 derajat, bukan 390! Whaaa… buru-buru aku keluarin loyang kecil tadi trus ngeset oven jadi 390 derajat celcius. Sampe ovennya panas barulah si loyang kecil tadi aku masukin kembali.

Aku langsung lirik satu loyang gede kue sus yang sebelumnya sudah terlanjur terpanggang dengan suhu yang salah. Dengan perasaan gak yakin aku belah tengahnya untuk diisi vla coklat. Dan ternyata tengahnya itu masih lembab dan rada sedikit cair. Langsung sedih rasanya :( Pas adonan di loyang kecil mateng sempurna, aku langsung coba panggang lagi kue sus di loyang gede selama beberapa menit. Alhasil kue sus terlihat lebih coklat, tapiii… kuenya rada keras, sama sekali gak lembut kayak kue sus pada umumnya.. Huwaaa… gak mungkin bawa kue yang seperti ini untuk temen-temen di kantor..! Hiks, sedih.. tapi apalah daya. Untungnya satu loyang kecil tadi hasilnya bagus, langsung aku semprotkan vla coklatnya. Tapi karena jumlahnya yang sedikit akhirnya aku batal bawa kue ini ke kantor dan hanya bisa aku bagi-bagikan ke keluargaku di rumah. Duh, maaf yah work mates, maybe next time :)

Overall, bikinnya cukup mudah. Tapi harus teliti lagi sama suhunya ya. Selamat mencoba! ;)

8 Comment

  1. Duh, sayang yah, padahal sus tuh kan ciri khasnya lembut gitu, kalo udah dingin trus dimasukin lagi dimatengin, jadinya keras ya…

  2. Salam kenal, Mbak. Kalau aku jadi teman kantornya walau dibawain yang agak2 keras aku sih makan-makan aja hihihi, secara nggak bisa buatnya :P

  3. hal yang paling ingin bisa kulakukan adalah memasak sepertimu…
    hiks.. hiks..

    bikin ngiler deh kuenya

    *salam kenal ya*

    Brillie,
    http://antie.info

  4. Yunita says: Reply

    Terima kasih info dan juga resepnya mba, mau tahu juga berapa biaya produksi untuk setiap kue, siapa tahu bisa buat dagang kecil-kecilan dulu…he..he…

Leave a Reply