Recipe: Puding Coklat Vla Vanila

Mumpung sedang bulan Ramadhan, aku jadi tertarik bikin menu berbuka puasa yang enak, manis, dan cukup mudah dibuat. Baru inget kayanya udah lama juga aku gak bikin puding lagi. Trus hunting resep puding yang kira-kira enak dan disukai keluarga. Ketemulah resep Puding ala KFC dari blognya mbak Diah Didi ini (makasih ya mba resepnya :) ). Kebetulan Suami dan anakku sukaaa banget puding yang ada di resto cepat saji itu. Jadi makin tertantang deh buat bikin puding ini. Sebenernya ada beberapa versi resep lain yang aku temukan. Tapi versi mba Diah ini yang bahan-bahannya mudah sekali ditemukan di kota kecil tempat aku tinggal sekarang :)

Puding Coklat Vla Vanila 4

Nah, ini dia resepnya:

Bahan-Bahan:

Bahan Puding:

  1. AgaRasa rasa coklat, ukuran 22gr
  2. 1000ml air
  3. 1/2 gelas belimbing gula pasir
  4. 2 sachet SKM coklat
  5. 30 gr coklat blok (lebih enak lagi kalau diencerkan dulu)
  6. 1/4 sdt garam

 

Bahan Vla:

  1. 500ml susu cair
  2. 75gr gula pasir
  3. 15gr maizena
  4. 1 butir telur, ambil kuningnya saja, kocok lepas
  5. essense vanila secukupnya (aku pakai 1/2 sdt)
  6. 1/4 sdt garam

Cara membuat:

Puding:

  1. Campur semua bahan, masak, dan aduk hingga mendidih
  2. Tuangkan ke cetakan (aku pakai cetakan cup)
  3. Tunggu sampai mengeras, tuangkan vla di atasnya
  4. Dinginkan di kulkas, sajikan

Vla:

  1. Masak semua bahan kecuali kuning telur hingga mendidih sambil terus diaduk
  2. Ambil satu sendok sayur adonan, campur dengan kocokan kuning telur, aduk rata
  3. Masukkan kembali ke adonan vla, masak sebentar hingga matang.

 

Tekstur puding ini sangat lembut, mirip puding sutra (jadi lebih disarankan puding disajikan di dalam cup) dan rasanya tentu saja nyoklat sekali :) Rasa vlanya juga uenak tenan! Malah ini jagoannya kalo menurutku.. hehehe :D Setelah disimpan di kulkas vlanya menjadi agak padat namun tetep lembut dan lumer saat di mulut. Pokoknya enak deh. Aku udah cobain ke orang rumah dan cocok banget dengan selera kami. Aku sempat bawakan 2 cup untuk acara buka bersama adikku di sekolah. Dan komentarnya, “Pudingnya enak banget! Malah lebih milih ngabisin pudingnya daripada lauknya”. Ihihihiii.. ;)) Jadi makin seneng deh bikin lagi nanti :))

Oya saranku, sebaiknya saat akan dituangkan ke cetakan, puding dan vlanya disaring dulu ya supaya teksturnya lebih mulus dan licin :)

Mudah kan bikinnya..? So, Selamat mencoba! ;)

17 Comment

  1. eh ternyata gampang bgt buat puding, makasih byk infonya :)

  2. wening says: Reply

    Liat puding coklat ini kok jadi keinget warung makan di Jogja, namanya Laris. Di samping kasir didepan, ada lemari pendingin yang di dalamnya ada puding coklat vla vanila kayak ini. dulu saya setiap kesana pasti ambil dua-tiga cup hehe.. terimakasih resepnya, bisa buat pengobat rindu karena bisa bikin sendiri dirumah :)

  3. kayaknya enak banget ya, memang puding itu resep yg paling mudah dibuat

  4. rerin says: Reply

    Mba…gimana caranya biar kuning telurnya nyatu dengan adonan fla-nya…pengalaman, jadi brindil-brindil…tq before y…

  5. aduh aduh mau bikin juga ah.
    3 boyz sukaa banget sama puding coklat :)

  6. ami says: Reply

    Agar2nya itu pk swallow ap yg jeli y

  7. iw says: Reply

    klu pakai Nutrijell , gmn?
    nggk terlalu suka dg Agar2 hehe

  8. Dede ayuni says: Reply

    mb…aq bwt koq vla nya kekentalan ya..pdhl sesuai takaran mb…ga kyk yg di foto mb itu..kira2 ksh apa ya spya jgn kekental
    an.??�

  9. Dewi says: Reply

    Mb mau Tanya.
    Satu resep dapat berapa cup ya?
    Makasih

Leave a Reply