Recipe: Ayam Panggang Madu

Ayam Panggang Madu Header

Aku memang jarang banget masak di rumah. Bisa dibilang dalam setahun masih bisa dihitung dengan jari. Hehe. Mungkin aku pernah juga ceritain sebelumnya kalau di rumah, kami lebih sering makan masakan mamaku yang memang jago banget masaknya dan selama ini sering bikin anak-anak beliau yang merantau kangen rumah :D Nah, kebetulan weekend kemarin mama dan papaku sedang ada urusan keluar kota. Akhirnya aku jadi kepikiran pengen masak lagi seperti waktu aku di Semarang dulu. Di Semarang dulu aku sering masak sendiri untuk suami dan anak. Tapi aku bingung mau masak apa ya kali ini..? Akhirnya inget aku masih punya madu asli oleh-oleh waktu Nilla dan Yudhi honeymoon ke gunung Bromo beberapa waktu yang lalu. Akhirnya aku buatlah masakan ini yang resep aslinya aku dapatkan dari sajian sedap. Ini dia resepnya:

Bahan-bahan:
3 buah (350 gr) dada ayam tanpa tulang
4 siung bawang putih, haluskan
1 sendok makan saus sambal
1 sendok makan saus tomat
3 sendok makan saus tiram
1 sendok teh kecap asin
2 sendok makan kecap manis
4 sendok makan madu
1/2 sendok makan garam
1/4 sendok teh merica bubuk
2 sendok makan minyak goreng

Cara membuat:
1. Campur bawang putih, saus sambal, saus tomat, saus tiram, kecap asin, kecap manis, madu, garam, merica, dan minyak ke dalam satu wadah. Masukkan ayam.
2. Tusuk-tusuk ayam dan lumuri ayam dengan bumbu. Diamkan 30 menit. Pindahkan ke pinggan tahan panas.
3. Oven dengan api bawah suhu 200 derajat celcius selama +/- 30 menit hingga matang. Potong-potong, sajikan.

Untuk ovenku, pemanggangan selama 30 menit ini sudah pas sekali. Menghasilkan ayam panggang yang matang sempurna yang juicy dan lembut. Kenali oven masing-masing untuk mendapatkan kematangan ayam yang diinginkan ya :) Mudah kan membuatnya? Semudah 1-2-3! :D So, selamat mencoba! ;)

1 Comment

  1. ibu aryan harith says: Reply

    Awak pakai oven ape?

Leave a Reply