Recipe: Steak Ayam Tempe Saus Lada Hitam

Lagi-lagi ini masakan yang dibuat karena Mama lagi gak di rumah.. Hehehe.. ;)) Jadi ceritanya Mama, Papa dan adikku lagi liburan semingguan ke Jakarta. Alhasil di rumah gak ada yang masak untuk masakan sehari-hari. Pas pula lagi ada ART baru yang baru masuk semingguan ini. Jadi belum tau kakak itu bisanya masak apa aja.. Trus tiba-tiba inget dulu Nilla pernah cerita dia pernah bikin steak tempe, rasanya enak. Tapi sayangnya waktu itu aku gak sempet nanyain sumber resepnya dari mana. Akhirnya aku googling aja. Dan nemu resep dari sini (makasih ya mba untuk resepnya :) ). Kebetulan beberapa takaran bahan aku sesuaikan dengan selera dan ketersediaan di rumah. Di resep aslinya, ayamnya gak sebanyak ini. Tapi karena tempe dan ayam cincangku jumlahnya nanggung, jadinya aku masukin aja semua yang aku punya, adaripada sayang dibuang. Dan sepertinya tambah enak rasanya nih. Hihii.. ;)) Ini dia resepnya:

Steak Ayam Tempe Header

Bahan-bahan:

Steak:
120 gr tempe
200 gr ayam cincang
1/2 siung bawang bombay
3 sdm tepung roti
1 sdt merica bubuk
1 1/4 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk

Saus Steak Lada Hitam:
1/2 siung bawang bombay
1 sdt saus tiram
2 sdm saus tomat
2 sdm kecap manis
1 sdt bubuk lada hitam
1 sdm gula pasir
1 1/4 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk
160 ml Air
2 sdm tepung maizena (larutkan dengan 3 sdm air)

Pelapis:
2 butir telur ayam, kocok lepas
Tepung roti secukupnya

Cara membuat:
1. Steak:
a. Kukus tempe selama 15 menit untuk menghilangkan rasa getir (bisa sekalian juga mengukus pelengkap lainnya seperti sayur-sayuran dan kentang). Hancurkan tempe sampai halus lalu campur dengan semua bahan steak yang telah di sebutkan.
b. Bentuk tempe menjadi bulat pipih sesuai selera. Celupkan steak ke kocokan telur lalu gulingkan ke tepung roti. Ulangi 2 kali agar lapisan tebal. lalu goreng hingga matang.
2. Saus :
a. Tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan saus tiram, saus tomat, kecap, garam, gula, kaldu bubuk, lada. masukkan air, tunggu hingga air mendidih, masukkan larutan maizena.
b. Jika saus sudah mengental dan tercampur dengan merata, angkat, sajikan bersama steak.

Aku ngebuatnya rada gedean nih.. hasil akhirnya jadinya untuk 3 porsi.. Baru makan setengahnya aja udah kenyang banget :-P Hehehe. :D Sepertinya sih lebih bagus lagi kalau dibuatnya lebih kecil sedikit, kurang lebih hasilnya untuk jadi 4-5 porsi :) Resep ini sangat mudah dibuat. Apalagi bahan-bahannya cukup mudah didapat. Jangan lupa minyaknya harus udah bener-bener panas sewaktu memasukkan adonannya.. trus apinya kecil hingga sedang  aja ya.. Menggorengnya juga jangan kelamaan ntar dalemnya terlalu kering. Selamat mencoba! ;)

Leave a Reply