Recipe: Banoffe Pie

Awalnya, aku pesen Banoffee Pie ini sama temenku di Pekanbaru karena penasaran. Ternyata pas dicobain pie ini memang enak banget. Trus besok-besoknya Alif suka mintain pie ini tiap kali ngeliat photonya di hpku. Aku juga suka mupeng sih kalo liat photonya ;)) Tapi karena gak ada rencana buat ke Pekanbaru dalam waktu dekat dan hasrat kangen sama pie ini sudah meraja lela, akhirnya aku kepikiran untuk bikin sendiri pie ini. Ternyata bikinnya cukup mudah dan ga ribet. Bahan-bahannya pun ada semua di dapurku. Aku juga belum pernah bikin pie dengan menggunakan remahan biskuit untuk crustnya. Jadi cukup penasaran juga sama hasilnya. Sumber resep aku dapatkan dari situs ini. Aku sesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Ini dia resepnya:

Bahan-bahan:
Pie crust:
100gr mentega (aku pakai margarin), lelehkan
250gr biskuit susu (aku pakai marie regal)
Caramel:
100gr mentega (aku pakai margarin), lelehkan
100gr dark brown sugar (aku pakai gula palem mix dengan brown sugar, jadi gak manis banget)
395gr / 1 kaleng susu kental manis (aku pakai skm carnation) *kalau mau tekstur yang lebih encer dan tidak terlalu manis, bisa ditambahkan sedikit susu cair yang plain/tawar*
Topping:
4bh pisang, potong kecil-kecil
Whipping cream (aku pakai 1 kotak wippy cream Haan), kocok dengan air dingin hingga mengembang
parutan coklat

Cara membuat:
Pie crust:
1. Hancurkan biskuit hingga menjadi remah, masukkan ke dalam wadah.
2. Campurkan lelehan mentega ke dalam remahan hingga rata.
3. Masukkan adonan ke dalam cetakan dan cetak dengan menekan-nekan remahan dengan sendok besi ke dinding cetakan.
4. Masukkan ke dalam kulkas, dan dinginkan.

Toffe – caramel:
1. Masukkan butter dan brown sugar ke dalam wadah anti lengket. Lalu lelehkan dengan api kecil sambil terus diaduk.
2. Setelah meleleh, masukkan susu kental manis, aduk kembali hingga susu larut.
3. Setelah semua bahan tercampur dan mengental, matikan api. Lalu biarkan selama 1 jam.

Penyelesaian:
1. Keluarkan pie crust dari kulkas. Tuangkan toffee – caramel ke atas pie crust.
2. Letakkan potongan pisang di atas toffee – caramel.
3. Tuangkan cream di atas pisang dan olesi hingga atas pie tertutup dengan merata.
4. Taburkan parutan coklat di atasnya dan dinginkan pie di kulkas.

Untuk resep kali ini, aku bikin toffee – caramelnya kebanyakan.. akhirnya sisanya aku simpen di wadah kaca. Lumayan.. bisa dijadiin selai buat jadi teman makan roti :D

Pie ini crustnya lebih rapuh dari pie crust yang terbuat dari campuran terigu, butter telur dan gula yang biasa aku buat. Tapi rasanya lebih gurih & “nyusu”.


Toffee – caramelnya lumer & langsung tumpah begitu pie ini dipotong, jadi memang cukup susah mendapatkan slice yang berbentuk segitiga utuh untuk diphoto. Gak pa pa deh yang penting rasanya enak loh. Hihiii.. ;))

Aku bisa kalap kalau makan pie ini.. bisa habis sendirian tanpa sadar. Ahahaha :)) Tapi mungkin buat yang gak gitu suka cream atau cemilan yang manis agak kurang suka ya.. karena dessert ini memang rasa manisnya dominan.
Namun dengan menggunakan brown sugar yang di-mix dengan gula palem, manis pada pie ini masih bisa ditolerir menurutku :) Sedangkan whipping cream yang rasanya tidak begitu manis sangat membantu menetralkan rasa manis pada pie ini. Bisa juga gunakan pisang yang tidak terlalu manis seperti pisang cavendish untuk menyeimbangkan rasa manisnya.

Untuk Banoffee Parfait, bahan-bahannya mirip dengan yang classic. Tapi untuk crustnya tidak perlu dicampur dengan lelehan mentega. Tinggal disusun aja remahan biskuit, toffee – caramel, banana, cream dan parutan coklatnya sesuai selera ke dalam secangkir gelas. Rasanya juga enak banget! :) Gampang kan? Gak perlu dipanggang pakai oven. So.. Selamat mencoba! ;)

6 Comment

  1. jeani apriyanti says: Reply

    Hi,mba nieke..saya org pekanbaru yg tggl jg dipekanbaru…mba nieke tggl dmn?btw banoffe pie nya yg pesen dipekanbaru yg enak belinya dmn ya mba…

  2. […] Resep bisa dilihat di sini […]

  3. Dian says: Reply

    Bahan dan cara buatnya sangat simple, pengen coba dirumah.

  4. Lusi says: Reply

    Mba brown sugar bs diganti jd gula pasir biasa?

Leave a Reply