Recipe: Banana Honey Pikelets

Lagi pengen bikin camilan sore buat teman minum teh.. Jadi inget beberapa waktu yang lalu pernah nyimpen beberapa resepnya Donna Hay yang simpel, praktis dan sepertinya enak. Pas dibuka-buka lagi aku pilih resep Banana Honey Pikelets ini. Soalnya bahan-bahannya ada semua di rumah. Selama ini Alif dan Ayahnya juga suka banget dibikinin pancakes..

Yap..! Pikelets ini memang mirip dengan pancakes. Bahkan aku pikir ini 11-12 dengan pancakes. Tapi ternyata setelah aku googling, pancake dan pikelets ini juga punya perbedaan. “Pikelets” lebih banyak disebut di kawasan Selandia Baru, Australia, atau di beberapa bagian wilayah Britania. Sedangkan “pancakes” lebih sering dipakai di Amerika, Kanada dan sebagian besar wilayah Britania. Kalau diliat dari segi ukuran, pikelets biasanya dibuat dengan diameter yang lebih kecil dibandingkan pancakes. Selain itu biasanya pikelets dibuat lebih tebal dengan tekstur yang lebih berat (tapi pikelets yang aku bikin ini lembut banget sih ;)) ), sedangkan pancakes lebih datar dengan tekstur yang lembut. Pikelets biasanya dibuat untuk camilan sore disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin, bahkan biasa disajikan setelah disimpan di dalam kulkas. Sedangkan pancakes biasanya disajikan untuk sarapan pagi dalam kondisi hangat-hangat. Selain itu, (meskipun tidak selalu) pikelets terkadang dibuat dengan menggunakan ragi, sedangkan pancakes dengan baking powder. (Sumber: dari sini.)

Pikelets Header

Untuk resep pikelets ini aku dapatkan dari situsnya Donna Hay di sini. Ini dia resepnya:

Bahan-bahan:

  • 150 gr self-raising flour
  • ½ sendok teh baking powder
  • 1 bh pisang ukuran besar / 2-3 bh pisang uk sedang yang matang, haluskan dgn garpu / food processor hingga bertekstur seperti bubur bayi
  • 2 sdm madu, (plus tambahan secukupnya untuk topping)
  • 180ml susu (aku pakai susu cair UHT plain)
  • 1 butir telur ukuran sedang
  • aneka topping sesuai selera
Cara membuat:
  1. Letakkan tepung dan baking powder ke dalam sebuah wadah, ayak.
  2. Di wadah terpisah, campurkan pisang, susu, telur dan madu, aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  3. Secara bertahap, campurkan adonan tepung ke dalam adonan pisang. Lalu aduk hingga adonan bercampur merata hingga halus.
  4. Panaskan wajan anti lengket dengan api sedang. (Bisa lelehkan sedikit mentega terlebih dahulu pada pemanggangan pertama). Lalu masukkan 1 sdm adonan ke atas wajan.
  5. Balikkan adonan jika bagian atas adonan sudah muncul gelembung udara.
  6. Panggang selama 1-2 menit atau hingga adonan berwarna kecoklatan.
  7. Angkat, sajikan bersama topping kesukaan Anda.

 

Aku menyajikan pikletes ini dengan madu, yoghurt atau aneka sirup topping yang netral seperti caramel (jangan pake rasa berry2an yah nanti rasanya bentrok sama rasa pisangnya yang dominan). Atau terkadang aku olesi atasnya dengan margarin saat masih hangat-hangat lalu olesi lagi atasnya dengan sirup maple atau aneka selai kesukaan seperti coklat. yum yuuumm..! ;))

Ternyata pikelets ini jadi favorit banget di rumahku karena teksturnya yang bener-bener lembut dan wangi pisangnya yang nikmat. Sampai-sampai aku diminta bikin lagi sama orang rumah untuk cemilan sore kami :)

Recommended recipe! :) Selamat mencoba! ;)