Recipe: Standby Brownies

Lagi-lagi terinspirasi setelah nontonin acaranya Donna Hay di TLC. Kali ini mau coba bikin Standby Brownies-nya yang keliatannya sederhana banget bahan-bahan dan cara membuatnya. Apalagi udah dapet pengalaman di resep sebelumnya yang sukses gitu malah jadi penasaran sama resep-resep nya Donna Hay yang lain. Hihihii ;)) Sebelumnya aku belum pernah bikin brownies. Mungkin karena selama ini suka dapet brownies yang manis banget jadinya gak terlalu pengen bikin brownies. Tapi akhirnya penasaran juga sama resep ini setelah liat  di TV Donna Hay bikin brownies ini. Trus karena di TV suka ketinggalan ngikutin resepnya, akhirnya aku gugling aja dan nemu resep Standy Browniesnya di sini. Aku juga kurang paham kenapa dinamain Standby Brownies. Yah pokonya namain aja deh dengan nama yang sama dengan yang punya resep. Hehe.. :D Resep kali ini aku tambahin topping irisan kacang almond untuk setengah loyang dan setengahnya lagi aku biarkan polos dengan taburan bubuk gula di atasnya. Ini dia resepnya:

Standby Brownies Header

Bahan-bahan:

  • 150 gr mentega (aku pakai margarin aja yang lagi ada di rumah)
  • 1¼ cups (275 gr) gula caster (buatku ini kemanisan, bisa dikurangin / diganti bahannya sesuai selera)
  • ¾ cup (75 gr) cocoa powder
  • 1 sdt vanilla extract
  • 3 butir telur
  • ½ cup (75 gr) plain (all-purpose) flour
  • (tambahkan topping seperti irisan kacang almond bila suka)

Cara membuat:

  1. Panaskan oven pada suhu 160°C (325°F).
  2. Letakkan mentega, gula, dan bubuk cocoa dalam sebuah wadah. Panaskan pada suhu paling rendah hingga mentega meleleh dan aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  3. Angkat, tuangkan ke dalam sebuah wadah. Masukkan vanila, telur dan aduk hingga rata. Masukkan tepung secara bertahap dan aduk kembali.
  4. Masukkan adonan ke dalam cetakan berukuran 20x20cm yang sudah berlapiskan kertas kue anti lengket di dasar dan sekeliling cetakan.
  5. Bakar selama kurang lebih 30-35 menit atau hingga matang (kenali oven masing-masing. Untuk ovenku adonan baru pada setelah dibakar selama 40 menit).
  6. Biarkan dingin saat masih di dalam cetakan, lalu potong menjadi kotak-kotak saat ingin disajikan.

Untuk rasanya, buatku brownies ini masih kemanisan. Mungkin kalo nanti kepengen bikin lagi takaran gulanya mau aku kurangin atau diganti dengan bahan lain yang gak terlalu manis. Buatku makan 2 potong aja udah cukup. Tapi Alif dan adikku suka banget. Apalagi Alif yang gak mudah dikasih “lampu hijau” buat makan makanan manis.. baginya brownies ini seperti berkah. Hahaha.. :)) Alif seneng banget sama brownies ini. Sampe-sampe keingetan pas malam sebelum tidur. Dia minta lagi browniesnya tapi udah kehabisan. Trus akhirnya nangis minta Bunda bikinin lagi.  Ntar deh nak kita bikin lagi asal sikat giginya teratur terus.. Hihii.. ;))

Untuk bahan dan cara membuatnya sederhana kan? So, selamat mencoba! ;)

Leave a Reply