Recipe: Kue Cubit Green Tea

Kalau beberapa tahun belakangan ini aneka cemilan yang bertemakan rainbow menjadi inceran para penikmat kuliner, mulai dari akhir tahun lalu hingga saat ini sepertinya green tea siap melengserkannya. Aneka kuliner bertemakan green tea mulai ngehits dan sangat diincer sama penikmat kuliner “kekinian”. Banyak makanan yang dibuat versi green teanya. Dan konon, apa aja kalau di-green tea-in pasti deh laku! Hihii… ;)) Mulai dari green tea cake, martabak green tea, spaghetti green tea, burger green tea dan bahkan yang lebih kekinian saat ini ada kue cubit green tea..! Aaaakk.. aku suka kue cubit :)) Ini cemilan favorit jaman kuliah dulu :) Inget banget dulu kalau pulang kampus mesti deh beli kue cubit. Minta sama abang yang bikin supaya dibuatkan versi setengah matengnya.. hmm.. yummy! Gitu aja udah enak, apalagi ini dipakein green tea :D Sebagai penggemar green tea latte aku rasa inovasi rasa baru kue cubit ini pastinya menggiurkan banget. Apalagi kalau di atasnya ditambahkan aneka topping yang lebih kekinian juga seperti oreo, nutella, bueno, M&M, dan lainnya.. Huwaahhh.. Asli bikin mupeng! :D

Nah berhubung aku tinggal di kota kecil, cemilan kue cubit green tea ini masih susah ditemuin di sini. Akhirnya pas ada kesempatan jalan ke ibukota Pekanbaru aku hunting deh cemilan ini. Ternyata juga belum banyak yang menjual kue cubit green tea yang kekinian ini di Pekanbaru. Untungnya aku masih sempat memesannya di salah satu bakul orang yang awalnya aku liat di instagram. Kue cubitnya aku pesen setengah mateng dengan rasa green tea dan original dengan aneka topping seperti oreo, cadbury dan mises keju.

Kue cubit yang aku beli di Pekanbaru

Tapi  kok kue cubit ini ngangenin yaa…?? Begitu balik ke Duri keingetan terus :( Setelah maju mundur cantik beberapa kali buat bikin sendiri kue cubit ini, akhirnya hari ini kesampaian juga bikinnya. Berhubung gak punya bubuk matcha, aku pake bubuk green tea latte instan yang aku pesen sama temen dan takarannya aku sesuaikan lagi. Ternyata rasanya enak! Green tea-nya malah lebih berasa pake yang resep ini, kue cubitnya gak pahit, gak kemanisan, dan ga hambar juga.. pokonya pas deh! ;) Resep aslinya aku dapat dari blog milik mba Deasi Amela ini (makasih ya mba resepnya :) ) dengan sedikit modifikasi dari aku. Kue cubit ini memang belum sama persis seperti yang versi abang-abang yang biasa aku beli dulu di kampus. Tapi rasanya tetap enak dan bikin merem melek.. hehe.. ;)) Nah trus karena masih penasaran, akhirnya pas percobaan kedua resep ini aku modif sedikit dengan menambahkan susu di dalamnya. Ternyata hasilnya semakin enak, pinggirannya lebih licin dan lebih empuk, lebih mendekati yang dijual di abang-abang :) Ini dia resepnya:

Kue Cubit Green Tea Nieke Header

Bahan-bahan:

  • 3 butir telur
  • 100gr gula pasir
  • 100gr tepung terigu
  • 100gr margarin, lelehkan
  • 1/2 sdt vanili ekstrak
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt green tea bubuk yang dilarutkan dengan 3sdm makan air panas (aku pakai 2 bungkus greentea latte instan merek Ara dilarutkan dengan 6 sdm air hangat)
  • 125 ml susu cair (tambahan dari aku)

Cara membuat:

  1. Masukkan telur dan gula, kocok sampai mengembang dan warnanya berubah menjadi pucat.
  2. Masukkan tepung terigu, sedikt demi sedikit dan aduk hingga rata. Tuang margarin cair, auik kembali. Lalu, masukkan soda kue, baking powder, dan vanili, dan larutan green tea bubuk. Aduk kembali. Lalu masukkan susu cair dan aduk hingga rata. (Tips dari mba Deasi Amela, biar si kue ngembang dan gendut pas dimasak, adonan jangan langsung dimasak, tapi diemin dulu selama kurang lebih 5 menit).
  3. Panaskan cetakan kue cubit diatas api paling kecil yang sudah diolesi margarin, masukkan adonan dan toping sesuai selera.

Kue cubit percobaan pertama: belum ditambahkan susu cair. Tetep enak namun teksturnya lebih berat dan pinggirannya lebih berserat.

Percobaan kedua: kue cubit yang sudah ditambahkan susu cair. Rasanya lebih enak, lebih empuk, lebih licin. Perhatikan pinggirannya; lebih mulus tidak berserat.

Yang paling perlu diinget adalah api kompor harus sangat kecil. Aku pake api yang paling kecil malah yang udah hampir mendekati tombol “OFF”. Hihii.. ;)) Soalnya adonan akan mudah gosong pinggirannya kalo apinya gak diset yang paling kecil dan jadinya malah kurang empuk. Kue cubit ini paling enak dimakan sesaat setelah disajikan saat masih anget-anget. Kalo udah kelamaan kenikmatannya akan berkurang karena tekstur pinggirannya akan semakin mengeras meskipun tengahnya masih tetap empuk.

Ini temenku Dina yang udah nyobain kue cubit percobaan keduaku.. katanya enak & dia mau bikin juga! Hihii ;))

Untuk toppingnya aku pakai oreo dan kinder bueno kesukaanku. Selain itu aku membuat kue cubit ini sedikit setengah matang. Kenapa aku bilang sedikit? Karena aku tetep mengupayakan supaya kue cubitnya tetap matang merata di pinggir dan tengahnya tapi atasnya masih licin mengkilap dan sedikit basah. Buatku ini adalah tekstur kue cubit yang ideal. Silahkan membuat sendiri versi kue cubit kesukaanmu..! ;)

Gimana? Gampang kan? Selamat mencoba! :)

UPDATE..!!!

Kemarin waktu aku coba bikin donat panggang mini, aku baru ngeh kalo rasa dan tekstur donatnya mirip dengan kue cubit yang dijual di abang-abang. Aku rasa resep ini juga bisa dipake untuk membuat kue cubit green tea. Malah mungkin lebih menyerupai kue cubit ala abang-abang dengan resep yang ini dibanding yang sebelumnya :) Aku sendiri belum sempat mencoba sendiri jika adonan ini dicetak dengan menggunakan kue cubit, tapi karena penasaran juga sepertinya akan coba dalam waktu dekat ini :) Kira-kira mungkin seperti inilah jadinya resep kue cubit green tea yang mungkin rasa dan teksturnya lebih menyerupai kue cubit yang dijual abang-abang:

Bahan-bahan:

  • 225 gr tepung terigu (aku pakai yang protein tinggi, cakra kembar)
  • 130 gr gula pasir (aku pakai gula caster)
  • 1 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 tsp garam (skip kalau pake mentega / margarin yang salted)
  • 125 gr butter / margarin yang sudah dicairkan
  • 1 btr telur ukuran besar
  • 190 ml susu cair (aku pakai UHT yang plain)
  • 1/2 sdt green tea bubuk yang dilarutkan dengan 3sdm makan air panas (aku pakai 2 bungkus greentea latte instan merek Ara dilarutkan dengan 6 sdm air hangat/susu cair)

Cara membuat:

  1. Masukkan semua bahan kering ke dalam sebuah wadah, campur hingga rata.
  2. Di wadah lain campurkan telur, larutan green tea, lelehan mentega dan susu cair. Kocok dengan whisk hingga adonan menyatu dan creamy.
  3. Tuangkan adonan basah ke adonan kering secara bertahap sambil diaduk dengan whisk. Aduk hingga rata.
  4. Panaskan cetakan kue cubit dengan api yang sangaaaatttt kecil lalu olesi tipis permukaannya dengan margarin.
  5. Masukkan adonan ke dalam cetakan hingga adonan terisi3/4 di dalam cetakan.
  6. Intip pinggiran cetakan.. jika sudah set dan kematangan di bagian atasnya sudah pas seperti yang diinginkan, angkat kue cubit secara perlahan dari cetakan.

Jadi gak sabaran bereksperimen dengan resep yang satu ini. Kalau ada yang sudah mencobanya.. tolong sharing di kolom komentar yaa :) Terima kasih ;)

10 Comment

  1. […] ini memang mirip kue cubit abang-abang rasanya.. malah mungkin lebih mendekati resep ini dibanding resep kue cubit green tea yang pernah aku share sebelumnya! Apalagi setelah dibaca-baca lagi bahan-bahan kue cubit kemarin memang ada kemiripan. Cuma ini gak […]

  2. joe says: Reply

    Mbak.. klo untuk 1kg terigu,perbandingan bahan yang lainnya gmna ya?

    Thks mbk..

  3. Regita says: Reply

    kok aku bikin kue cubitnya atasnya kaya bolong2 gitu ya? biar ga bolong2 caranya gimana?

  4. Wah, kue cubit green tea. Enak nih, izin comot resepnya mbak.

  5. yui says: Reply

    Makasii resepnya, aku nyoba yg resep donat panggang mininya untuk kue cubit, dan berhasil!!! Enak seperti yg dijual di abang2! tp untuk baking powdernya 1 sdt & soda kue 1/2 sdt.

  6. mba takaran baking powder nya gimana… ? saya pake soda kue malah pahit….

Leave a Reply