Recipe: Bolu Kukus Moka

Dulu sebenernya mamaku seneng banget bikin kue. Tapi sejak aku mulai “kerajinan” mamaku lebih seneng makanin kue aja.. Ahahaha :)) Tapi kue-kue bikinan mamaku itu juga enak-enak. Salah satu kue yang dulu mamaku pernah bikin adalah bolu kukus. Yang aku inget bolu kukus moka adalah bolu kukus bikinan mama yang menjadi favoritku karena wangi dan rasa mokanya itu bener-bener nikmat. Karena udah kepalang pengen akhirnya weekend kemarin aku ngompor-ngomporin mama buat bikin bolu kukus lagi. Apalagi ternyata cara bikinnya sumper gampang, tinggal campur-campur, aduk, cetak. Tapi hati-hati, ya.. supaya hasilnya bagus, mekar sempurna dan tidak bantat, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan (lihat bagian “Catatan”). Untuk resepnya aku dapetin dari kumpulan resep yang ada dibuku mama. Ini dia resepnya:

Bolkus Moka Header

Bahan-bahan:

  • 550 gr tepung terigu protein rendah
  • 550 gr gula pasir
  • 6 butir telur ukuran sedang
  • 330 ml / 1 kaleng sprite
  • 3 sdt pasta moka (sesuai selera)
  • 1 sdt perasa vanilla
  • 1/2 bungkus TBM

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan kecuali sprite dan pasta mocca. Lalu aduk dengan hand mixer selama lebih kurang 15 menit.
  2. Masukkan sprite secara bertahap lalu aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.
  3. Cetak: a. Jika ingin adonan original yang dominan: ambil sekitar 8 sendok sayur adonan ke dalam sebuah wadah. Campurkan pasta moka ke dalam wadah yang sudah dipisahkan ini lalu aduk hingga rata. Tuangkan adonan putih ke dalam cetakan, isi hingga hampir penuh. Letakkan adonan pasta moka seperti lingkaran kecil di tengahnya. b. Jika ingin adonan moka yang dominan, ambil sekitar 2 sendok sayur adonan ke dalam sebuah wadah. Masukkan pasta moka ke adonan yang banyak. Tuangkan adonan moka ke dalam cetakan, isi hingga hampir penuh. Letakkan adonan putih seperti lingkaran kecil di tengahnya.
  4. Kukus adonan selama kurang lebih 10-15 menit.

Catatan:

  • Gunakan telur dengan suhu ruang, jangan gunakan telur dingin yang baru dikeluarkan dari kulkas.
  • Untuk mendapatkan wangi dan rasa moka yang diinginkan, tambahkan pasta moka sedikit demi sedikit. Tiap setelah diaduk rata, icip sedikit. Jika moka masih kurang terasa, pasta moka bisa ditambahkan lagi.
  • Hindari air uapan kukusan jatuh ke adonan. Balut tutup kukusan dengan kain bersih.
  • Jangan membuka tutup kukusan, khususnya di 10 menit pertama.
  • Hias bolu kukus sesuai selera aja.. kalau aku bereksperimen beberapa kali. Mulai dari yang di tengahnya cuma ditata adonan berwarna lain, sampai main ngacak-ngacak adonan pake tusuk gigi supaya keliatan lebih “bermotif”. Hihii.. ;))

Bebas bereksperimen untuk motifnya :)

Hasilnya bolu kukus ini super duper lembut, empuk, wangi moka dan mekarnya ituuuu… cantik! :) Hasilnya juga banyak banget nih.. aku sampe bisa bikin 60 cups untuk resep ini! Akhirnya dishare ke banyak tetangga deh.. hihii ;)) . Mungkin bisa juga dibuat setengah resep dulu biar gak kebanyakan hasilnya ;) Selamat mencoba ya! :)

Leave a Reply