Recipe: No-Bake Strawberry Cheesecake

Beberapa waktu yang lalu aku mendapatkan kesempatan mengikuti cooking class di kota tempat aku tinggal. Ini merupakan cooking class pertamaku. Ternyata seru juga ikutan cooking class, bisa nyimak cara memasak yang benar dari ahlinya langsung. Waktu itu resep-resep makanan yang didemokan juga diberikan sample nya untuk peserta. Ternyata hasilnya enak-enak. Salah satu makanan yang paling aku suka adalah strawberry cheesecake yang dibuat tanpa dipanggang dioven Ternyata meskipun membuatnya cukup sederhana, rasa dari kue ini sangatlah enak. Makannya sampe melek loh.. hihihii ;)) Yah, wajar aja, karena ternyata bahan-bahannya juga premium semua :) Karena membuatnya cukup mudah, tingkat kegagalan resep ini hampir gak ada. Hanya saja di sini sedang langka banget buah strawberry. Padahal pengennya bikin selai strawberry homemade untuk toppingnya. Karena udah kepengen banget akhirnya aku pake aja selai strawberry yang dijual di pasaran. Gak papa sih, toh tetep enak juga ;))

Cooking class pertamaku :)

Ini dia resepnya:

No Bake-Strawberry Cheesecake Header

Bahan-bahan:

  • 110 gr Biskuit Marie regal
  • 60 gr butter unsalted, lelehkan
  • 50 gr gula castor (untuk base)
  • 200 gr cream cheese (bisa ditambahin sedikit biar lebih nampol rasanya)
  • 50 gula castor (untuk lapisan cream)
  • 200 gr whipped cream bubuk, kocok dengan 400 ml air es
  • 1 botol selai strawberry

Cara membuat:

  1. Hancurkan biskuit marie. Campurkan dengan gula pasir.
  2. Masukkah lelehan butter dan aduk.
  3. Ambil loyang bulat bongkar pasang, letakkan adonan base di bagian dasar loyang.
  4. Ratakan dan tekan-tekan dengan menggunakan sendok.
  5. Simpan sementara ke dalam kulkas (chiller)
  6. Campurkan cream cheese dan gula pasir, aduk dengan mixer hingga cream cheese lembut dan tercampur rata dengan gula. Sisihkan.
  7. Di wadah lain, kocok whipped cream dan air es hingga padat. Masukkan adonan whipped cream ke dalam adonan cream cheese secara bertahap hingga habis. Aduk dengan mixer hingga tercampur rata.
  8. Keluarkan loyang dari kulkas. Masukkan adonan cream cheese ke atas adonan base. Ratakan.
  9. Tutup atas loyang dengan plastic wrap. Masukkan dan simpan ke dalam freezer selama 5 jam atau semalaman.
  10. Keluarkan loyang dari kulkas, letakkan selai strawberry di atasnya, ratakan. Hias sesuai selera.

Ternyata kalau hanya diolesi selai strawberry, kuenya terlihat kurang cantik. Akhirnya aku hias lagi atasnya dengan coklat roka yang kebetulan sedang ada di lemari :D

Waktu dipotong, ternyata base-nya mudah rapuh. Jadi begitu diangkat ke atas piring langsung tumpeh tumpeh deh tuh :)) Sepertinya lain waktu aku perlu menambahkan lagi lelehan butter supaya remahan biskuit dan gulanya lebih menyatu. Atau bisa jadi juga karena sewaktu meratakan base, aku kurang kenceng menekan-nekan sendoknya, jadinya kurang rapat dan jadi lebih berongga base-nya. Tapi gak papa sih.. rasanya tetep enak dan ludes dalam sekejap, tekstur tengahnya jadi mirip es krim tapi lebih kokoh dan kenyal ;) Mudah kan cara membuatnya? Selamat mencoba! :)

1 Comment

  1. […] sebelumnya aku pernah membuat cheesecake yang “No-Bake”, kali ini aku tertarik membuat cheesecake yang dipanggang. Sebenernya gak terlalu pengen bikin […]

Leave a Reply