Recipe & Tutorial : Chocolate & Cheese Pao

Sebelumnya aku pernah posting resep Chocolate pao dengan bentuk landak di sini. Nah, kali ini aku bikin pao lagi dengan 2 rasa dan bentuk: coklat dengan bentuk lebah dan pao keju dengan bentuk bunga. Untuk yang keju ini, caranya cuma dengan memarut keju cheddar batang aja, lalu bentuk jadi bulat. Lebih enak lagi kalo ditambahkan susu kental manis. Jadi ada rasa manis dari susunya. Untuk resep dasarnya, sama aja dengan yang pernah aku posting sebelumnya. Kalo ada yang belum baca, berikut ini aku tuliskan lagi resep dasar pao ini:

Bahan A:

  • 400 gr tepung protein rendah <– aku tambah jadi 500 gr
  • 100 gr tepung tang mien <– aku skip tepung ini ga ada di sini :(
  • 11 gr ragi instan
  • 25 gr susu bubuk
  • 100 gr gula halus
  • 5 gr baking powder

Bahan B:

  • 275 ml air dingin

Bahan C:

  • 70 gr mentega putih
  • 5 gr garam halus

Bahan Isi:

  • Coklat butir / meises atau potongan coklat batang sesuai selera (bisa juga dibuat versi keju susu dengan keju chedar parut dan susu kental manis)

Cara Membuat:

  1. Campur bahan A, aduk rata. Tuang bahan B hingga bergumpal-gumpal. Uleni hingga setengah kalis.
  2. Tambahkan bahan C, uleni terus hingga kalis dan elastis.
  3. Timbang adonan 30 gr, bulatkan hingga licin, istirahatkan selama 30 menit.
  4. Tipiskan adonan, beri isi dan bentuk sesuai selera. Istirahatkan lagi selama 20 menit hingga mengembang ringan.
  5. Kukus pao dengan alas kertas roti/daun pisang, kukus selama 15-20 menit dengan api sedang cenderung kecil (aku pake api nomer 4). Jangan lupa beri serbet pada tutup dandang agar air dari tutup tidak menetes ke pao.

Untuk membuat pao menjadi berbentuk bunga dan lebah, ternyata gak susah. Tapi memang harus sabar dan telaten aja. Hehe.. ;)) Untuk turotialnya, aku dapetin dari berbagai sumber waktu googling (bener-bener lupa nge-save linknya, kalo ada yang tau, feel free untuk kasih tau di kolom komentar ya :) ). Ini dia tutorialnya:

Ada yang lucu nih pas aku ngasih pao ini ke Alif. Alif gemes banget pao ini. Katanya bentuknya lucu. Tapiii.. sayangnya Alif malah jadi gak “tega” makanin. Pas ditanyain kenapa, Alif cuma jawab, “nanti Buzz Buzz-nya mati”. Hihii.. duh nak.. bener-bener deh ;)) Tapi setelah dibujuk dan dikasih penjelasan kalo ini cuma makanan, Alif akhirnya mau nyobain dan dia suka banget..! :D

Ini pao keju berbentuk bunga, belum terlalu rapi.. tapi lumayan lah yaa.. hihii ;))

Ini pao coklat dengan bentuk lebah. Atasnya sedikit retak karena lupa menurunkan suhu sewaktu dikukus. Tapi ternyata rasanya masih enak dan empuk :)

Fancy Pao Header

Ini penampakan di dalamnya.. yang coklat lumer di mulut pas dimakan anget-anget. Kalo yang keju agak padet, mungkin lebih enak kalo kejunya dibiarkan seperti parutan aja.. :)

Lumayan juga kan bisa dibuat untuk bekal anak ke sekolah. Selamat mencoba, ya..! ;)

Leave a Reply