Recipe: Meringue Mango Roll Cake

Berhubung mamaku membuat kue untuk lebaran nanti dengan menggunakan puluhan kuning telur, akhirnya putih telurnya banyak yang gak kepake dan kesimpen gitu aja di dalam kulkas. Akhirnya aku hunting resep-resep yang bahannya banyak menggunakan putih telur. Ternyata banyak juga resep yang menggunakan banyak putih telur. Setelah dipilih-pilih, ketemulah beberapa resep yang sepertinya enak dan membuatnya tidak terlalu rumit. Salah satu resep yang akhirnya aku buat adalah Meringue Mango Roll Cake ini. Pemilihan buah mangga aku pakai karena ingin mengimbangi rasa meringue yang biasanya manis dengan rasa asam manisnya mangga. Kalau di resep aslinya menggunakan aneka berry-berry-an kaleng. Tapi aku pikir lebih bagus menggunakan buah segar, dan mangga adalah salah satu buah kesukaan keluargaku.

Roll cake ini sekilas bentuknya mirip dengan bolu gulung. Tapi untuk tekstur dan rasanya beda sekali. Roll cake meringue memiliki tekstur yang mirip sponge yang lembut sekali dan mudah hancur. Jadi sewaktu menggulung dan meletakkannya ke nampan memang rada tricky buatku. Alhasil meskipun awalnya cantik mulus tapi roll cake ini tampak memiliki beberapa bagian yang retak di atasnya :( Tapi kecantikan roll cake ini sedikit terselamatkan setelah bagian atasnya ditabur dengan gula bubuk.. hehehe ;))

Meringue Roll Cake Header

Ini dia resep aslinya aku dapatkan dari website Vemale di sini, dan kemudian beberapa bahan aku modif sesuai selera:

Bahan-bahan:

  • 5 butir putih telur suhu ruang (aku pakai dari telur ukuran sedang)
  • 125 gram gula pasir
  • 3 sdm tepung maizena
  • 1/2 sdt air perasan jeruk lemon (tambahan dari aku)
  • 1/2 sdt bubuk vanila ekstrak (tambahan dari aku)
  • 150 ml keju mascarphone (aku skip)
  • 150 gram raspberry & 150 gram blueberry kalengan (aku pakai 1 buah mangga gedong gincu & dipotong kecil-kecil, boleh diganti jenis mangga lainnya)
  • 150 ml thickened cream / krim pengental (aku pakai whipped cream yang sudah dikocok dengan air dingin)

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven. Sembari menunggu, siapkan loyang ukuran 30×30 kedalaman 2 cm. Olesi dengan mentega kemudian alasi dengan kertas roti. Sisihkan.
  2. Kocok putih telur dengan menggunakan mixer hingga lembut dan mengembang. Masukkan gula kemudian kocok kembali hingga adonan kaku dan warnanya mengkilat.
  3. Masukkan maizena kemudian aduk sebentar. Tuang air perasan jeruk lemon dan vanila ekstrak ke dalam loyang dan aduk kembali.
  4. Panggang kue dalam oven bersuhu 180 derajat celcius hingga matang dengan api atas dan bawah 9aku memanggangnya selama +/- 20 menit). Angkat. Diamkan.
  5. Siapkan kertas roti dan tata di atas permukaan datar. Taburi dengan gula halus.
  6. Keluarkan roti dari loyang kemudian letakkan di atas kertas yang sudah bertabur gula, lalu lepas kertas roti bekas memanggang. Diamkan kembali.
  7. Cincang kasar buah kalengan. Sisihkan.
  8. Kocok mascarphone dan krim pengental hingga kaku (aku kocok whipped cream bubuk dengan air dingin hingga kaku). Masukkan buah, kemudian oleskan pada roti (letakkan pada 1 sisi roti saja, bisa di tengah atau di pinggir).
  9. Gulung roti tersebut dengan perlahan, kemudian dinginkan selama 2 jam di dalam kulkas sebelum dipotong.

Setelah membaca resep dan mengocok adonan awalnya aku masih mencium bau anyir putih telur. Karena takut hasil akhirnya kurang memuaskan akhirnya aku tambahkan sedikit air perasaan jeruk lemon dan vanila ekstrak untuk menambah rasa dan wangi. Dan ternyata benar, baunya akhirnya hilang. Kue ini hasil akhirnya lembuuuutt sekali bahkan mudah hancur begitu masuk ke mulut. Aku sendiri sebenarnya gak gitu suka dengan kue ini. Mungkin hanya ingin mencoba 1 potong aja sebagai pencuci mulut, dan sudah.. tidak begitu tertarik yang potongan yang kedua. Tapi ternyata papa dan suamiku suka banget sampe minta tambah. Hmm.. jadi sepertinya kalau ditanya kue ini enak atau enggak, tergantung selera yaa.. :)

Overall, kue ini boleh juga dicoba sebagai salah satu usaha untuk menghabiskan sisa putih telur yang tidak terpakai. Selain itu jangan lupa mengikuti step by stepnya dengan benar supaya berhasil. Selamat mencoba..! ;)

Leave a Reply