Recipe: Mac and Cheese

Berhubung mama dan papaku sedang pergi ke Jakarta, aku sekarang ikut menyiapkan sarapan untuk keluargaku di rumah yaitu suami, anak, dan adik-adikku. Biasanya mama dan papaku nih yang jago masak, begitu papa mamaku pergi aku cukup bingung juga nyiapin sarapan keluarga :)) . Sebenernya aku biasa bikin sarapan yang standard aja seperti bikin tori tawar, pancake, mie, cereal… yah maklum soalnya ga bisa masak masakan seperti bubur ayam, lontong, pecel, nasi goreng, dan lain-lainnya itu. pernah bikin sih tapi rasanya gak begitu enak, soalnya bikinnya buru-buru sambil nyiapin yang lain. Jadi kalau bikinin sarapan biasanya aku lebih suka yang cepet aja. Soalnya masih harus nyiapin Alif dan suamiku yang mau berangkat plus beresin dapur *pembenaran*. Hihiii.. ;))

Mac and Cheese Header Nieke

Tapi lama-lama bosen sama sarapan yang itu-itu aja. Trus hunting resep aneka sarapan yang bikinnya cukup cepet dan ga pake repot. Akhirnya nemu resep Mac and Cheese dari blognya Eugenie Kitchen di sini (thanks Eugenie :) ). Aku pilih resep ini karena gak pake bahan-bahan yang susah dicari dan gak pake aneka keju-kejuan yang mahal. Awalnya aku sempet liat youtube-nya, wah ternyata memang cukup mudah membuatnya. bahan-bahannya aku pakai yang biasa ada di dapur aja (beneran deh ini gak mau repot banget :)) ). Tapi untuk metode pembuatannya aku sesuaikan lagi dengan cara yang menurutku lebih sederhana. Hehe.. ini dia resepnya:

Bahan-bahan:

  • 140 gr makaroni
  • 2 sdm unsalted butter (aku pakai margarin asin aja)
  • 2 sdm all-purpose flour (aku pakai terigu protein sedang yang ada di rumah)
  • 240 ml whole milk, suhu ruang (aku pakai 260 ml susu UHT cair plain)
  • 120 gr cheddar cheese (aku pakai cheddar kraft)
  • Garam dan black pepper sesuai selera
  • Aneka sayuran beku (lebih bagus lagi jika menggunakan potongan sayuran segar) dan smooked beef yang sudah dipotong kecil-kecil (tamabahan dari aku)

Cara membuat:

  1. Rebus makaroni dengan air mendidih. Kecilkan api hingga medium. Masukkan 1 sdt minyak goreng (supaya makaroni tidak saling menempel) dan 1 sdt garam ke dalam panci. Aduk. Dan masak hingga al dente (lebih kurang 10 menit), angkat, saring, sisihkan.
  2. Rebus aneka sayuran beku dan smooked beef ke dalam panci berisi air mendidih. Kecilkan api dan masak lebih kurang (3-5 menit atau hingga empuk). Angkat, sisihkan. Parut keju cheddar, sisihkan.
  3. Ambil wadah anti lengket. Lelehkan butter dengan api kecil. Lalu masukkan tepung terigu. Aduk hingga bahan-bahan tercampur (lebih kurang 2 menit).
  4. Masukkan susu cair secara bertahap. Lalu aduk kembali. Habiskan sisa susu dan aduk hingga adonan sudah mulai smooth, dan mulai mengental.
  5. Masukkan parutan keju. Aduk terus hingga semua keju meleleh.
  6. Masukkan makaroni, sayuran kering dan smooked beef. Aduk kembali. Tambahkan garam dan taburi blackpepper sesuai selera.
  7. Angkat. Sajikan hangat. Bisa juga disajikan dengan saus sambal dan tomat. Kalau suka dicocol pake saus sambal, kurangi black peppernya.

Awalnya aku ragu makaroninya kurang banyak. Tapi ternyata resep ini cukup untuk seluruh keluargaku di rumah (kira-kira menghasilkan 4-5 porsi). Rasanya yummy dan creamy banget. Padahal ini cuma pake keju cheddar biasa rasanya udah enak.. apalagi kalau pake aneka keju premium seperti red cheddar, parmesan, dan aneka keju premium lainnya pasti rasanya lebih nikmat lagi yaa.. hihiii.. ;))

Dan gak cuma buat sarapan, mac and cheese juga enak dinikmati sewaktu ngemil sore. Selamat mencoba, ya! ;)

Leave a Reply