Recipe: Baked Chicken Cordon Bleu

Masih dalam rangka ditinggal pergi sama mama.. akhirnya kepepet & hunting resep yang enak tapi mudah buat dibikin di rumah. Aku inget masih punya sisa beberapa lembar smoked beef yang udah hampir expired plus oregano yang belum pernah dipake. Hehe… bisa-bisanya aku beli oregano tanpa tau mau dipake buat apa :D Sebenernya udah lama sih pengen pake oregano tapi suka takut makenya.. takut rasanya aneh-aneh (padahal tinggal diicip dulu dikit yaa ;)) ). Akhirnya berani juga nyoba make untuk resep kali ini. Padahal resep aslinya ga pake oregano sih. Tapi karena wanginya menghipnotis begitu plastiknya aku buka, akhirnya aku beranikan diri aja deh nambahin oregano di resep ini ;))

Chicken Cordon Bleu. Makanan ini lebih sering dimasak dengan cara digoreng. Tapi demi mengurangi minyak, aku mencoba mencari resep yang memasaknya dengan cara dipanggang di dalam oven. Resep aslinya aku dapet di sini. Tapi untuk takaran bumbunya aku tambahin karena dada ayam yang aku pake ukurannya cukup gede. Sedangkan untuk kejunya aku pake keju cheddar slice biasa. Tadinya mau pake yang quick melt, tapi kok belakangan ini rada susah nyari keju jenis ini, ya :( Oh tapi meskipun cuma pake keju cheddar biasa, rasanya tetep enak dan lelehannya menggugah selera banget begitu dipotong pas masih panas-panas :) Ini dia resepnya:

 Baked Chicken Cordon Bleu Header Nieke

Bahan-bahan:

  • 4 potong dada ayam tanpa tulang dan tanpa kulit
  • 4 slice smoked beef
  • 4 slice keju cheddar / melted cheese
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica
  • 1 btr telur ukuran besar, kocok lepas
  • tepung roti secukupnya untuk taburan
  • oregano secukupnya untuk taburan
  • minyak secukupnya untuk olesan loyang

Cara membuat:

  1. Belah dada ayam di tengah-tengahnya hingga dada ayam dapat dibuka dan berbentuk seperti kupu-kupu (potongan di tengahnya jangan sampai lepas).
  2. Taburi dada ayam dengan campuran merica dan garam.
  3. Isi bagian tengah dada ayam dengan keju dan smoked beef, lalu tutup dengan tusuk gigi.
    Guling-gulingkan dada ayam ke kocokan telur.
  4. Campur tepung roti dan oregano pada satu wadah & baluri seluruh permukaan dada ayam dengan campuran tersebut.
  5. Olesi seluruh permukaan loyang tahan panas dengan minyak. Tata dada ayam dan ciprat sedikit minyak di atas dada ayam.
  6. Panaskan oven dengan suhu 175 derajat celcius. Panggang selama lebih kurang 35 menit atau hingga dada ayam matang.

Perlu kenali oven masing-masing ya supaya bisa menghasilkan dada ayam yang lembut, juicy, dan memiliki tingkat kematangan sesuai keinginan :) Kalau masih ragu dengan kematangannya, pantau terus ovennya. Aku sendiri sempat membuka sebentar oven di menit ke-20 lalu membalikkan semua dada ayam di sisi satunya untuk menghasilkan permukaan dada ayam yang renyah merata ;)

Oya aku juga sempet iseng membuat saus seperti saus chicken cordon bleu yang pernah aku coba di salah satu restaurant. Tapi ternyata sausnya gagal, rasanya agak aneh dan kurang cocok kalau aku sajikan bersama ayamnya :( Akhirnya aku santap aja dengan campuran mayonaise dan saus sambal. Ternyata rasanya juga udah yummy dengan cocolan ini.. hihiii.. ;))

Selamat mencoba, ya..! ;)

Leave a Reply