Cerita si Bolu Bantat yang Yummy (+Recipe: Cream Cheese Ekonomis Bikinan Sendiri)

Karena udah kelamaan gak baking, akhirnya aku jadi kepengen baking lagi. Biasanya kalo lagi ga ada ide mau bikin apa, aku suka buka lemari dapur dan liat bahan-bahan yang ada di sana. Trus cek-cek semua bahan yang hampir kadaluarsa (bahkan kadang nemu aja yang belum dipake tapi udah kadaluarsa, hiks.. :'( ). Yang udah mau mepet tanggal langsung disisihin. Trus mikir mau dibikin apa ya bahan-bahan ini?? Nah pas banget waktu itu aku lagi punya stok coklat masak batangan 3 kotak belum dipake-pake dan udah mau kadaluarsa :D

Pas lagi hunting, nemu resep Chocolate Roll Cake. Sebagian besar resep kue ini menggunakan coklat bubuk, dan coklat masak batangnya hanya dipakai untuk membuat chocolate ganache-nya aja. Tapi setelah itu aku nemu resep chocolate roll cake di Youtube yang adonan bolunya menggunakan coklat batang. Asik! Ini dia resep yang aku cari! Udah ngebayangin aja tuh roll cake-nya bakal lebih nyoklat banget rasanya dan bakalan yummy banget.

Pas liat bahan-bahan di resep aku langsung hunting beberapa bahan yang ga tersedia di rumah. Salah satu bahan yang aku cari adalah butter. Trus karena takut gagal (karena konon bikin bolu ini rada tricky juga soalnya), aku belum berani pake bahan-bahan mahal. Akhirnya beli butter curah aja di toko kue. Pas mbaknya ngasih butter ke aku, aku bingung karena butter-nya ga kayak butter yang biasa aku pake. Trus aku jadi mikir jangan-jangan ini margarin, bukan butter. Udah ada keraguan gini aku masih ga nanyain lagi sebelum bayar ke kasir :( Dan sampai di rumah langsung eksekusi.

Bolu Gulung Coklat Nieke Header

Ternyata pas bikin adonan roll cake, adonanku berminyak banget. Firasatku mulai gak enak. Tapi tetep aja aku lanjutin bikinnya. Sampai ke tahapan pemanggangan, aku makin yakin cake ini gagal karena setelah roll cake dipanggang 15 menit, adonanku masih ga naik dan masih basah banget. Trus aku tambah 5 menit lagi. Masih ga naik dan basah juga. Terakhirnya aku tambah 5 menit lagi dan jadilah totalnya jadi 25 menit! Duh, udah bingung dan makin nyesek liat hasil akhir si roll cake ini.

Karena waktunya aku tambah otomatis di beberapa bagian cake ini jadi agak kering, dan pas digulung jadi ada retak di sana sini. Okelah retaknya ini bisa diatasi setelah bagian atasnya disiram coklat ganache. Tapi pas digulung cake ini malah banyak patahannya!

Haduh. Makin pusing kepala rasanya. Dan sedih minta ampun karena baking kali ini aku bener-bener ga ngikutin feeling dari awal. Karena kecewa berat, kuenya udah mau dibuang aja. Tapi karena penasaran akhirnya kuenya aku icip dikit. Eh ternyata enak juga nih si kue bantat! Sambil mewek aku oles di atasnya dengan cream cheese ala-ala bikinan sendiri dan buah cherry di tengahnya. Trus habis didinginin di kulkas atasnya aku siram coklat ganache dan lelehan coklat batang dan whipped cream. Tambah enak lah kue ini rasanya! Pas dicobain ke keluargaku di rumah, semuanya malah pada bilang enak. Adikku sama Alif malah minta tambah terus, suamiku rikues mau bawa beberapa potong untuk dimakan bersama teman kerjanya, tapi aku menolak karena malu kueku bantat.. hehe ;)) .

Padahal sebelumnya aku sempet kepikiran kue ini mau disulap jadi pop cake. Tapi karena cepet ludes akhirnya dimakan gitu aja bareng keluarga di rumah. Rada heran juga sih soalnya pas lagi bikin kue yang gak bantat, reaksi orang-orang di rumah ga sampai segininya! Hihiii… ;)) Jadi terobati deh kekecewaan ngebuat kue bantat. Dan karena kuenya bantat, aku gak berani share resep si bolu di sini :) Tapi ada yang menarik nih.. karena udah tau kuenya gagal, aku ga mau make bahan-bahan premium untuk pelengkapnya. Akhirnya untuk filling-nya pun aku ga pake cream cheese yang menurutku harganya cukup mahal. Alhasil aku bikin “cream cheese” ekonimis ala-ala.. tapi meskipun ekonomis ternyata rasanya uenak loh! ;)) Ini dia resepnya yang aku coba-coba sendiri :

Cream cheese frosting ekonomis

Bahan-bahan:

  • 100 gr keju cheddar, parut
  • 100 ml susu cair plain
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 1/2 cup whipped cream yang sudah dokocok kaku (sesuai selera)
  • 2 sdm gula bubuk / powder

Cara membuat:

  1. Campurkan susu cair dengan maizena, aduk rata.
  2. Panaskan di atas loyang anti lengket dengan api kecil.
  3. Masukkan keju, aduk hingga keju larut. Angkat. Dinginkan sebentar.
  4. Campur adonan cream cheese dengan kocokan whipped cream dan gula bubuk. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan baik. Dinginkan sebentar di dalam kulkas.
  5. Keluarkan jika ingin disajikan.

(Di beberapa resep cream cheese bikinan sendiri yang aku baca, ada yang menyarankan menggunakan yoghurt untuk campurannya. Tapi karena adik-adikku gak begitu suka jadi gak aku pakai).

Rasanya yummy banget! Resep ini juga bisa dipake untuk filling kue lain atau bahan topping cupcake.. tinggal sesuaikan aja kekentalannya dengan mengira-ngira seberapa banyak whipped cream yang dipakai, sesuaikan saja dengan selera :) Lumayan kan kalo lagi kepepet gak ada persediaan filling & topping untuk kue di rumah.. hihii ;))

Jadi, jangan langsung drop kalo kue jadi bantat ya.. ;) Pasti ada hikmah di balik semua ini… *tshaaahh :)) *

1 Comment

  1. […] improvisasi. Untuk frosting-nya aku pakai resep cream cheese yang udah pernah aku buat sebelumnya di sini. Tapi whipped cream-nya aku pakai 2 sdm aja soalnya pengen topping yang teksturnya agak kaku dan […]

Leave a Reply