Recipe: Carrot and Cinnamon Cake

Pas lagi ngintip-intipin isi kulkas, nemu sisa whipped cream untuk isian roll cake kemarin. Akhirnya aku kepikiran pengen baking lagi.. mikir mau dibikin apa nih whipped cream-nya, ya?? Ngobok-obok resep yang udah dikumpulin di bookmark, eh nemu resep Carrot Cake yang sepertinya gampang, yummy dan semua bahan-bahannya pas lagi ada di rumah. Karena dari hasil akhir kue ini rasa wortel dan cinnamon-nya paling dominan, jadi aku namakan aja jadi Carrot and Cinnamon Cake :) Aku nemu resepnya di sini dengan konversi takaran bahan yang aku sesuaikan dalam gram dan ml:

Carrot & Cinnamon Cake Header Nieke

Bahan-Bahan:

  • 225 gr wortel yang sudah dikupas dan diparut (kurang lebih dari 3 bh wortel ukuran sedang)
  • 150 gr gula pasir
  • 120 gr tepung terigu protein sedang
  • 160 ml minyak (aku pakai 150 ml corn oil)
  • 1 sdt soda kue
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1 sdt bubuk cinnamon / kayumanis
  • 1/4 sdt garam
  • 2 butir telur ukuran sedang, kocok ringan
  • Cream cheese frosting & sprinkles untuk topping (sesuai selera)

Cara membuat:

  1. Campurkan semua bahan kering dalam satu wadah. Aduk hingga tercampur rata.
  2. Di wadah lain masukkan parutan wortel dan minyak. Campurkan hingga merata.
  3. Secara bertahap masukkan campuran tepung, aduk dengan whisker hingga seluruh bahan kering habis dan adonan tercampur dengan baik.
  4. Masukkan kocokan telur secara bertahap. Aduk hingga seluruh bahan tercampur.
  5. Siapkan loyang (aku pakai loyang cupcake). Masukkan adonan hingga cetakan terisi 2/3 nya.
  6. Panggang di dalam oven dengan suhu 350 derajat fahreinheit atau 180 derajat celcius selama kurang lebih 15 menit atau hingga adonan matang sempurna (lakukan tes tusuk).
  7. Keluakan kue dari oven. Dinginkan sebentar.

Pas dikeluarin dari loyang, aku pegang kue ini empuk banget. Tapi agak berminyak di sisi luarnya, mungkin kalo bikin lagi bisa dikurangi dikit minyaknya kali ya :) Sedangkan untuk penggunakan baking soda dan baking powder, sebenernya aku udah pengen ngurangin atau bahkan ngilangin, tapi karena kemarin baru bikin kue bantat, aku masih takut-takut buat improvisasi. :( Untuk frosting-nya aku pakai resep cream cheese yang udah pernah aku buat sebelumnya di sini. Tapi whipped cream-nya aku pakai 2 sdm aja soalnya pengen topping yang teksturnya agak kaku dan gak gampang meleleh.

Ternyata kue ini yuuuummmyyy banget! Empuk! Bahkan masih empuk saat kue ini udah dingin. Aku malah sengaja menyisakan 1 cup untuk dimakan besoknya, aku simpen di dalam wadah tertutup. Ternyata kue ini masih OK aja empuknya dan masih enak! So, it’s a very recommended recipe, selain gampang, mudah, juga puas sama hasil akhirnya ;)

1 Comment

  1. […] resepnya aku pakai resep carrot cake yang sebelumnya pernah aku bikin. Tapi karena cake ini punya 2 layer akhirnya untuk bahan-bahan yang tahap […]

Leave a Reply