Recipe: Cheese Bread Stick

Beberapa waktu yang lalu aku sempet nyimpen resep Cheese Bread Stick ini. Waktu itu habis hunting resep snack untuk keluarga di rumah yang gampang dan enak. Pas banget nemu resepnya di blog mba Hesty (makasih banyak ya mba udah share resepnya :) ) di sini. Tapi waktu itu belum sempet eksekusi, malah lebih memilih membuat resep lain karena mau menghabiskan beberapa stok bahan makanan yang udah mau expired. Tapi kalau keluarga lagi ngumpul seperti sekarang-sekarang ini berasa banget suka “sakau” cemilan :)) Hihii.. maklum, keluargaku di rumah pada doyan ngemil semua :)) Akhirnya dieksekusilah resep ini.

Cheese Bread Stick Header

Hasil akhirnya bisa bikin sampe 5 loyang, 1 loyang bisa disusun kurang lebih 7-10 stik. Nah, pas percobaan di loyang pertama, stiknya aku giling rada tebel dan taburan kejunya kurang banyak. Suami rada protes katanya kalo stiknya tebel gitu kejunya malah kurang berasa apalagi taburan kejunya juga ga banyak. Akhirnya untuk loyang berikutnya kejunya aku banyakin dan gilingnya rada tipis, dan ternyata bener.. lebih sip! ;) Ini dia resepnya:

Bahan-bahan:

  • 100 gr keju parut (aku pakai keju cheddar, bisa ditambahkan sesuai selera)
  • 350 gr terigu protein sedang
  • 1/2 sachet ragi
  • 1/2 sdt garam halus
  • 150 ml air
  • 75 ml minyak zaitun
  • Taburan: parutan keju cheddar + parmesan
  • Olesan: minyak zaitun

Cara Membuat:

  1. Campur semua bahan kering+keju, aduk rata
  2. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diulen, masukkan minyak dan uleni hingga kalis
  3. Giling tipis adonan, lalu bentuk adonan dengan pisau pizza atau pisau biasa hingga memanjang seperti stik (atau bentuk sesuai selera)
  4. Olesi bagian atas adonan dengan minyak, taburi dengan parutan keju (aku menambahkan parutan keju sebanyak mungkin biar tambah berasa kejunya ;)) ).
  5. Panaskan oven dengan suhu 150 derajat celcius / 300 derajat fahrenheit. Panggang adonan selama kurang lebih 30 menit atau hingga adonan matang (kenali oven masing-masing. Untuk adonan ini ovenku membutuhkan waktu panggang selama 35-40 menit. Aku lebih suka tekstur yang cenderung kering dan crunchy :D ).

Awalnya untuk loyang pertama aku bakar sesuai resep selama 30 menit. Sip sih, tapi kurang garing. Akhirnya pas memanggang loyang yang kedua, waktu panggangnya aku tambah lagi jadi 35 menit. Ternyata hasilnya tambah sip. Trus pas bikin untuk loyang yang ketiga aku kelupaan memantau oven.. akhirnya loyang yang ketiga ini terpanggang selama 40 menit. Eeehhh ternyata makin enak loh! Makin garing jadi rasa kejunya makin mantab :D Jadi sesuaikan dengan selera aja ya untuk waktu memanggangnya, dan kenali juga kondisi oven masing-masing :) Untuk tampilan akhirnya, aku masih merasa stik ini warnanya agak pucet. Aku sempet mikir.. stik ini bisa jadi sedikit lebih bewarna dan atasnya lebih mengkilap kalau olesannya aku ganti dengan kocokan telur. Tapi ntahlah, aku sih belum pernah nyoba. Next time aku mau coba mengganti olesannya ini.

Untuk aromanya, stik ini wangi keju banget begitu keluar dari oven. Sebagian stik aku simpen di dalam wadah tertutup, dan baru dikonsumsi besoknya. Ternyata rasa dan aromanya masih ga berubah, masih garing dan wangi keju banget :D Gimana? Gampang banget kan bikinnya? Selamat mencoba! ;)

1 Comment

  1. Yenny says: Reply

    Mbak, mau tanya pake api atas atau bawah? Thanks.

Leave a Reply