Recipe: Hong Kong Egg Tart

Beberapa tahun lalu sewaktu jalan-jalan ke Bali aku sempat membeli oleh-oleh khas Bali, Pie Susu. Ternyata pie susu ini rasanya enak banget dan bikin nagih ;)) Akhirnya aku penasaran dan sempet hunting resep pie susu. Tapi waktu itu belum sempet kepikiran untuk langsung membuatnya karena aku gak punya cetakan pie susu.

Terus pas lagi hunting resep sana sini nemu beberapa resep Egg Tart. Ada berbagai versi, ada Hong Kong Egg Tart dan ada yang versi Portuguese Egg Tart. Perbedaannya ada di adonan crust dan filling-nya. Kalau aku perhatikan Hong Kong Egg Tart ini crust-nya mendekati mini fruit tart yang sering aku temui, dan filling-nya pakai adonan custard dan telur. Sedangkan versi portuguese ini kebanyakan menggunakan puff pastry untuk crust-nya dan filling-nya lebih creamy karena menggunakan berbagai jenis cream *CMIIW*.

Nah, bagaimana dengan pie susu khas Bali? Aku sering melihat pie susu khas Bali yang menggunakan susu kental manis di dalam adonan filling-nya, sehingga pie ini memang lebih manis ketimbang Hong Kong Egg Tart. Sementara untuk crust-nya menurutku masih agak mirip. Hmm.. aku semakin penasaran dengan Hong Kong Egg Tart ini. Sama sekali gak ada ekspektasi kalo rasanya bakal mirip pie susu Bali karena memang yakin bakal beda kalau diliat dari bahan-bahannya, jadi tidak bisa dikatakan jika pie susu Bali mirip dengan Egg Tart :)

Untuk resepnya aku dapetin dari mba Nikmatul Rosidah di sini (makasih ya mba :) ). Karena di sini susah banget nemuin susu evaporated, aku menggantinya dengan susu UHT full cream, ternyata hasilnya sama sekali tidak mengecewakan ;) Ini dia resepnya:

Bahan-bahan:

  • 300 gr tepung terigu protein sedang
  • 150 gr mentega (aku pakai margarin serba guna blue band)
  • 1 btr telur ukuran sedang, kocok lepas
  • 1/4 sdt vanila, untuk campuran crust (aku pakai vanila bubuk)
  • 240 ml air
  • 120 gr gula pasir
  • 3 btr telur ukuran sedang
  • 100 ml susu evaporated (aku pakai full cream UHT plain)
  • 1 sdt vanila, untuk campuran isi (aku pakai yang bubuk)

 

Cara membuat:

  1. Buat kulitnya;
    Ayak tepung dan gula halus lalu masukkan butter dan remas remas ditepung sampai menjadi butiran dan masukkan telur bersama vanila, uleni sampai jadi adonan tercampur rata.
  2. Oles cetakan pie dengan minyak / margarin dengan tipis, sisihkan.
  3. Bulatkan adonan pie. Simpan sebentar di dalam kulkas sekitar 30 menit, sebelumnya cover adonan dengan menggunakan plastic wrap. Saat adonan akan dicetak, keluarkan dari kulkas. Aku membagi adonan dengan cara menimbangnya tiap 30 gr lalu dibulatkan seperti kelereng. Lapisi bagian atas dan bawahnya dengan plastic wrap. Letakkan piring di atasnya, lalu tekan hingga adonan menjadi gepeng dan kira-kira lebarnya mencukupi untuk meng-cover seluruh cetakan.
  4. Pindahkan adonan ke cetakan hingga seluruh cetakan ter-cover dengan adonan. Rapihkan bagian atasnya dengan pisau. Lalu tusuk bagian tengahnya dengan garpu.
  5. Siapkan filling; Siapkan air dan masukkan gula pasir masak diatas api sampai gula larut lalu tunggu biar dingin.
  6. Kocok lepas ke 3 telur bersama vanila lalu tuang ke air sambil disaring (biar tidak berbusa) lalu masukkan susu, aduk lalu saring kembali.
  7. Tuangkan filling ke dalam adonan crust hingga hampir penuh.
  8. Panaskan oven, panggang dengan suhu 180 derajat celsius (aku pakai 150 derajat celcius aja). Panggang di rak bagian tengah selama lebih kurang 20 menit (aku memanggangnya sampai 50 menit) atau hingga adonan isi sudah set dan matang (kenali oven masing-masing, ya), hindari bagian tengah yang menggembung, jika ini terjadi coba rendahkan suhu oven atau buka sebentar oven.

Egg Tart ini begitu keluar dari oven akan keliatan agak naik filling-nya. Tapi begitu ditunggu beberapa menit setelahnya akan kembali menyusut. Crust-nya renyah seperti cookies tapi empuk, gak keras dan gak mudah hancur atau rapuh :) Aku juga menyimpan sebagian egg tart di dalam wadah tertutup lalu aku simpan ke dalam kulkas. Besoknya, aku keluarkan dulu hingga egg tart berada disuhu ruang. Ternyata crust-nya masih empuk sekali dan rasanya tetep enak.

HongKong Egg Tart Nieke Header

Oya, sewaktu membuat adonan, ternyata filling-ku kelebihan dan aku terlalu males untuk membuat crust tambahan.. hehehe ;)) Akhirnya aku tuang sisa filling ke dalam beberapa ramekin / wadah tahan panas lalu aku panggang bersama adonan egg tart. Jadinya seperti puding :D . Aku dinginkan dulu lalu aku simpan di dalam kulkas. Besoknya puding ini aku makan sebagai dessert dan aku sajikan bersama selai strawberry di atasnya. Umm.. yummy banget! :))

Selamat mencoba, ya..! ;)

Note: Untuk crustnya mungkin juga bisa dipake untuk bikin cookies atau untuk membuat crust pie dengan diameter loyang yang lebih besar.. kapan-kapan coba, ah.. ;))

Leave a Reply