Recipe: Bolu Karamel Kukus (Tanpa Telur)

Awalnya aku mau membuat kue “kepepet” dengan resep sederhana yang gak menggunakan banyak bahan. Aku membuatnya malam hari sebelum tidur, karena baru inget besok pagi akan kedatangan tamu dan di rumah sedang gak ada kue yang akan disajikan.. hihii.. ;)) Tapi sewaktu menyiapkan bahan-bahan aku sempet panik karena ternyata sedang gak ada stok telur satu butir pun di dapur. Waduh, padahal telur adalah salah satu bahan utama kue itu :(

Akhirnya aku langsung “banting setir” mencari resep apa saja yang tidak menggunakan telur. Trus nemu resep bolu sakura karamel kukus tanpa telur di sini (makasih ya mba resepnya :) ). Untungnya semua bahannya ada di dapurku. Tapi aku gak punya cetakan sakura, akhirnya pakai cetakan yang ada aja di rumah :D Ini dia resepnya:

Bahan-bahan:

  • 150 gr gula pasir
  • 250 ml air panas
  • 170 gr terigu (aku pakai protein sedang)
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1/2 sdt vanili (aku pakai vanili ekstrak bubuk)
  • 25 gr susu kental manis
  • 25 gr mentega/margarine, dilelehkan
  • 1/2 sdt kayumanis bubuk

Cara membuat:

  1. Buat karamel; panaskan gula pasir dengan api kecil. Pantau terus, jangan sampai gula terlalu pekat atau gosong. Goyangkan wajan dan aduk sesekali. Setelah meleleh dan kecoklatan, masukkan air panas. Masak sampai karamel larut sambil diaduk. Angkat, dinginkan.
  2. Masukkan susu kental manis, vanilli, dan margarin cair ke dalam larutan karamel. Aduk.
  3. Ayak terigu, baking powder, soda kue, dan kayu manis bubuk. Aduk. Lalu masukkan larutan karamel kedalamnya. Aduk sampai rata. Saring kembali agar adonan tidak menggumpal.
  4. Masukkan adonan dalam cetakan yang sudah diolesi minyak/margarin. Kukus dalam panci kukusan yang sudah panas dan beruap, kecilkan api. Lalu kukus dengan api kecil selama 25 menit sampai matang.
  5. Angkat cetakan. Dinginkan sebentar. Keluarkan bolu dari cetakan dengan hati-hati (aku menggunakan ujung pisau).

Bolu Karamel Kukus Header

Meskipun bolu ini terbuat dari karamel, tapi ternyata rasa manisnya pas dan tidak terlalu manis. Yang paling terasa dari bolu ini adalah rasa kayu manisnya. Teksturnya empuk sekali bahkan setelah disimpan di dalam wadah tertutup pada suhu ruang, bolu ini masih tetap enak dan empuk. Oya sewaktu mengukus sebaiknya langsung kecilkan aja apinya sampai yang paling kecil. Aku sempet lupa mengecilkan api diawal ngukus, akhirnya bagian bawah bolu agak menggembung dan merekah. Akhirnya bagian bawahnya aku potong dengan pisau agar bolu bisa diletakkan di wadah kertas. Tapi bagian bawah ini jangan dibuang loh karena rasanya enak banget! ;)

Selamat mencoba, ya! ;)

1 Comment

  1. Tiara says: Reply

    Bud, itu kalau jaman saya kecil sapa kayak kue tradisonal apem ya, kuenya menggunakan gula merah. Hanya saja sudah lama sekali entah jaman kapan sudah tidak pernah menjumpai lagi. Adanya kue apem yang warna warni dan rasanya sangat berbeda.

Leave a Reply