Recipe: Milk Bath Cake / Tres Leches Cake

Aku sering kesulitan mencari susu evaporasi di kota kecil tempat aku tinggal ini. Kalau pun ada, seringnya lagi gak kepengen juga bikin kue yang ada bahan susu evaporasinya. Tapi beberapa waktu yang lalu aku sempet kepengen banget bikin Egg Tart yang ada bahan susu evaporasinya. Akhirnya dengan semangat 45 aku ke toko yang dulu pernah ngejual susu evaporasi. Ternyata susunya udah ga restock. Gagal deh bikin saat itu juga. Nyesel banget rasanya :( Meskipun akhirnya aku nemuin resep yang OK dan ngasih solusi untuk penggantian bahan susu evaporasi ini. Tapi sempet geregetan juga sih karena udah kebayang kalau pake susu evaporasi, bisa jadi rasa Egg Tart-nya tambah enak. Sejak itu aku bertekad kalau nemu susu evaporasi lagi, ada atau gak ada resep yang ada bahan susu evaporasinya, aku kudu beli aja tuh susu.. setidaknya untuk stok! Hihii.. niat banget ya ;))

Akhirnya pas lagi belanja bulanan di supermarket, ketemu deh susu ini. Aku langsung beli 2 kaleng! Padahal belum kepikiran tuh mau buat apa :)) Suamiku nyeletuk deh, “Jangan sampe kejadiannya seperti tepung custard powder yang dulu terulang lagi..”. Hmm.. pernah dulu aku beli tepung itu hanya karena di sini barangnya langka. Akhirnya gak kepake-kepake sampe tepung itu expired. Ngehnya juga gara-gara mau bikin resep yang ada custard powder-nya. Kan jadi nyesek.. pas giliran mau dipake malah harus dibuang tuh bahannya :( Gak boleh kejadian lagi! Besoknya langsung cari resep yang ada bahan susu evaporasinya. Mau bikin Egg Tart lagi? Kayanya kok males, pengen bikin eksperimen baru. Nah, ketemu deh resep Milk Bath Cake dari chef Putri Miranda di sini http://kokiku.tv/read/85/resep-milk-bath-cake (thank you, chef :) ).

Milk Bath Cake ini katanya berasal dari Mexico. Kalo di sana suka disebut Tres Leches Cake, yang artinya kue dari 3 jenis susu. Susu apa aja tuh? Susu full cream, susu evaporasi, dan susu kental manis. Kalau googling hasil akhirnya, sepertinya kue ini menggiurkan banget. Iyalah.. susu gitu lho! Hihii.. ;)) Untuk adonan kuenya, kayanya sih gampang banget cara dan bahan-bahannya. Hasil akhirnya seperti butter cake biasa. Yang luar biasa itu karena butter cake ini disiram 3 jenis susu tadi. Plus di atasnya dihias pake chantilly. Tau chantilly ga? Aku juga barutau dari resepnya kokikutv. Hehe :D Kalo diliat dari bahan-bahan dan cara pembuatannya sih ini seperti krim kental kocok aja. Nah berhubung lagi ada stok krim bubuk di rumah, akhirnya chantilly-nya aku ganti dengan whipped cream bubuk. Ini dia resepnya:

Bahan Dasar:

  • 1 1/2 cup Tepung terigu (aku pakai protein sedang)
  • 1 sdt Baking powder
  • 1/2 cup Mentega
  • 3/4 cup Gula
  • 5 butir Telur
  • 1/2 sdt Ekstrak vanila (aku pakai 1 sdt vanila bubuk)

Bahan Milk Bath:

  • 2 cup Susu full cream
  • 1 kaleng Susu evaporasi
  • 1/2 kaleng Susu kental manis

Bahan Topping:

  • 200 gr whipped cream bubuk
  • 200 ml air dingin
  • Buah jeruk mandarin kaleng (tambahan dari aku)

Cara membuat kue:

  1. Masukkan mentega dan gula ke mixer, kocok sampai mengembang. Lalu tambahkan ekstrak vanila.
  2. Kocok telur, tuang ke dalam adonan.
  3. Campur baking powder dan terigu, aduk di wadah lain lalu campur ke adonan.
  4. Olesi mentega dan terigu di loyang yang akan digunakan.
  5. Tuang adonan ke loyang, ratakan (aku sempet pake sendok untuk olesan margarin, jadinya kuenya di beberapa sisi ada lubangnya karena margarin dari sendok ini yang belum lumer dan mengembang termasuk ke dalam adonan :( ) Jangan lupa digoyang-goyangkan dan dihentakkan dulu ke meja supaya tidak ada udara yang terperangkap di dalam.
  6. Panggang selama 30-40 menit dalam ushu 180 derajat celcius. Sebelumnya sudah dipanaskan terlebih dahulu ovennya.
  7. Setelah matang, tusuk-tusuk kue dengan garpu agar susu meresap.
  8. Tuang susu ke kue (mandikan kue dengan susu).
  9. Hias dengan topping. Lalu dinginkan di kulkas dan sajikan.

Cara membuat topping:

  1. Campurkan whipped cream bubuk dengan air dingin.
  2. Kocok hingga mengembang dan kaku, simpan di kulkas sebentar.
  3. Masukkan ke piping bag. Hias.

Kue ini pas mateng wanginya enak banget. Trus aku ambil garpu dan kuenya aku tusuk-tusuk dengan semangatnya, seakan-akan sedang meampiaskan emosi yang terpendam. Ahaha :)) Setelah itu baru deh aku siram sama susu, nanti susunya bakal meresap sendiri. Kalau kebanyakan biasanya susunya jadi rada menggenang di atas. Tapi ga papa, tetep enak kok! ;)

Milk Bath Cake Header Nieke

Trus aku masukkan ke wadah tertutup dan aku simpan di kulkas. Aku diamkan di kulkas selama semalaman, karena katanya lebih enak kalo disimpan dulu. Besoknya baru deh dibuat topping-nya dan dihias. Karena susu untuk siramannya berlebih banget, susu ini juga aku masukin ke wadah terpisah dan aku simpan di kulkas . Pas mau disantap, kuenya aku keluarkan sesuai banyaknya porsi yang mau dihidangkan lalu aku diamkan sebentar di suhu ruang. Baru deh aku siram lagi sama susu dinginnya. Uuuuhh.. enak banget! *Simpen timbangan*. Hihihiii.. ;)) Gampang banget deh bikinnya. Selamat mencoba, ya! ;)

4 Comment

  1. Inas says: Reply

    Waah terima kasih mba resepnya.. Pengen nyoba buat juga.. Tapi semaleman ya nunggunya.. Keburu lapeer ? Semoga ada kesempatan nyoba nanti.

  2. Cynthia says: Reply

    Siang… Mau tanya mbak, itu cup nya pake cup yg gimana ya? Soal nya saya kalo baking slalu main timbang, jadi kalo pake cup jadi rada bingung? Mksh?

  3. Yuyun says: Reply

    Waahh uenak banget keliatanx, pengen segera coba…
    Mba, klw ukuran 1 cup kira2 brp gram ya ?? Makasih sblmx ya mba ??

  4. Yanty says: Reply

    Kalau untuk yg ada rasa2 seperti rasa greentea/red velvet gimana mbak?

Leave a Reply