Recipe: Cheddar Cheesecake

Mood baking mulai naik lagi nih. Dalam seminggu ini aku bisa bikin sesuatu sampe 3 kali. Sebelumnya aku bikin roti yang lagi kekinian, Killer Soft Bread. Tapi berhubung failed berat gara-gara fillingnya keluar semua.. akhirnya ceritanya belum bisa aku share di blog ini. Tapi aku pantang menyerah kok, ntar juga bakalan coba bikin lagi. Tapi mungkin gak dalam waktu dekat, masih “ngambek” bikin roti. Hihihii.. ;))

Balik soal cheesecake. Sebelumnya aku udah pernah bikin Zebra Cheesecake, dan ternyata cheesecake ini jadi kue yang paaaallliiiing disukai sama keluargaku di rumah :D Tapi aku suka males bikin lagi, soalnya bikinnya lumayan ribet dan harga bahan bakunya lumayan mahal menurutku. Pernah ngerasa pengen buat lagi sih pas ultah suami tahun lalu, tapi berhubung waktu itu aku juga lagi fokus beberes rumah dan baking buat persiapan lebaran, akhirnya keinginan untuk membuat cheesecake itu pun pupus ;))

Trus kemarin entah mood darimana, akhirnya aku jadi kepengen bikin cheesecake lagi. Tapi setelah dipikir-pikir males juga beli cream cheese. Soalnya trauma dulu pernah beli cream cheese satu kotak, belum pernah dibuka, disimpen baik-baik di kulkas, disayang-sayang.. eh, gak taunya pas mau dipake cream cheese nya udah berjamur aja! :( Tapi kali ini karena udah kepengen banget bikin cheesecake, ditambah lagi habis googling photo-photo cheesecake di internet, akhirnya niat buat bikin cheesecake ini makin menjadi-jadi :)) Akhirnya habis googling dapet inspirasi untuk bikin cheesecake versi yang lebih murmer, cream chesse nya aku ganti sama keju cheddar dan butternya aku ganti margarin aja. Bagusnya lagi resep ini pake bahan-bahan yang irit banget. Tepung dan telurnya juga cuma dikit, gulanya gak banyak, dan gak perlu pake parutan dan air perasan jeruk lemon.

Aku dapet resepnya dari blognya mba Hesti di sini http://hesti-myworkofart.blogspot.co.id/2011/07/soft-cheddar-cheese-cake-with-blueberry.html (makasih ya mba untuk resepnya :). Hasil akhirnya sangaaattt enak! lebih gurih daripada cheesecake yang pake cream cheese dan kalau aku sih lebih suka yang ini karena lebih ngeju menurutku. Jadi, jangan sepelein rasanya, ya, meskipun bahan-bahannya irit dan murah meriah.. Hehe.. ;)) Daripada berlama-lama yuk disimak resepnya :

Bahan-bahan:

  • 100 ml susu cair (aku pakai UHT plain)
  • 125 gr keju cheddar parut (aku pake cheddar kraft)
  • 15 gr butter (aku pakai margarin blueband)
  • 30 gr terigu protein sedang
  • 24 gr maizena
  • 3 btr telur (aku pakai yang ukuran sedang, pisahkan putih dan kuningnya)
  • 1/4 sdt garam halus
  • 75 gr gula pasir
  • Topping: Sesuai selera (aku pakai selai strawberry dan blueberry)

Cara membuat:

  1. Panaskan oven di suhu 160 derajat celcius. Olesi loyang dengan margarin dengan tipis, alasi lagi dengan baking paper dan olesi kembali margarin dengan tipis (aku pakai loyang aluminium, jadi cukup olesi margarin dengan tipis sekali aja). Siapkan sebuah wadah yang lebih besar dan genangi dengan air. Masukkan wadah yang berisi air ke dalam oven (aku masukin semua loyangnya juga, salah baca instruksi, jangan ditiru :)) ). Kalau pakai loyang bongpas atau kalau khawatir loyang bocor, tutupi lagi bagian luar loyang dengan aluminium foil.
  2. Dalam panci, masukkan butter, susu, dan parutan keju. Aduk dengan hand wisk sambil dimasak dengan api kecil. Aduk terus sampai semua bahan larut. Angkat.
  3. Masukkan campuran terigu dan maizena yang sudah diayak ke dalam panci, aduk hingga rata. Masukkan kuning telur satu persatu dan aduk kembali hingga rata.
  4. Di wadah lain, masukkan putih telur dan garam. Aduk dengan mixer hingga putih telur berbusa. Masukkan gula pasir dan aduk kembali dengan mixer dengan kecepatan tinggi hingga adonan soft peak (kaku tapi tidak terlalu kaku, cukup hingga kaku berjejak dan kalau ujung mixer diangkat muncul jambul).
  5. Masukkan 1/3 adonan putih ke adonan campuran kuning telur. Aduk balik hingga merata. Masukkan semua adonan kuning ke adonan putih telur. Aduk balik kembali hingga merata (jangan sampai over aduk, hanya sampai adonan tercampur secara merata aja).
  6. Masukkan adonan ke loyang hingga terisi 3/4nya. Keluarkan wadah berisi air dari oven. Masukkan loyang ke tengah wadah berisi air dan bakar adonan dengan metode au bain marie. Turunkan suhu oven menjadi 150 derajat celcius. Lalu bakar selama lebih kurang 45 menit (aku 40 menit aja karena pake mini cup).
  7. Setelah matang, keluarkan. Dan olesi topping di atasnya.

CCC Header

Cheesecake ini bener-bener lembut dan lumeeerrr banget di mulut. Semua keluargaku suka, suka banget! Adik dan anakku malah langsung minta tambah dan semua doyan banget pokonya. Satu lagi resep yang sangat aku rekomendasikan! ;)) Kue ini juga enak dimakan kalau udah menginap semalaman di kulkas. Jadi kalau gak habis, bisa disimpan dulu dan rasanya gak berubah, masih tetep enak! :))

Kalau memperhatikan cara membuatnya dengan baik dan mengikuti tahapannya dengan benar, sebetulnya membuat cheesecake ini tidaklah sulit. Jadi, jangan takut untuk mencobanya. Sekalipun rada gagal aku yakin rasanya tetep enak dan tetep bisa dimakan. Hihihii ;)) So, selamat mencoba, ya! ;)

Leave a Reply