Recipe: Greentea Ogura Cake

Awalnya pengen bikin kue ini gara-gara lagi ada stok greentea bubuk di rumah. Sebetulnya aku jarang banget nyetok bubuk greentea / matcha, soalnya di sini jarang banget ada yang jual. Pas lagi beli bahan kue di toko bahan kue langganan, eh, nemu deh bubuk ini. Aku langsung beli 3 bungkus! Hihiii.. kebiasaan deh, gak bisa liat bahan-bahan kue yang “langka” bawaannya langsung pengen nyetok aja :))

Trus habis dapet bubuk matcha ini aku langsung hunting resep yang berbau-bau greentea. Rada tricky sih, soalnya di rumah ini yang suka greeantea cuma aku sama Alif doang. Mama, adik dan anakku gak suka.. Suami dan Papaku sih kadang mau, tapi lebih sering gak juga. Akhirnya aku cari resep yang kira-kira cukup menggiurkan supaya orang-orang yang gak doyan greentea di rumahku pada mau icipin. Hehe.. :D Akhirnya nemu resep Ogura Cake yang selembut kapas di cookpadnya mba Titin Rayner di sini https://cookpad.com/id/resep/641806-ogura-cake-green-tea-selembut-kapas (makasih ya mba resepnya :) :).

Dan ternyata bener, cake ini super duper lembuuutt banget! (Superior banget ya :)) ). Saking lembutnya nih.. pas aku balikin kuenya buat ditaro di rak besi, kuenya malah jatuh dan akhirnya bentuknya hancur lebur *nangis* :(( Tapiii, rasanya enak! Dan karena dia lembut banget rasanya makan 1 potong aja gak cukup, kaya belum puas aja gitu.. tanpa ‘sadar’ bisa langsung makanin beberapa potong! Ahahaha.. bahaya nih.. *simpen timbangan* :))

Cake Ogura-ku yang hancur lebur :(

Ini dia resepnya:

Bahan-bahan:

Bahan A :

  • 65 gr Tepung Kunci
  • 15 gr Maizena
  • 20 gr GreenTea Powder seduh dengan 2sdm Air hangat
  • 60 Cc Susu Cair
  • 65 cc Minyak goreng
  • 5 btr Kuning Telur
  • 1 butir Telur utuh

Bahan B :

  • 5 butir Putih Telur
  • 100 gr Gula Pasir halus
  • 1/4 sdt Cream of tar-tar atau 1 sdt peresan jeruk nipis

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven dengan suhu 160 dan masukkan sebuah wadah yang berisi air setinggi kira-kira 1 cm. Olesi tipis sekeliling loyang dengan margarin, lalu letakkan baking paper. Olesi kembali dengan margarin, sisihkan.
  2. Bahan A: Taruh bahan kering di sebuah wadah, buat cekungan ditengah,masukkan telur disusul minyak + susu aduk dengan hand whisk sampai rata.
  3. Bahan B: kocok putih telur + cream of tar-tar sampai berbusa, masukkan gula secara bertahap, mixer terus dengan kecepatan tinggi sampai soft peak (mengembang kaku, berjejak dan bila diangkat, di ujung pengocok mixer akan muncul jambul yang menghadap ke bawah).
  4. Masukkan 1/3 bagian putih telur ke adonan bahan A pakai spatula dengan teknik aduk balik hingga merata. Masukkan adonan campuran bahan A ini ke sisa campuran putih telur, aduk balik hingga rata.
  5. Masukkan adona ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan dialasi baking paper. Masukkan loyang ke tengah-tengah wadah yang berisi air, adona dibakar dengan metode au bain marie selama lebih kurang 50-60 menit (ovenku 70 menit, kenali oven masing-masing, ya..)
  6. Lalukan tes tusuk agar yakin cake telah matang. Setelah matang, keluarkan loyang dan letakkan kue dengan membalikkan loyang ke atas rak besi atau kawat. Dinginkan kue. Lalu lepaskan baking paper dengan hati-hati. Balikkan kembali, sajikan.

Greantea Ogura Header Nieke

Meskipun Oguraku udah keliatan aneh, gak kayak Ogura-nya orang-orang (ahahahaa..), tapi rasanya tetep aja enak. Ogura yang udah hancur itu asik banget aku kerubutin bareng adik dan anakku, sampe minta tambah terus. Gak bohong deh, kue ini memang lembuuutt banget dan wangi greentea nya ini enak banget. Ternyata adikku yang gak doyan greentea malah suka banget lho sama cake ini. Ah, andaikan gak pake insiden jatuh, kue ini harusnya bagus banget hasilnya. Jadi hati-hati aja ya pas mindahinnya dari loyang.. hihihii.. ;))

Selamat mencoba! ;)

2 Comment

  1. Tiara says: Reply

    Mbak kalau gak pakai bubuk green tea tetep yummi gak?

  2. sonia says: Reply

    tepung kunci tepung apa mbak??

Leave a Reply