Recipe: Bolu Jadul

Sebenernya udah lama banget pengen bikin bolu ini. Tapi karena masih hectic beberes rumah, akhirnya gak jadi terus. Sampai akhirnya aku eneg banget ngeliat cookies gara-gara beberapa hari terakhir ini aku non-stop bikin cookies buat persiapan lebaran :)) Akhirnya papaku rikues bikin kue/ cemilan tapi gak bikin cookies lagi. Langsung pengen dieksekusi deh resep ini, resep bolu jadul fenomenal yang udah sering wara wiri di instagram beberapa minggu ini. Sebetulnya mau bikin kue ini pas hari ultah suami. Tapi karena pas hari H aku masih hectic ngedekor cookies, akhirnya aku baru bikin kue ini besoknya. Untung mas suami pengertian banget, dan alhamdullillah suka sama kuenya ;))

Bikinnya gampang banget, bahan-bahannya juga estede alias yang udah ada aja di rumah. Oiya, di tengah-tengah bikin adonan kue ini aku sempet pasrah aja begitu mixer-ku “ngambek”, karena udah kepanasan kali ya gara-gara kelamaan muter. Akhirnya pas udah 5 menit ngaduk adonan, mixer-nya aku matiin aja. Soalnya takut jadi muncul api karena udah kecium bau kebakar :( Eh ternyata bolunya gak bantet dan gak gagal sama sekali. Padahal pas adonan dimasukin ke loyang udah lemes duluan ngeliatnya karena rendah banget keisinya, gak taunya pas udah mateng di oven ngeliat bolu naik dengan cantiknya jadi seneng banget deh! ;)) Ini dia resepnya:

Bolu Jadul Nieke Header

Bolu Jadul

Sumber: IG @Doyanbaking

Bahan-bahan:
4 btr kuning telur
2 btr putih telur
100 gr tepung terigu (aku pakai kunci biru, bisa pakai segitiga biru juga)
125 gr gula pasir
125 gr butter, lelehkan (aku pakai margarin)

Bahan-bahan topping:
Parutan keju cheddar dan meises

Cara membuat:
1. Oles loyang dengan mentega dan taburi tepung secara merata. Panaskan oven dengan suhu 160 derajat celcius.
2. Kocok telur (kuning dan putih) dengan mixer +/- 10 menit dengan kecepatan sedang (aku 5 menit aja).
3. Ayak tepung, masukkan ke dalam adonan telur secara bertahap. Aduk dengan spatula menggunakan teknik aduk balik.
4. Terakhir masukkan mentega cair secara bertahap. Aduk dengan teknik aduk balik.
5. Tuang ke loyang 20×20 (aku pakai loyang bongpas bulat diameter 18cm) panggang di oven selama +/- 30 menit (ovenku 50 menit, kenali oven masing-masing, ya :) ).

Tekstur bolu ini lembuuut banget, empuk, ada sensasi sponge. Padahal sama sekali gak pake pengembang, pengempuk, emulsifier dan lain-lain. Kuenya sempet turun dikit aja pas udah matang dari sebelumnya naik dengan cantiknya. Tapi tetep naik jadi 2 kali lipatnya dari tinggi adonan semula.

Untuk buttercream-nya, aku cuma nge-mixer 250 gr mentega putih bersama 3 sdm susu kental manis sampai merata dan lembut. Atau bisa juga pakai butter cream handalan masing-masing, pakai cream cheese mungkin bisa tambah sip. Selamat mencoba, ya..! :)

1 Comment

  1. Zulfa says: Reply

    Ya Allah enak banget kayaknya, jadi pengen bikin hihihi. thanks mbak resepnya :D

Leave a Reply