Recipe: Kue Lapis Kopi

Kue ini hampir selalu dihidangkan kalau berlebaran di rumah kami. Beberapa kerabat dan keluarga sering kali rikues untuk dibuatkan kue ini, bahkan sudah beberapa kali resepnya ditanyakan ke mama. Karena aku gak mau resep ini hilang begitu aja (maklum, mama selama ini cuma nulis resep ini di buku tulis biasa), akhirnya aku minta diajarkan untuk membuat kue ini.

Kendala utamanya adalah.. kalau mau membuatnya harus menggunakan oven yang ada api atas dan api bawahnya. Kalau adanya oven yang pakai api bawah aja? Wah, aku gak berani jawab deh. Belum pernah coba soalnya :D Selain itu, kunci sukses dari kue ini ada di proses pemanggangannya yang harus terus dipantau, gak bisa ditinggal-tinggal. Apalagi pengerjaannya yang harus buka tutup oven beberapa kali, jadi gak memungkinkan kalau mengerjakannya sambil multi tasking. Ini dia resepnya yang aku dapatkan langsung dari mama:

Kue Lapis Kopi

Sumber: Mama

Bahan-bahan:
300 gr gula pasir halus
400 gr butter (aku 200 gr butter, 200 gr margarin)
12 btr kuning telur
6 btr putih telur
1/2 kaleng susu kental manis
225 gr terigu protein sedang
2-3 sdm nescafe bubuk, saring agar tidak bergerindil

Cara Membuat:
1. Mixer butter dan gula halus sampai mengembang.
2. Masukkan kuning telur (bertahap) mixer kembali. Masukkan susu kental manis. Sisihkan.
3. Kocok putih telur hingga mengembang dan kaku. Masukkan adonan putih telur ke adonan butter. Aduk hingga rata dengan menggunakan spatula.
4. Masukkan terigu secara bertahap, aduk hingga rata dengan spatula.
5. Bagi adonan menjadi 2 bagian (lebihkan adonan putih 1 cup lebih banyak). 1 Bagian adonan campurkan dengan nescafe hingga merata.
6. Masukkan 1 cup adonan putih ke loyang yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung, lalu ratakan hingga bagian bawah loyang terisi rata. Panggang dengan api bawah dengan suhu 180 derajat celcius selama +/- 6-8 menit atau hingga bagian atas matang kecoklatan. Keluarkan loyang. Matikan api bawah, lalu panaskan api atas. Masukkan 1 cup adonan kopi ke atas adonan dasar tadi. Panggang +/- 6-8 menit atau hingga matang. Keluarkan kembali loyang. Tekan-tekan dengan perlahan bagian atas kue dengan sendok agar tidak ada bagian yang mennggembung. Masukkan lagi 1 cup adonan putih dan ratakan. Panggang kembali +/- 6-8 dengan api atas atau hingga matang. Ulangi kembali selang seling hingga semua adonan habis. Sebaiknya diakhiri dengan adonan putih agar kue tampak lebih cantik.

Kue ini tidak naik lagi saat dipanggang. Jadi tingginya ya sesuai dengan banyak adonan aja. Tekstur akhirnya lembut sekali, wangi kopinyaaa… wangi banget! Bahkan saat proses pemanggangan, wangi kopinya ini menggoda banget ;))

Kue Lapis Kopi Header Nieke

Selamat mencoba, ya! ;)

3 Comment

  1. nilla says: Reply

    Waaa… jd kangen kue lapis kopi mama. Nanti mau coba jg buat di sana ah trus sebagian mau dibawa pulang ke Jakarta. Ahahaha..

  2. Tiara says: Reply

    Telurnya mbak,,gak ku ..ku…

Leave a Reply