Recipe: Steamed Roll Cake

Udah hampir 2 bulan gak bikin kue. Sebelumnya sempet sibuk pindahan rumah, persiapan untuk mudik, ulang tahun Alif di sekolah, mudik dan traveling ke jawa, dan akhirnya ada juga mood untuk kembali baking. Hehe.. kalau gak mantengin IG di dunia per-baking-an mungkin gak bakalan kepancing juga mood-nya. Soalnya sejak pindahan ini aku belum berani make oven yang ada di rumah. Jadinya aku masih hunting resep makanan yang dimasak dengan cara dipanggang di teflon atau di kukus aja. Nah, akhirnya nemu resep ini di IG.

Aku milih resep ini karena sepertinya caranya mudah, bahan-bahannya juga ready semua di dapur, dan yang paling aku suka resep bolu gulung ini tanpa emulsifier seperti SP / TBM / Ovalet. Tapi jangan salah.. meskipun tanpa bahan-bahan itu, kue ini ternyata masih tetep enak dan empuuuuk sekali. Sepertinya kuncinya ada pada pemakaian kuning telur. Tapi meskipun hanya menghandalkan kuning telur, aku tetep pakai resep yang tidak membutuhkan banyak sekali kuning telur (serem juga euy kalau kuning telurnya banyak :( ). Ini dia resepnya yang sudah aku modif sedikit disesuaikan dengan selera:

Steamed Roll Cake

Source: IG @doyanbaking oleh mba @dewidmartini

Bahan-bahan:
3 btr kuning telur
2 btr telur utuh (putih + kuning)
60 gr gula pasir
50 gr tepung terigu (aku pakai protein sedang), ayak
1 sdm air
1 sdm minyak goreng
1/4 sdt vanili ekstrak bubuk (tambahan dari aku)
Pewarna makanan sesuai selera
Filling sesuai selera (aku pakai selai blueberry)

Cara membuat:
1. Campurkan semua telur dalam satu wadah, kocok dengan mixer bersama gula pasir hingga mengembang.
2. Matikan mixer. Masukkan tepung terigu dan vanila ekstrak bubuk yang sudah diayak. Aduk balik dengan menggunakan spatula. Aduk hingga rata.
3. Masukkan air dan minyak goreng. Aduk kembali hingga rata.
4. Ambil sedikit bagian adonan, masukkan ke dalam wadah. Lalu campurkan dengan pewarna makanan sesuai selera.
5. Ambil piping bag. Masukkan adonan yang telah diwarnai. Bentuk pola atau motif di dasar loyang yang sudah diolesi margarin dan dialasi dengan baking paper. (Aku pakai loyang segi empat ukuran 22 x 22 cm).
6. Kukus +/- 2 menit. Angkat.
7. Masukkan sisa adonan (sisa adonan juga bisa diberi pewarna makanan jika suka). Ratakan, lalu kukus kembali selama +/- 15 menit.
8. Setelah matang, angkat dan keluarkan bolu dari loyang agar uap panasnya keluar. Balikkan bolu dengan hati-hati. Lalu buka baking paper dengan perlahan. Balikkan kembali. Lalu olesi bagian yang tidak dibeli motif dengan filling. Gulung perlahan dengan menggunakan baking paper. Tarik ujungnya agar gulungan padat.
9. Simpan di dalam freezer +/- 1 jam agar bolu gulung padat dan set. Potong-potong, sajikan.

Untuk bolu gulung yang bermotif gini, biasanya agak tricky saat membuka baking paper-nya. Harus ekstra sabar dan hati-hati. Jangan seperti aku yang kurang sabar, jadinya bagian luarnya agak gak mulus ;)) Aku jadi berfikir juga kalau nanti mau buat lagi aku mau mencoba membuat motif di bagian permukaan adonan, tapi mungkin motifnya terbatas dan gak bisa dengan motif “batik” atau motif yang lebih detail karena warna adonan akan mudah tercampur. Tapi kalau liat di youtube hasil akhirnya bisa lebih mulus bagian luarnya. Ntar kapan-kapan coba deh ;)

Sebaiknya membuka baking paper ini dilakukan saat kue masih dalam keadaan hangat, karena sepertinya kalau udah dingin baking paper akan semakin susah untuk dibuka. Jadi proses mengeluarkan kue dari loyang dan membalikkannya harus dilakukan dengan cepat. Saat membuka baking paper-nya baru deh pelan-pelan karena harus hati-hati.

Nah, karena bolu ini lembut, jadi gak perlu khawatir kalau menggulungnya dalam keadaan sudah agak dingin. Alhamdullillah punyaku gak sampe retak dan patah-patah seperti bolu gulung yang pertama aku bikin dulu :)) Tapi tetap lakukan dengan hati-hati ya! ;)

Untuk filling-nya, kalau mau diisi dengan selai, filling dapat diolesi saat bolu masih dalam keadaan hangat. Tapi kalau mau mengisinya dengan cream, sebaiknya tunggu bolu agak dingin dulu. Karena kalau langsung dioles saat bolu masih hangat, cream-nya jadi mudah lumer, dan saat digulung bisa beleber :)

Header Steamed Roll Cake Nieke

Aku rasa itu aja tipsnya dari aku. Karena menurutku bikin bolu gulung ini agak tricky (aku sampe gagal bikin 3 kali sebelumnya! ;)) ) jadi memang sebaiknya perhatikan bener-bener cara membuat dan tipsnya ini. Selamat mencoba! ;)

1 Comment

  1. tiara says: Reply

    Sedap mantab neh,, makanan kesukaan saya bangeddd

Leave a Reply