Recipe: Cheesy Bites Pizza Teflon

Mumpung lagi ada stok keju mozarella di rumah, jadi ada ide buat bikin pizza lagi di rumah. Tapi berhubung aku masih trauma make oven (sejak kejadian oven meleduk pas lagi manggang kukis lebaran ;)) ) akhirnya aku buat pizza yang dimasak dengan teflon aja. Akhirnya hunting resep pizza teflon, dan ketemu di cookpad. Trus jadi pengen pula bikin yang pinggirannya ada cheese bite nya gitu. Hihii.. ternyata gak mudah sih bikinnya.

Kesulitan utamanya baru berasa pas mindahin pizza dari tempat untuk menggulung dan membentuk ke teflonnya itu sendiri. Harus hati-hatiii banget. Trus saranku kalau bisa isiannya diletakkan pas pizza udah dipindahin ke teflon aja, jadi gak berantakan. Untuk lebih jelasnya, ini dia resepnya yang aku modifikasi sedikit, karena di resep asli pemanggangannya dengan menggunakan oven, sementara aku pakai teflon dengan api kecil :

Cheesy Bites Pizza Teflon

Source: cookpad mba Sukma https://cookpad.com/id/resep/549302-homemade-cheesy-bites-pizza

Bahan-bahan:
Pizza crust:
300 gr terigu cakra/segitiga biru
5 1/2 gr ragi instan (setengah bungkus)
1 btr telur
1 sdm olive oil/minyak sayur
1/2 sdm garam
120 ml air (dikira-kira aja)

Topping:
Sosis
Jagung manis
Keju Mozarella
(sesuai selera)

Olesan roti:
susu UHT

Cara membuat:
1. Dalam wadah campur terigu, ragi instan, aduk rata. Masukkan telur, gula, tuang air sedikit demi sedikit, uleni, tambahkan garam dan olive oil. Uleni hingga kalis +/- 15 menit.
2. Masukkan adonan ke dalam wadah yang bagian bawahnya sudah diolesi dengan minyak. Tutup dengan kain lembab atau dengan plastic wrap. Diamkan sekitar +/- 40 menit atau hingga adonan mengembang 2x lipat.
3. Kempiskan adonan, bagi adonan menjadi 2 bagian. Bulatkan lalu giling hingga membentuk lingkaran. Pindahkan ke atas loyang anti lengket yang sudah diolesi margarin. Bentuk pizza crust sesuai selera, bisa dibuat seperti stuffed crust atau cheesy bites, atau dibiarkan bulat saja juga tidak apa-apa. Taburi atasnya dengan topping. Olesi bagian pinggirnya dengan susu UHT (jika pinggirannya dibuat seperti stuffed crust atau cheesy bites).
4. Tutup atasnya dengan tutup loyang atau dengan menggunakan aluminium foil. Lalu bakar dengan api kecil selama lebih kurang 10 menit. Jangan terlalu besar apinya, nanti bagian bawahnya bisa gosong ;)
5. Angkat, sajikan.

cheesy-bites-pizza-teflon-header-nieke

Yang paling penting untuk diingat,jika mau memasaknya dengan menggunakan teflon, teflon harus diolesi dulu dengan margarin agar pizza crust tidak lengket saat akan diangkat.

Selain itu jangan lupa pakai api yang kecil sekali  dan tutup bagian atas teflon agar bagian bawah pizza tidak mudah gosong dan panasnya merata (harus kecil banget apinya, kalo gak bawahnya bisa “eksotis” seperti punyaku ;)) ). Selamat mencoba! ;)

Leave a Reply