Running Story: Paskhas 10K Fun Run Pekanbaru

Kapan nih mau ikut race lagi? Suka nanya gitu sama diri sendiri :D Setelah sebelumnya ikutan race bareng sama suami dan anak, aku jadi ingin ikut race 10K lagi karena tahun ini belum ada medal 10K nya (receh bener ya 1 year 1 10K medal.. hahahaa :)) ). Ternyata ada race lagi di Pekanbaru, Paskhas 10K Fun Run yang diselenggarakan dalam rangka ulang tahun Korps Pasukan Khas (Paskhas) yang ke 69. Setelah diliat-liat, kayanya ini race yang bagus juga. Soalnya bisa daftar online melalui websitenya, tentunya sangat berguna banget untuk yang tinggal di luar kota Pekanbaru seperti aku ;)) . Kayanya selama ini belum pernah deh ada race di pekanbaru yang bikin website khusus untuk informasi dan pendaftaran :D Nah, ini udah jadi kesan pertama yang bagus buatku.

Seminggu menjelang hari H, racepack dibagikan. Aku nitip papa adikku yang kebetulan ke Pekanbaru. Ternyata racepacknya juga gak mengecewakan. Bajunya bagus, udah standard quick dry yang tentunya akan nyaman dipakai oleh pelari, selain itu ada tasnya lagi yang quick dry juga. Bisa nih dipakai sambil lari juga. Yang agak kurang sreg karena warnanya oren (iya aku kurang suka oren :D ) dan bajunya ini wajib dipakai saat race. Kayanya ketentuan seperti ini belum pernah aku dengar dari penyelenggaraan race lain. Ternyata selidik punya selidik, ketentuan ini dibuat karena panitia ingin meng-oren kan Pekanbaru sebagai pertanda bahwa Paskhas sedang merayakan ulang tahunnya. Ya, agak wajar sih kalau alasannya itu. Toh kita kan memang pengen ikut memeriahkan acara ulang tahunnya Paskhas ;))

H-1 aku tiba di Pekanbaru. Sengaja pilih hotel yang gak begitu jauh dari venue acara. Ternyata ide ini berguna banget, karena pagi-pagi sekali saat akan berangkat ke venue mobil kami terjebak di parkiran. Akan sulit jika  harus membangunkan orang-orang untuk mengeluarkan mobil mereka. Ditambah lagi aku dan suami juga salah karena sebelumnya tidak berpesan pada petugas parkir kalau pagi-pagi sekali kami akan berangkat. Akhirnya kami memutuskan untuk berjalan kaki saja ke venue yang jaraknya kurang lebih 1 kilometer. Yaa.. anggap aja ini bagian dari warming up.. hehe ;))

Begitu sampai, aku langsung bergabung dengan teman-teman LibuRUN (Indorunners Pekanbaru) untuk warming up bersama. Ternyata acaranya cukup on time juga mulainya. Hanya sempat ngaret 15 menit lalu semua pelari sudah mulai berlari. Gak heran jika beberapa peserta ada yang telat, mungkin karena sudah terbiasa acara lari seperti ini mulainya ngaret, ya.. hehe.. :D Tiap 3K ada gelang yang harus dikumpulkan untuk diperlihatkan saat akan finish dan mengambil medal. Bagus nih sistemnya, jadi gak ada yang curang motong jalur. Selain itu water stationnya juga mumpuni, jadi gak ada yang dehidrasi. Medisnya juga cukup balik karena beberapa kali aku liat mobil medis beberapa kali lewat untuk mengawasi para pelari.

paskhas-10k-fun-run-with-liburun

Sampai di garis finish, kami disambut beberapa teman komunitas, lalu berlari ke arah petugas yang memberikan medal. Waaahh ternyata medalnya unik juga. Aku kurang paham dengan jenis-jenis bahan daras medal, tapi medalnya Paskhas ini bukan terbuat dari logam seperti kebanyakana medal lainnya. Unik deh pokonya.. aku suka aku suka! :)) Setelah finish pun kami masih diberikan refreshment seperti pisang, minuman, sampai ke acara musik. Overall, untuk acara race di Pekanbaru, race ini termasuk yang penyelenggarannya paling rapih dan baik menurutku. Mudah-mudahan ini jadi event tahunan dan berikutnya penyelenggarannya akan lebih baik lagi :)

Photo-photo: dokumentasi pribadi, LibuRUN.

Leave a Reply