Recipe: Milk Balls Candy / Permen Bola-bola Susu

Lagi-lagi masih kepengen nyobain yang gampang-gampang aja.. :)) Kebetulan nemu resep milk balls yang ternyata ngehits banget di instagram. Resep aslinya pake resepnya mba yackikuka. Konon katanya milk balls candy ini rasanya mirip sama permen susu yang jaman SD dulu juga sempet ngehits itu. Duh, jadi terbayang-bayang permen hits jaman SD ;)) Akhirnya langsung eksekusi aja deh. Soalnya ternyata bahan-bahannya ada semua di rumah dan bikinnya cukup gampang.

Ini dia resepnya:

Milk Balls Candy / Permen Bola-bola Susu

Source: Yackikuka https://www.instagram.com/yackikuka

Bahan-bahan:

250 gr tepung sagu
4 lembar daun pandan, sobek kecil-kecil
1 sachet vanila bubuk (aku pakai 1/4 sdt)
90 gr susu bubuk full cream
200 ml susu kental manis
30 ml air panas (aku tambahkan sedikit lagi karena adonanmasih agak keras)
Pewarna makanan sesuai selera
Gula donat / gula tepung secukupnya

Cara membat:
1. Sangrai tepung sagu bersama daun pandan dan vanila bubuk selama lebih kurang 10 menit dengan api kecil. Matikan api, buang pandannya dan ayak tepung.
2. Tambahkan susu bubuk, aduk rata.
3. Tuang susu kental manis, aduk rata lagi lalu tuang air panas. Aduk hingga menjadi adonan dan bisa dipulung. Tambahkan air sedikit saja jika adonan masih terlalu keras.
4. Tambahkan pewarna makanan jika suka, lalu pulung adonan adonan menjadi bulatan-bulatan kecil. Masukkan adonan yang sudah dibentuk ke dalam gula donat. Sajikan.

milk-balls-candy-header-nieke

Awalnya aku merasa agak aneh sama teksturnya. Kayanya kurang doyan deh sama permen ini. Kalau anakku sih suka. Tapi karena sepi peminat akhirnya permen ini aku simpen aja di kulkas dulu. Eeehh gak taunya setelah disimpen di kulkas rasanya malah tambah enak buat jadi dessert dan jadi ketagihan aku makanin kalau habis makan nasi :))

So, selamat mencoba ya.. semoga cocok sama rasanya ;)

1 Comment

  1. Tiara says: Reply

    Mbak suka manis-manis ya, banyakan rspenya manis-manis..hehehe

Leave a Reply