Tempat Wisata di Sekitar Favehotel Jakarta

Bagi teman-teman yang suka bepergian dan menginap di suatu kota dalam waktu singkat, pasti tau deh sama yang namanya hotel bujet. Yaitu hotel murah yang menyediakan fasilitas standar sesuai kebutuhan tamu. Jadi tamu gak perlu membayar biaya tambahan untuk hal yang tidak terlalu mereka butuhkan. Hotel semacam ini biasanya sering digunakan para pengusaha, karyawan, atau mahasiswa yang sedang melakukan kunjungan bisnis ke luar kota. Tapi bukan berarti hotel ini gak bisa dimanfaatkan oleh para traveller yang sedang mencari tempat penginapan murah.

Kalau mau berlibur ke Jakarta, ada salah satu hotel bujet yang bisa kita jadikan penginapan murah di Jakarta dan bisa dipesan melalui Traveloka. Nama hotel tersebut adalah Favehotel Jakarta. Hotel yang berlokasi di kawasan Setiabudi Jakarta Selatan ini menawarkan fasilitas khas hotel bujet dan berkualitas. Harga kamar di Favehotel dipatok sekitar 500 ribuan per malamnya. Karena lokasinya berada di daerah strategis, hotel ini dekat dengan berbagai tempat wisata menarik yang bisa kita jadikan tujuan wisata dalam travel list.
Nah, di bawah ini adalah beberapa tempat wisata di sekitar Favehotel Jakarta yang mungkin bisa didatangi ketika berlibur ke Jakarta.

1. Museum Satria Mandala

1Wikipedia

Museum Satria Mandala atau dikenal juga dengan Museum Sejarah Perjuangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) merupakan salah satu tempat wisata bersejarah di Jakarta. Museum ini terletak di Jalan Gatot Subroto dan dekat dengan Favehotel.

Selain untuk beristirahat dari rutinitas sehari-hari yang melelahkan, kita bisa juga mempelajari sejarah bangsa Indonesia dengan mengunjungi museum ini.

Di Museum Satria Mandala kita akan melihat barang-barang bersejarah milik TNI dipamerkan di sini. Mulai dari senjata berat ataupun ringan, atribut-atribut ketentaraan, panji dan lambang-lambang di lingkungan TNI, sampai koleksi-koleksi perang dari masa lampau hingga modern bisa dilihat di sini.

Selain itu, kita juga bisa melihat langsung tandu yang digunakan Jenderal Soedirman ketika bergerilya melawan penjajah. Tandu tersebut merupakan salah satu benda-benda peninggalan bersejarah yang dipajang di sini.

Tidak hanya tandu, tapi juga beberapa kendaraan berat bersejarah juga ikut dipamerkan di Museum Satria Mandala. Misalnya: tank, kapal laut, helikopter, bahkan pesawat terbang bernama Cureng (pesawat yang pernah dikendarai Marsekal Udara Agustinus Adisucipto).

Saat mengunjungi Museum Satria Mandala, sempatkan juga untuk masuk ke Museum Waspada Purbawisesa. Di tempat tersebut kita bisa melihat diorama perjuangan TNI dan rakyat ketika memberantas gerakan-gerakan pemberontak yang marak pada tahun 1960an.

Harga tiket masuk ke Museum Satria Mandala sangat terjangkau loh. Hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp2.500,00 kita dapat menjelajahi setiap bagian museum sekaligus belajar banyak hal tentang sejarah negeri tercinta.

2. Lotte Shopping Avenue

2Teknodrom

Lotte Shopping Avenue adalah tempat wisata berupa department store modern dan canggih. Lotte Shopping Avenue atau biasa disingkat LOVE dibangun pada tahun 2013 oleh pengusaha kawakan Ciputra bekerja sama dengan perusahaan Lotte yang berasal dari Korea.

Bangunan 7 lantai seluas 77.000m2 ini memiliki Pusat Pendidikan Seni dan Budaya ( Art and Culture Education Centre) atau biasa disebut Artcure Centre. Artcure Centre adalah tempat bagi berbagai institusi yang ingin membuka kelas untuk pelatihan dan pendidikan.

Setiap hari berbagai macam kelas diselenggarakan di tempat ini, mulai dari kelas musik, kelas memasak, kelas bahasa, seni, dan beberapa kelas lainnya. Kurang lebih ada 30 institusi yang memanfaatkan Artcure dan membuka kelas di LOVE.

Selain Artcure Centre, LOVE juga memiliki The Ice Palace. The Ice Palace adalah sebuah aula yang mengusung konsep istana es lengkap dengan salju buatan dan patung es. Tempat ini biasanya disewakan untuk berbagai acara seperti, mini concert, pertunjukan musik, seminar, sampai acara-acara pribadi.

Daya tarik utama LOVE adalah gerai Lotte Duty Free. Di sini kita bisa membeli barang-barang mewah, kosmetik, parfum, cendera mata, dan berbagai produk luar negeri lainnya tanpa pajak.

Keren kan? Sama seperti pusat perbelanjaan lainnya, di LOVE juga terdapat beberapa toko pakaian, restoran, kafe, dan tempat bermain menarik. Jadi gak heran jika LOVE banyak dikunjungi para pengunjung yang berlibur di Jakarta.

3. Teater JKT 48

Kabar baik untuk para wota dari luar Jakarta yang ingin melihat girl group pujaan mereka, JKT 48, dari dekat. Karena ternyata teater JKT 48 letaknya gak jauh dari Favehotel Jakarta.

Teater JKT 48 adalah panggung pertunjukan sekaligus markas girl group JKT 48. Di teater eksklusif ini para penggemar JKT 48 dapat menyaksikan pagelaran musik dan konser mini yang dibintangi para member JKT 48.

Bangunan teater JKT 48 dibuat mampu menampung 400 orang penonton, 260 kursi untuk penonton yang duduk, dan 160 penonton yang berdiri. Para member JKT 48 mengadakan pertunjukan setiap Senin-Jumat sekitar jam 7 malam, untuk hari Sabtu pertunjukkan dibagi menjadi dua yaitu jam 2 siang dan jam 7 malam, sedangkan pada hari Minggu atau libur pertujukan diadakan pada jam 12 siang dan jam 4 sore.

Girl group JKT 48 sendiri merupakan sebuah grup musik dan tari yang mengadaptasi konsep grup terkenal asal Jepang AKB 48. Sama dengan AKB 48, JKT 48 juga terdiri dari 48 orang yang terbagi menjadi tiga grup kecil yaitu grup J, K, dan T. Anggota setiap grup ditentukan berdasarkan voting para penonton teater.

Meskipun bukan penggemar girl group ini, kita tetap dapat mengunjungi Teater JKT 48 untuk sekadar menikmati pertunjukan musik dan tari anak-anak muda berbakat Indonesia dan Jepang.

Jadi, teman-teman tertarik untuk menginap di Favehotel dan mengunjungi tempat-tempat wisata di sekitar hotel ini? Jadikan momen liburanmu berkesan dengan mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi. Selamat berlibur!

1 Comment

  1. Tiara says: Reply

    Sipp,, makasih informasinya, sangat bermanfaat buat pendatang dari luar jakarta.

Leave a Reply