Recipe: Choco Cheese Lava Cake

Akhirnyaaa setelah galau berkepanjangan melihat cake ini berseliweran di mana-mana.. aku memutuskan untuk mencobanya. Tadinya masih mikir apa pesen aja di bakul orang karena aku masih gak mau make oven dan selain itu yang bikin cake ini ternyata udah banyak banget. Tapi setelah bertanya ke temenku, mba Marissa, ternyata cake ini juga bisa dibuat versi kukusnya. Nah jadi semakin tertarik deh mencobanya. Tapi nyali sempet ciut lagi begitu baca resepnya yang puanjang dan melihat bahan-bahannya yang sebagian adalah bahan premium alias mehel bok ;p . Wah bahaya nih kalo sampe gagal :)) Tapi setelah resepnya dibaca bolak balik, ternyata prosesnya gak seribet yang aku bayangkan. Asal baca resep baik-baik aku pikir cake ini cukup mudah dibuat :) .

Mba Marissa sempat membuatnya di loyang besar. Tapi kemudian aku disarankan untuk memakai loyang cup kecil saja. Karena akan lebih mudah memotongnya dan supaya gak berasa eneg duluan ngeliatnya. Hahahaa.. :)) Begitu cake ini jadi, aku langsung sajiin ke keluargaku di rumah. Ternyata semuanya sukaaa banget! Malah bikin nagih katanya dan sedih pas ngeliat udah tersisa bebera cup aja dalam sekejap ;)) . Jadi gak salah kalo cake ini juga sering disebut “Cake Berhantu”. Soalnya bikin nagih dan bikin gak sadar sama timbangan ;)) Hihiii. Kapan-kapan wajib nih bikin lagi :D Oke deh. Langsung aja yuk simak resepnya ;)

Chocolate Cheese Lava Cake

Source: Mba Marissa

Bahan moist chocolate cake:
– 1 cup susu cair (aku pakai 250 ml susu UHT plain)
– 1 cup minyak sayur (ku pakai 1 cup lelehan margarin)
– 1 cup susu kental manis (aku pakai 1 kaleng SKM)
– 1 cup coklat bubuk
– 2 butir telur ukuran sedang
– 1 cup gula pasir halus
– 1 tepung terigu serba guna
– 1/2 sdt baking soda
– 1/2 sdt baking powder
– 1/4 sdt garam

Cara membuat chocolate cake:
1. panaskan kukusan, siapkan loyang. Sisihkan.
2. Campur dan ayak terigu, baking soda, baking powder, garam ke dalam satu wadah. Sisihkan.
3.Kocok telur menggunakan whisker / garpu. Sisihkan.
4. Campur susu cair, minyak / lelehan margarin, susu kental manis, coklat bubuk, dan gula halus dalam panci. Masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk hingga gula larut.
5. Masukkan telur yang sudah dikocok, aduk. Masukkan campuran terigu secara bertahap, aduk hingga merata. Matikan api.
6. Tuang adonan kedalam loyang (aku menggunakan aluminium foil loyang kecil, isi adonan setinggi 1/3 loyang), kemudian kukus selama lebih kurang 25 menit jika menggunakan loyang kecil, 45 menit jika menggunakan loyang besar.

Bahan cream cheese frosting:
– 250 gr cream cheese suhu ruang
– 500 ml whipping cream cair
– 3 sdm susu kental manis
– 1 sdt air perasan lemon

Cara membuat:
1. campurkan cream cheese dan susu kental manis ke dalam sebuah wadah, aduk dengan menggunakan mixer hingga tercampur rata.
2. masukkan whipping cream dan air lemon, kocok hingga lembut dan kental. Ingat jangan sampai overmix.
3. Masukkan adonan ke plastik segitiga. Bagi 2 adonan. Satu adonan untuk filling, sisakan sedikit untuk topping. Cream cheese frosting siap digunakan.

Bahan ganache:
– 250 gr DCC / coklat masak pekat batangan, cincang
– 250 ml whipping ceam cair
– 1 sdt madu
– 1 sdm butter
– 1 sdt esens vanila

Cara membuat ganache:
1. Dalam bowl tahan panas letakkan DCC, dan butter, sisihkan.
2. Dalam panci letakkan whipping cream dan madu, panaskan dengan api kecil hingga bagian ujungnya berbuih. Angkat dan tuangkan ke dalam bowl berisi DCC dan butter. Aduk hingga coklat dan butter meleleh dan seluruh adonan tercampur merata.
3. Masukkan esens vanila. Aduk kembali.
4. Ganache siap digunakan.

.
Penyelesaian:
1. Semprotkan adonan cream cheese ke atas cake coklat dengan menggunakan plastik segitiga. Ratakan dengan cara menghentakkannya dengan ringan ke atas meja. Masukkan sebentar ke dalam kulkas hingga adonan set.
3. Siram ganache di atasnya. Ratakan.
4. Semprotkan lagi cream cheese untuk topping sehingga berpola seperti batik atau sesuai selera.
5. Simpan kue dilkulkas selama 1 jam lalu sajikan.

 

Meskipun cara pembuatannya panjang dan prosesnya lama, tapi sebenernya tidak sulit membuat cake ini. Bisa dibilang anti gagal deh pokonya :D Untuk ukuran cup aluminium foil kecil persegi yang aku pakai hasilnya bisa lebih dari 20 cup loh. Jadi meskipun capek (dan sebagian bahannya premiun, hiks..), tapi aku seneng dapetnya bisa banyak. Kalau gak langsung mau dihabisin, bisa disimpen dulu di kulkas di dalam wadah tertutup. Aku sempat menyimpannya selama 4 hari dan rasanya masih tetep enak. Atau bisa juga berbagi ke tetangga :D Selamat mencoba, ya! ;)

1 Comment

  1. Tiara says: Reply

    Menurut saya memang cuku panjang cara buatnya, tentu sesuai dengan hasilnya yang sangat pasti memuaskan. Salam

Leave a Reply